Wisata Seru di Pasar Ah Poong Sentul

ah poong sentul

Minggu yang cerah, kami memutuskan untuk menghibur Zara yang sedang sakit dengan jalan jalan — yeeyyyy. Sahabat kami, Mas Wawan dan Mbak Purnama, mengajak kami berpesta kuliner. So, usai menikmati lezatnya Ikan Bakar Bambu Khas Kalimantan, kami langsung cap cus ke Pasar Ah Poong ( Pasar Apung) yang terletak di Sentul Bogor. Hm … Bogor? Biar sudah masuk Bogor, namun dari tempat tinggal saya paling cuma butuh waktu sekitar 30 menit. Ngga terlalu jauh. Jadi, yukkkk — cekidot

Sebelum bercerita tentang Pasar Ah Poong-nya saya ingin memulai dari perjalanan menuju ke Pasar Ah Poong dulu. Luar biasa kawan kawan!!! Ngga salah kalau disebut Sentul City ini tempatnya orang elit. Kenapa? Karena sepanjang perjalanan saya ngga ketemu sama yang namanya bus kota apalagi angkot. Keluar dari sentul juga langsung disambut dengan tol berbagai jurusan. So, minimal pemilik rumah di sentul sini udah pasti punya mobil dan tentunya duit lebih buat beli bensin dan bayar tol hehehee.

Kemudian, woowww ditengah perjalanan, kami melihat tak hanya rumah rumah yang besar. Bahkan kami melihat kastil hitam megah yang luar biasa besar banget!!! Wah selama ini saya pikir yang punya rumah hitam cuma Musisi Ahmad Dhani yang terletak di Pondok Indah itu. Ternyata ada yang lebih parah hohohoo.. tak hanya hitam tapi bentuknya benar benar kastil!!! Rumah Kastil di Sentul City — hmmm sayang saya ngga bisa motret, karena lagi lewat lagi hujan. Nanti kapan kalau lewat lagi saya fotoin yah. Benar benar shock saya hahahaa — keren bin serem. Ngga bayangin tinggal dirumah model kastil seperti itu. (gedenya kayak hotel, gede banget. apa itu hotel saya juga ngga tau hehee ngga turun sih).

Abis ngeliat rumah kastil, kami beristirahat di Masjid sambil makan rujak buah yang dijual abang abang sepeda. Lalu cap cus ke Pasar Ah Poong. Pasar Apung di Sentul City ini bukan benar benar pasar apung yang kita mesti naik perahu untuk bisa berbelanja. Karena Pasar dengan nama asli Ah Poong ini tak lain adalah FoodCourt dengan konsep wisata. Dimana disana disediakan perahu gratis bagi yang ingin berkeliling menyusuri sungai cikeas yang ada disekitar area Ah Poong. Tapiii … biar pun gratis, yaaa bagi bagi rejekilah ya sama bapak pendayung. Heheheee …

patung di ah poong

jembatan dipasar  ah poong

pemandangan dari jembatan pasar apung

Oya, biar sebelum kesini, ngga norak seperti saya. Ada sedikit bocoran. Jadi meski Pasar Ah Poong Sentul City ini sering dijadikan tempat wisata atau bahkan beberapa orang memang menyebut ini sebagai lokasi wisata. Tapi untuk masuk, gratis loh. Jadi, kalau ngga pengen makan, alias cuma ingin duduk duduk menikmati kesejukan kota Bogor aja, ngga ada yang melarang. Atau ingin mengajak anak anda main di Eco Park yang terletak di belakang FoodCourt juga bisa. Paling cuma bayar parkiran aja sama si bapak bapak ber-rompi orange.

Lalu lalu — kalau kesini saat weekend atau kalender merah, siap siap aja datang lebih pagi atau sore sekalian. Karena kalau datang saat jam makan siang dijamin susah parkir. Bahkan dapat tempat duduk untuk makan juga susah. Rame banget. Solusinya sih, bisa juga kok makan sambil lesehan di rerumputan yang luas hehehe … bawa tiker hohoooo — asyik juga tuh, gelar tiker dibawah pohon deket sungai dengan pemandangan perahu hilir mudik dan suara gemericik sungai cikeas. Weeww asal jangan hujan aja.

Buat yang suka narsis, lokasi ini juga cocok untuk foto foto. Selain banyak spot yang cantik buat foto foto, juga banyak patung patung aneh yang rame dibuat foto foto sama para pengunjung. Hehehee … Lalu banyak jembatan juga. Mulai dari jembatan ampera sampai suramadu ada disini. Versi mungil tapinya hehehee. Jembatan ini yang menghubungkan kita dengan lokasi Food Court nya yang memang terletak di antara belahan sungai. Jadi kalau mau kesana memang harus lewat jembatan. Seru kan.

Yang keren, Food Court ini di kelola oleh Eat & Eat. Perusahaan FoodCourt yang memang sudah terkenal mantab di Jakarta. So, dijamin gerai gerai yang ada, makanannya rekomendasi alias ngga asal asalan. Karena memang gerai yang ada sudah jaminan mutu enaknya, kita juga mesti merogoh kocek agak dalam. Istilahnya ada kualitas ada harga.

