Tips Seru Memanfaatkan Freezer untuk Persiapan Tanggal Tua #KisahTanggalTuaku

Hari ini saya mau pamer bakat saya sebagai seorang istri, yaitu kemampuan ‘Bisa Enjoy meski Tanggal Tua’, #kisahtanggaltuaku #eaaa. Berharap semoga pengalaman saya ini bermanfaat buat pembaca JakartaSeru ya. Dan kali ini topiknya adalah “Baimana memanfaatkan Freezer supaya bisa tetap enjoy di tanggal tua”. Karena ternyata dibalik penciptaan Freezer, ada manfaat yang sangat luar biasa untuk kita para Ibu Ibu dalam menyiasati Tanggal Tua. Dan berikut kisah saya bersama Freezer dirumah.

Pertama tama, saya mengucapkan terima kasih kepada Wiliam Cullen, teknisi terbaik pada tahun 1755 dalam sejarah dibuatnya lemari pendingin / kulkas. Entahlah akan dikemanakan bakat saya sebagai istri super ngirit ini jika tak ada kau William #eeeeh-apasih. Hehehe, skipppppp. Langsung to the point.

Freezer adalah ciptaan manusia yang paling keren buat Ibu Rumah Tangga yang semuanya serba pas seperti saya. Pas Gajian Pas Duit habis zazaza. Emang sekeren apa sih? Ini dia jawabannya, “Saya memanfaatkan Freezer untuk pengiritan”, kira kira inilah barang yang ada di dalam Freezer saya:

Nasi Putih Sisa

Jangan buang nasi putih sisa. Kumpulkan saja di dalam Freezer. Karena ini bisa jadi bermanfaat dikemudian hari. Nasi yang sudah dibekukan ini, saat di kukus, akan kembali mengembang seperti nasi putih biasa. Hasil dan rasanya, sama seperti saat pertama kita masukkan ke dalam freezer. Jika anda memasukkan dalam kondisi sudah basi, ya tentu hasilnya nasi basi juga, eeehhh hehehee. Ya,… betul. Jadi jangan tunggu basi baru dimasukkan ke Freezer ya.

tips menyimpan nasi putih

nasi di kemas perporsi biar gampang ambilnya

tips-menyimpan-nasi-putih-3

kukus nasi yang membeku sambil di obrak abrik supaya yang matang bukan cuma bagian luar, ini fotonya belum di obrak abrik nasinya supaya keliatan keren aja di foto hehee

tips-menyimpan-nasi-putih-4

Hasilnya nasi putih sama seperti sebelum kita freezer

Saat paceklik beras dan gajian masih lama, nasi nasi dalam freezer ini akan sangat berguna loh. Coba saja yah. Kalau pun gaji anda berlebihan, juga ngga ada salahnya kok mencoba tips ini. Karena selain bisa mengirit kan juga membuang nasi itu ngga bagus. Ya kan. OKe ini tips pertama dalam pengiritan demi enjoy ditanggal tua

Roti Tawar

Roti Tawar adalah panganan yang paling sering cepet basi dirumah saya. Kenapa? Karena suami dan anak ngga terlalu suka roti. Tapi saya sukaaaaa, pliiisss jadi saya suka beli roti tawar dan bingung habisinnya. Ujung karier, sang roti masuk ke dalam freezer. Saat malam kelaparan, tinggal deh diambil tuh roti beku dan oles margarin, kasih selai dan panggang sebentar. Hasilnya adalah roti bakar yang sama enaknya dengan memakai roti segar. Yes, roti kembali mengembang dan rasanya sama kok seperti saat pertama beli. Sungguhan.

tips menyimpan roti tawar

roti tawar yang ngga kemakan dalam 2 hari, langsung saya freezer untuk dimanfaatkan kemudian

memanfaatkan roti tawar

Roti Beku bisa dijadikan roti bakar, roti goreng atau bahkan jadi tepung roti

roti bakar

Jadi roti bakar, rotinya tetap terasa enak kok seperti saat pertama dimasukin dulu

roti goreng

atau ditepungin terus digoreng, enaaakkk

memanfaatkan roti tawar sisa

hasilnya si roti goreng

resep beef katsu

proses membuat supaya jadi tepung roti

memanfaatkan roti tawar

beef katsu memakai tepung roti buatan sendiri

Kadang juga saya suwir besar rotinya, lalu masukkan adonan tepung yang diberi gula, susu dan air. Goreng deh. Hasilnya adalah roti goreng manis kesukaan saya. Enaaaaak. Atauuu saya juga suka membuat tepung roti sendiri untuk dibuat baluran beef katsu atau chicken katsu. Dengan memakai remahan roti ini lebih enak daripada beli keringan di swalayan (tepung rotinya).

