Tips Menghemat Biaya Cucian Baju saat Travelling

Di beberapa negara, banyak terdapat mesin pencuci baju layan sendiri. Hm … dan saran saya jika anda melancong ke suatu negara dan melihat ada jasa laundry sendiri seperti ini, lebih baik anda mencuci sendiri disini daripada di tempat laundry-an yang tinggal ambil. Mengapa? Karena harganya jauh lebih murah.

Seperti di Malaysia ini, saya beberapa kali mencuci baju di jasa laundri (kedai dobi) dengan berat kurang lebih 5 -7 kilo persekali cuci, ditarik biaya 15 – 21 ringgit. Sementara di kedai laundri sendiri ini, maksimal 9 kilo untuk sekali cuci hanya dengan biaya 6 ringgit. Yes … hanya 6 ringgit hasilnya wangi dan kering. Menunggunya pun tak terlalu lama, hanya sekitar 1,5 jam dengan rincian sekitar 45 menit untuk mencuci baju dan 30 menit untuk mengeringkan baju.

Berikut cara menggunakan mesin laundry ini : (bisa saja di lain tempat cara penggunaannya beda, jadi tetap baca dahulu cara menggunakan yang biasanya ada di lokasi)

1. Tukarkan Uang dengan koin untuk laundry. 1 koin seharga 1 ringgit.
2. Ambil koin pada tempat yang disediakan
3. Masukkan pakaian ke dalam mesin dan tutup rapat pintunya
4. Masukkan koin sesuai jumlah yang diminta
5. Masukkan sabun dan pewangi
6. Atur mesin cuci sesuai kebutuhan anda
7. Tekan tombol start

cara-pakai-mesin-laundry

Setelah mesin mati. Buka pintu dan pindahkan baju ke atas (mesin pengering). Kemudian ulangi instruksi mulai dari mengatur mesin (tingkat panas dan waktu) hingga memasukkan koin sesuai jumlah yang dibutuhkan dan nyalakan start. Tunggu dan pakaian pun kering siap untuk di bawa pulang.

Mudah sekali bukan… selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat dan kirimkan kritik dan saran anda ya. Supaya kami terus menjadi lebih baik dalam menulis. Terima kasih.

 

  • Add Your Comment