Yang Unik Yang Menarik di / tentang Jepang

Maaf jika foto jadul terus yang diinfokan hihi. Maklum saya lagi dipinggit sehabis melahirkan jadinya pengennya ubek ubek file lama. Dan menelaah ternyata banyak banget foto foto yang belum terpublish padahal menarik juga untuk diketahui. Nah salah satunya adalah tentang fakta yang unik di Jepang.

Hmm sebetulnya banyak banget yang unik di Jepang ya. Tapi diartikel ini saya hanya akan menceritakan yang kebetulan saya rasakan sendiri aja dan itu pun seinget saya aja hasil buka file foto lama. Jadi kira kira inilah yang saya lihat dan rasakan selama 6 bulan di Jepang, semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Yang Unik di Jepang

Hal unik di Jepang

Toko di dalam lift — hmmm kebayang donk pusingnya yang jaga toko hehe

1. Toko di dalam lift : menurut saya ini unik sekali. Sambil membayangkan apakah penjaganya ngga pusing ya sepanjang hari di dalam lift yang ribuan kali naik turun hihi. Toko ini saya jumpai di Ginza Tokyo

Membuat es serut dengan sepeda

Membuat es serut dengan sepeda

2. Selalu inovatif : pameran sepeda intinya. Tapi di dalamnya ada bagi bagi es kakigori gratis. Cara mendapatkannya??? Nyerut es nya sendiri dengan cara gowes sepeda. Semakin kencang gowesannya semakin cepat es nya jadi. Lucu ya hehehe.

Jepang yang aman

Kebayang donk, apa yang terjadi jika naruh barang sembarangan diatas sepeda gini hihi. Tapi di Jepang, dijamin aman, barang ga bakalan hilang

Di Nagano kebun buah dan sayuran ada dimana mana. Tanpa penjaga tanpa pagar tanpa cctv. Pokoknya dipinggir jalan gitu aja

Di Nagano kebun buah dan sayuran ada dimana mana. Tanpa penjaga tanpa pagar tanpa cctv. Pokoknya dipinggir jalan gitu aja

3. Maling Mana Maling??? Hoho ini unik buat saya. Karena kebun kebun disini tanpa pagar tanpa cctv tanpa penjaga. Tapi ga ada yang maliiing. Ngga ada yang iseng ngerusak. Sering juga ngeliat ada barang ditaruh sembarangan di keranjang sepeda, ngga ada tuh yang iseng ngambil hihi. Bahkan suami pernah parkir sepeda di stasiun selama sebulan (pulang indo). Pas balik sepedanya masih utuh ngga ada cerita ban kempes, ilang dll

Hal unik di Jepang

Opa itu lagi ngapain ya??? Jawabannya adalah lagi ambil pup guguk di Jalanan. Pantas kalau Jepang bersih, pup hewan di jalan aja wajib dibersihkan

4. Anjing yang bahagia : orang Jepang kalau sudah punya peliharaan, akan merawatnya seperti anak sendiri !!! Wuhuuu anjing2 pada punya kereta dorong pribadi, mereka diajak jalan jalan dan makan enak. Bentuknya terawat dan upssss pemilik anjing harus bawa alat pembersih kotoran dimana mana loh. Bahkan ketika si guguk pup di jalanan (aspal) mereka harus membersihkan kotoran si heli ini untuk dibuang ke tempat sampah yang benar. Hihihi repot tapi banyak penikmat guguk.

Anak sekolah di jepang

Perhatikan Tas nya. Dari TK sampai SMP anak sekolah tas nya bentuk gitu semua

Tas sekolah di jepang

Bentuknya kotak semua tas sekolahnya

5. Tas sekolah sejuta umat : jika di Indonesia tas sekolah anak anak bentuknya macem macem. Nah jika di Jepang, modelnya kotaaaak semua. Tasnya bagus dan katanya model itu sudah dari zaman baheula loh. Tetap bertahan sampai saat ini.

Toilet di jepang

Toilet canggih

6. Toilet otomatis : mungkin sekarang sudah ngga heran ya. Tapi saya kesananya kan 5 tahun lalu. Jadi rasanya tuh waktu pertama, gaptek banget hahahaa.
7. Toilet kebalik : buat toilet manual yang jongkok, modelnya kayak toilet kebalik gitu hehehe maaf kok waktu tu ngga kepikir buat foto. Jadi ngga ada barang bukti deh hehe. Tapi kalau nemu toilet ini, jangan muter arah ya hohoho

Hanabi

Pesta hanabi / kembang api di Jepang

8. Ndeso : pesta kembang api dalam setahun ada beberapa kali di tiap kota. Tapi tiap ada kembang api meledak, orang Jepang seperti sangat takjub dengan teriak “Sugoooiiii”. Ekspresinya Kayak orang baru pertama kali lihat. Kalau di Indo pasti akan disebut ndeso, norak dan lain lain. Tapi di Jepang, inilah wujud kebanggaan mereka akan negaranya. Dari mulut mereka selalu keluar kata pujian.