Cuma, saya sendiri sebagai pelanggan, sering agak ribet kalau masuk Eat&Eat. Whyyy??? Pilihannya terlalu banyak dan semuanya enak enak!!! OMG hahaha ini pujian atau kritikan hahahaa … dan ternyata konsep itu juga berlaku disini. Ngga cuma booth makanannya yang beraneka ragam, lokasinya pun dipecah jadi 3 bagian, bahkan masih ada 1 lagi yang sedang digarap dan akan dibuka sebentar lagi. Hadeuh … istilahnya mau milih makanan aja, harus muter muter setengah jam. Setelah muter muter ngeliat ada booth apa aja, terus jadi galau. Mau makan apa hahaha semuanya enak. Ujung ujungnya karena bingung, mesen yang deket dapetnya tempat duduk aja hahahaa …

pejual teh tarik di bogor

teh tarik dan milo dinosaurus

snow ice

snow ice singapore

Pesanlah teh tarik IDR 22.ooo, milo saurus 28.ooo IDR dan roti bakar kaya (lupa harganya) di booth bertuliskan Teh Tarik Melaka. Lalu pesen bakso dibelakang si Melaka, kalau ga salah bakso afeng. Pesen juga Snow Ice yang terletak di gedung lain (sekalian beli isi ulang kartu karena kurang isinya hohoohoo). Oya, seperti eat & eat di tempat lain, disini juga menggunakan sistem kartu. Jadi belanja makannya ngga pakai uang cash, melainkan tinggal gesek gesek aja. Nah untuk bisa digesek pastinya kita harus punya kartu. Bebas mau diisi berapa, nanti kalau mau pulang, bisa diambil lagi kalau masih ada kelebihan uang di kartu.

Tapi kalau kita ambil uangnya dan balikin kartunya, kita wajib merelakan uang 5.ooo IDR. Kalau misal kita sayang melepas 5.ooo IDR, gpp juga. Kartunya bisa dibawa pulang untuk digunakan besok besok kalau kesini lagi. Tapi uang dalam kartu tersebut akan hangus jika dalam 30 hari tidak kita gunakan. So, pilihan terserah anda. Mau dibalikin atau dibawa pulang.

Oke balik ke makanan. Seperti ceritera saya sebelumnya. Pilihan gerai di eat and eat itu nyaris semua enak, karena memang pilihan (katanya sih gerai gerai nya merupakan rekomendasi Pak Bondan Winarno). Untuk Teh Tarik, mantaaabbb … pahit sepet manisnya dapet. Saya sih sukaaaa. Milo Saurusnya, ya seperti Milo Milo pada umumnya, enak buat teman santai. Roti bakar kayanya juga cocok untuk nongkrong sambil obrol santai. Sedangkan snow ice singaporenya, waahh kalau pas cuaca panas, bakalan mantab banget. Saya pribadi lebih suka yang rasa coklat. Namun buat penggemar buah buahan, rasa mangga dan strawberry yang saya coba hari ini, juga ngga kalah memuaskan. Cuma saat itu sepertinya kebanyakan selai hehehee… jadinya manis banget. Tapi biar begitu, habis juga kok 1 mangkuk gede itu hahahaaa. Untuk baksonya, juga memiliki rasa yang tidak mengecewakan. Dan tentunya lain kali saya masih akan kemari lagi untuk mencicip gerai yang buayak itu hahaha … ngga sabar nyobain satu satu.

zara dan bakso a feng

serunya rame rame di pasar apung

OKe … pulang dari sentul city, kami masuk ke lokasi refleksi hahahaa lumayan refleksi kaki dan tangan + punggung selama sejam. Badan seger buger dan — wowww abis jalan jalan, zara langsung sembuh loh. Hehhee … jalan jalan sehari di bogor yang menyenangkan. So, buat anda warga Jakarta yang bingung weekend mau kemana, udah wisata kuliner aja di sentul Bogor atau di Bogornya atau jalan jalan di Jakarta nya sendiri. Wisata kuliner itu asyik dan seru!!!

Oke, semoga review wisata kuliner saya ini bermanfaat yah. Semoga bisa menjadi referensi untuk tempat rekreasi seru yang dekat dengan jakarta.

——————————————————————————————————————————
Pasar Ah Poong Sentul City
Senin – Jumat : 10.00 – 22.00
Weekend / Libur : 07.00 – 22.00
Kalau pas weekend / liburan, ngga dapat parkir, parkir di Mall Belanova aja biar ngga susah
——————————————————————————————————————————

Pasar Ah Poong Sentul City itu dimana?

Dari arah Jakarta, keluar melalui Exit Tol Sentul Selatan 1. Jika dari Bogor keluar Sentul Selatan 2. Begitu keluar akan ketemu Mall Bellanova dan Kantor Pemasaran Sentul City. Nah si Ah Poong ini ada di belakang Mall tersebut.

———————————————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

  • Add Your Comment