Sisa Delivery Order

Saya adalah Ibu Ibu yang suka melakukan delivery order makanan huhuhu. Yaaa, pertama karena saya punya dua anak (usia 4 tahun dan satu lagi 4 bulan) dan ngga punya baby sitter. Kemudian saya juga bekerja meski hanya dirumah. Jadi, rasanya waktu untuk memasak itu agak agak gimana gitu.

Balik ke topik, sambal. Nah berkat Delivery Order atau mbungkus makanan, saya mempunyai banyak hal yang menguntungkan. Mari simak hal yang menguntungkan tersebut :

  1. Sambal : saya selalu minta sambal dibanyakin. Fungsinya banyak sekali. Selain ngga perlu bikin sambal saat masak sendiri (tinggal ngangetin aja) juga ada manfaat lainnya : dipakai untuk bikin nasi goreng, dibuat bikin telur balado atau bahkan dibuat makan sama krupuk aja (jika duit bener bener terapas dan gajian ga masuk juga ke rekening)
  2. Kuah Sop : saat membungkus Gulai dan Sop, saya selalu minta penjual untuk banyakin kuahnya. Sampai dirumah saya pakai kuah seperlunya aja dan sisanya masukkin deh dalam Freezer. Hasilnya? Kalau kuah sop buntut atau sop iga, tinggal masukkin daging lagi / bakso bekuan yang beli di supermarket. Kalau kuah gulai, tinggal rebusin telur dan jadilah gulai telur, kalau sop ikan, tinggal beliin ikan dan jadilah sop ikan ala resto. Beres. Ga usah capai masak, ga usah beli bumbu.
  3. Sayuran : Biasanya kalau delivery order ayam atau pempek, selalu diberi timun utuh. Nah si timun selain bisa dipakai untuk tambahan bikin pecel biar seger, juga bisa buat cantik gratis. Hadeuh secara mak mak, kurang tidur, mata panda. Di kompres timun itu rasanya sesuatu banget. Ups, kalau sayuran sih ngga saya freezer ya hahaha, maaf yang ini out of topic hihihi.
Gula jawa ayam goreng lengkuas

Saat nyetok Ayam Lengkuas, sambalnya sebagian saya pisah pisah

cara mengirit

selalu setok aneka macam plastik dirumah

cara mengirit

sambal di kemas persekali makan

kalau beli gulai minta kuah yang banyak - lalu di freezer kuahnya dan bisa dipakai kapan saja tinggal rebusin telur

kalau beli gulai minta kuah yang banyak – lalu di freezer kuahnya dan bisa dipakai kapan saja tinggal rebusin telur

tips kecantikan

jeruk nipis dari delivery order bisa dipakai buat kebutuhan lain, termasuk buat menghilangkan ketombe hehehe

tips kecantikan

timun hasil delivery bisa buat kompres mata hihihi

Oke oke itu tips memanfaatkan Freezer secara maksimal untuk bekal tetap enjoy di tanggal tua ala saya.

    1. Risalah Husna May 5, 2016
      • Catur Guna May 5, 2016
    2. Astri Damayanti May 5, 2016
      • Catur Guna May 5, 2016
    3. Siti mudrikah May 5, 2016
      • Catur Guna May 6, 2016
    4. Turis cantik May 5, 2016
      • Catur Guna May 6, 2016
    5. khairiah May 7, 2016
    6. Memez May 8, 2016
      • Catur Guna May 13, 2016
    7. rita Asmaraningsih May 8, 2016
      • Catur Guna May 13, 2016
    8. oka nurlaila June 1, 2016

    Add Your Comment