Wisata ke Tujuh (7) Museum di Jakarta dalam Sehari

Mengunjungi tujuh ( 7) museum dalam sehari di Jakarta??? Ini bukanlah Hal yang mustahil. Karena di Jakarta Barat, di pusat kota Jakarta, ada banyak museum yang seru banget untuk dikunjungi. Lokasinya saling berdekatan, cukup jalan kaki dan beberapa pakai bajaj. Lalu, siapkan kamera selalu, karena museum museum di Jakarta ini ditunjang dengan bangunan bersejarah yang sangat instagrammable #ups hehehe ya kan sekarang zamannya instagram bukan?

Baiklah mari ini dia artikel 7 museum yang bisa anda kunjungi sekaligus dalam sehari. Tapi tentu sebelumnya anda harus menelpon masing masing museum untuk memastikan jam buka tutupnya supaya rute perjalanan anda ngga terganggu. Oke… sip, cap cuuusss.

================================================
Stasiun Kereta Api Jakarta Kota
Jl. Stasiun Kota No 1
Jakarta Barat
Telp 021 6928515

Jika anda bepergian dengan kereta commuter line, maka ini adalah stasiun terakhir tujuan Kota. Dibangun oleh arsitek Belanda, Frans Ghijsels, tahun 1870. Bukan museum sih, karena sampai saat ini stasiunnya masih beroperasi. Tapi stasiun ini sudah masuk dalam Cagar Budaya kota Jakarta. Jadi kalau hari ini kita foto foto disini, nanti 30 tahun lagi cucu kita foto disini, ya masih tetap sama huhuhu. Seru kan kalau foto sudah puluhan tahun dengan latar yang sama. Oke, dari sini cukup nge-bajaj aja untuk menuju ke Museum paling berpengaruh di Jakara, yaitu Museum Sejarah Jakarta.

 

kota-tua-stasiun-jakarta

bagian dalam stasiun

================================================
Museum Sejarah Jakarta
Jl. Taman Fatahillah I
Jakarta Barat
Telp 021 6929101

Ini bisa saya bilang sebagai museum utama kota Jakarta. Karena didalamnya terdapat sejarah kota Jakarta sejak zaman kolonial. Museum ini dikenal juga sebagai Museum Fatahillah. Dan kalau sudah sampai disini, saran saya sewa-lah guide, karena banyak cerita yang akan membuat anda terkejut sekaligus begidik merinding saat memasuki area penjara di dalam gedung yang sangat mengerikan kisahnya. Saya aja kesana siang siang merinding, woooww apalagi kalau malam??? Yup, kalau mau memacu adrenalin, bisa juga anda memasukkan museum ini untuk dijelajah pada malam hari. Ada jadwalnya kok untuk napak tilas malam malam. Wow di zamin agak agak horor. xixixi

kota tua

Museum Sejarah Jakarta, disini kita juga bisa menyewa sepeda untuk keliling daerah sekitar

================================================
Museum Bank Mandiri
Jl. Lapangan Stasiun 1
Jakarta Barat
Telp 021 6902000

Nah cukup jalan kaki dari museum sejarah. Ini museum perbankan yang mencoba bercerita dengan perantara benda. Disini kita bisa melihat dokumen, koin dan uang kertas dari zaman baheula sampai yang modern,  mesin penghitung uang dan brankas selama era kolonial Belanda plus benda benda terkait keuangan lainnya.

================================================
Museum Bank Indonesia
Jl. Pintu Besar Utara No 3
Jakarta Barat
Telp 021 2600158

Sama sama museum perbankan. Perbedaannya dengan Museum bank Mandiri, Ini adalah museum yang canggih. Karena sejarah perbankan Indonesia diceritakan melalui teknologi modern, multimedia, tampilan elektronik, panel stastis, tv plasma dan diorama. Keren kan.

================================================
Museum Wayang
Jl. Pintu Besar Utara no 27
Jakarta Barat
Telp 021 6918419

Museum Wayang menyimpan koleksi wayang dengan beragam karakter yang ada dari seluruh Indonesia serta negara Asia lainnya. Jadi jangan hanya kagum dengan Museum di luar negeri, karena bangsa Indonesia sendiri memiliki museum yang keren keren dan sangat layak untuk dikunjungi.

================================================
Museum Seni Rupa dan Keramik
Jl. Pos Kota no 2
Jakarta Barat
Telp 021 6907062

Kumpulan beda seni karya maestro Indonesia seperti Raden Saleh, Basoeki Abdulah hingga pelukis modern. Selain lukisan lukisan, disini kita juga bisa melihat keramik dan patung bersejarah yang bernilai tinggi.

================================================
Gedung Arsip Nasional
Jl. Gajah Mada No 111
Jakarta Barat
021 63856290

Gedung ini sangat elegan. Pernah digunakan sebagai tempat tinggal Gubernur Jenderal VOC pada abad ke 18. Woooww banget ya. Di zaman itu rumahnya seperti ini, hmm kebayang banget mewahnya ya. Kini gedung ini suka dijadikan taman umum oleh warga sekitar atau bahkan kalau mau nikahan disini juga bisa loh kabarnya. Coba aja dihubungi ya. Asyik juga kan nikah di tempat bersejarah.

================================================

Gimana? Tampak seru kan??? Yuk kenali kotamu dengan mengetahui sejarahnya. Berlibur tak harus melulu ke Mall, keluar kota atau ke lokasi hiburan. Cukup datang ke Museum, bayar murah atau bahkan beberapa gratis, sarat pengetahuan dan sekaligus jika punya teman dari luar negeri kita juga punya cerita membanggakan akan Negeri kita tercinta, Indonesia. Salam JakartaSeru !!!

  • Add Your Comment