9. Burung Gagak : jika di Indonesia dengar suara burung gagak dianggap sial, maka di Jepang suara burung gagak terasa merdu hihi. Sama seperti di Malaysia, kicau burung gagak sore hari kadang suka bikin kangen aja.

Oleh oleh khas jepang

Cantik di kemas seperti kado

10. Kemasan Jajan buat oleh oleh : kemasan jajanan disini sangat diperhatikan. Ibaratnya, kemasan adalah segalanya huhuuuu…Β tapi di tahun 2015 saya lihat di Indonesia pun makanan dan barang sekarang sudah mulai dikemas cantik cantik, yeaahh. Hidup desain!!!

Contoh display menu dari lilin

Contoh display menu dari lilin

Menu pesananku. Mirip banget sama contoh lilinnya kaaan

Menu pesananku. Mirip banget sama contoh lilinnya kaaan

Tempura

Menu pesananku lainnya. Mirip banget sama contoh lilinnya kaaan

11. Display menu dan makanan yang keluar bentuknya sama : di Indonesia sering banget gambar makanan di buku menu dan kenyataan yang datang beda banget!!! Tapi di Jepang, apa yang tampil dibuku menu atau replika, sama persiiiss dengan makanan yang datang di hadapan kita. No tipu tipu. Persis sama.

Yukatta

Saat musim panas banyak orang jalan jalan dengan pakaian tradisional

12. Pakai Yukatta kemana mana sebagai simbol kebanggaan : di Indonesia kayaknya saya belum pernah jalan jalan terus lihat anak anak, ibu ibu atau bapak bapak jalan ke mall atau di jalanan biasa, pakai pakaian adat dengan sengaja (bukan untuk kondangan ataua acara) hihi. Norak bangeeett ye. Tapi di Jepang, saat musim panas, banyak loh orang yang sengaja pakai yukatta. Mereka bangga. Karena yukatta akan membuat mereka tampak anggun / gagah.

Vending machine

Vending machine dimana mana

13. Vending Machine : Jepang bisa disebut negara semilliar Vending Machine. Dimana mana ada vending machine, mulai dari mesin penjual minuman, koran, bunga, mainan, makanan bahkan ramalan !!! Herannya semua berfungsi dengan baik. Nyaris ga pernah nemu vending machine rusak hohoho.

Belanja di narita airport

Beli oleh oleh? Di Bandara aja. Banyak produk justru lebih murah

14. Belanja di Bandara beberapa barang lebih murah daripada belanja di dalam kotanya huhuhu salah satunya adalah uniqlo yang kalau dibandara selalu ada diskon. Jajanan dan souvenir juga murah / sama dengan di luar bandara Narita

15. Polusi Udara : di Jepang meski terkenal banyak orang jalan kaki atau naik sepeda, tapi pengendara mobil juga banyak loh. Tapi herannya, jalan di trotoar itu ngga berasa polusinya. Bahkan saya pernah mencoba, saat di Tokyo seharian saya jalan jalan (bukan di dalam mall, diruang terbuka) dan saat malam pulang, wajah saya masih segar segar aja (ngga lengket) dan saat saya bersihkan dengan kapas dan baby oil, ngga kotooorrrr. Padahal itu saat musim panas loh. Apalagi jika jalan jalan saat musim dingin, waahhh malah ga ada polusi. Yeah,… Apa kata dunia kalau kita jalan di trotoar Jakarta selama sejam?

Sampah di jepang

Tampilan sampah sebelum dibuang ( harus bersih)

16. Buang Sampah : buang sampah di Jepang cukup unik. Tak hanya kresek nya khusus (harus beli) tapi juga sebelum dibuang sampah harus dibersihkan / dicuci. Dan untuk botol plastik, merek dan tutup botol harus dipisah.

17. Mall : saya tinggal di Nagano dan hmm mall nya kecil kecil sekali hihi. Kalau bisa dibilang paling mall mall-nya cuma segede kalibata mall hohoho. Mall terbesar yang pernah saya datangi adalah AEON Mall di Ueda. Itu pun menurut saya ngga terlalu besar.

Apalagi ya hohohooo kayaknya masih banyak tapi lupa inget ingetnya hihihi.

    1. solosoloku January 17, 2016
      • Administrator January 18, 2016
    2. dian farida January 17, 2016
      • Administrator January 18, 2016
    3. Hastira January 17, 2016
    4. April January 17, 2016
      • Administrator January 18, 2016
    5. Ika Puspitasari January 17, 2016
      • Administrator January 18, 2016
    6. octalana January 18, 2016
      • Administrator January 18, 2016

    Add Your Comment