#TripSurabaya – Terjebak Rindu Sambal Bebek HT

jsbebekht

Surabaya ini bisa disebut Kota Bebek, lhooo??? Ya coba saja ke Surabaya, penjual bebek ada dimana mana. Mulai dari yang kaki lima sampai depot dan restaurant. Mulai dari bebek yang sudah divariasi sampai bebek goreng biasa. Nah kali ini saya akan mengulas penjual bebek yang bisa disebut sebagai salah satu pioner kuliner bebek di Surabaya, yaitu Bebek HT.

Banyak orang bertanya tanya, “apa sih arti HT?” — saya sendiri saat SMP dulu berpikiran “oww jualannya pake HT (telepon channel) kali ya” … lalu setelah Pak Hari Tanoe (CEO MNC) terkenal dengan sebutan HT, saya pun berkelakar “Bebeknya Hari Tanoe” hehee #justjoke

Ya saat tinggal di Surabaya, saya adalah pelanggan setia bebek HT. Namun setelah bertahun tahun, baru kali ini saya bertanya tentang arti HT. Ini dia kisahnya : Berdiri di era 80an, Pak Ho Thing yang piawai memasak membuka warung nasi bebek. Tak disangka menunya tersebut selalu habis dalam sekejap. Saking terkenalnya, pelanggannya pun memanggil resto ini sebagai “Bebek HT”

Nah dulu jualannya hanya di Karang Empat Surabaya. Namun pada tahun 2006 ia membuka cabang asli yang dipercayakan langsung pada keponakannya, Caroline, di Tenggilis Barat Surabaya. Kebetulan pada tahun yang sama, saya juga hijrah ke Jakarta dan berjumpa juga dengan bebek HT, tapi lupa dimana.

———————-

Minggu kemarin suami ada kerjaan di Surabaya dan saya beserta anak IKUT!!! Usai mendarat dari Bandara Djuanda, saya langsung mengajak suami ke Bebek HT Tenggilis yang hanya 20 menit dari bandara. Saya sendiri belum bercerita apa apa pada suami tentang bebek HT ini dan tiba tiba saat makan ia mengatakan “Wah ini dahsyat!!! Bebeknya empuk dan Sambalnya bakalan bikin kangen nih”. Tau ga sih, selama di Surabaya, 2 hari berturut turut suami merengek minta balik ke Bebek HT hahaa, tapi waktu belum ada, jadinya judul artikel ini “Terjebak Rindu Sambal Bebek HT” hehehe …

jsbebekhtcatur

jsbebekhtsambal

Yeah, sambal bajak, sebutan untuk sambal yang sudah matang khas Jawa Timur ini memang yang menjadi andalan atau ujung tombak bebek HT bisa bertahan hingga puluhan tahun. Bahkan teman saya, seorang pemain badminton muda dari Surabaya, Christoper, jika kembali ke Pelatnas PBSI Jakarta, sudah pasti kopernya penuh bebek. Ngga tanggung tanggung, ia selalu membawa hingga 20 ekor bebek lengkap dengan sambalnya!!! “Buat Ko Chris cs”, katanya.

Yeah, Meski hanya warung kecil, bebek HT ini kesohor banget dikalangan pebulu tangkis dunia. Sebut saja salah satunya adalah Ko Christian Hadinata yang disebutkan Christian. Luar biasa kan!!! Akibat seniornya pada suka bebek HT, christian pun ‘terjebak’. Setiap pulang Surabaya ia pun wajib balik Jakarta dengan overload bagasi demi memuaskan kerinduan sang senior untuk menyantap bebek bersambal bajak ini. Hehhee ..

Oya, saat saya ke Bebek HT kali ini di Tenggilis, ternyata ada menu ‘Ayam Goreng’ dan bulan depan rencananya ada menu bakso!!! Pengen tau bagaimana Rasa Menu Baru di Bebek HT Tenggilis??? Baca artikel saya selanjutnya, klik disini.

jsbebekhtzara

————————————————————–
Harga
Paha/dada super Rp. 21.000
Paha/ dada biasa Rp. 19.000

—————————————————————
Alamat Bebek HT Tenggilis (Depot Bu Line)
Jl. Tenggilis Barat 2C
Surabaya – Jawa Timur
031-8474061
Buka Setiap Hari Jam 10.30-21.00

————————————————————————–
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com

—————————————————————————

Fotografer : Myrna Basuki
0811372913 (Surabaya)
Owner New Anugerah Photography
FB : New Anugerah Photography

————————————————————————–

Thanks to Myrna Basuki yang telah menemani selama kuliner di Surabaya, Nice Photoshot — Photo diatas belum melalui proses edit by Myrna. Untuk melihat PortFolio Myrna bisa kunjungi FaceBook nya.