Tetap Lezat dengan Udang berukuran Mini #SimpleRecipe

Resep dan Tips Membuat Udang Rebus yang Manis

Sedang ingin makan namun malas memasak? Atau Ingin makan udang tapi di pasar hanya tinggal udang udang kecil? Pernahkah anda mengalami hal demikian? Jika iya, bikin saja udang rebus. Tinggal dibersihkan lalu rebus dan sajikan, selesai.

Semudah itu? Tentu saja, karena namanya juga hanya “Udang Rebus” xixiixiiii … tapi, disini saya ingin berbagi tips supaya udang rebus anda dapat enak maksimal. Berikut Fakta tentang udang yang mungkin perlu anda ketahui :

Udang yang segar (belum tersentuh ice atau freezer) akan memiliki rasa manis alami udang yang luar biasa mempesona. Cukup didikan air, masukkan udang segar sekitar 30 detik dan langsung sajikan. Dijamin akan membuat anda sujud syukur atas nikmat alami yang telah Allah berikan.

Namun sayang, kebanyakan udang yang beredar di pasar swalayan atau bahkan pasar traditional sendiri, seringkali bukanlah udang segar. Karena biasanya membutuhkan waktu minimal sehari untuk petambak memanen dan kemudian dijual dipasar tradisional, alhasil udang sudah dalam keadaan di ice. Bahkan bisa jadi butuh waktu lebih dari sehari untuk bisa sampai ke konsumen.

resep-udang-rebus

Kalau sudah begini? Jangan kuatir, cita rasa udang tetap bisa enak maksimal, yaitu dengan cara :

1. Saya pernah makan di sebuah restaurant yang cukup terkenal di Jakarta dan udang rebusnya enak sekali. Saya bertanya pada chefnya dan ternyata “Rahasianya hanya, udang direbus dengan sprite sebentar saja”. Dan sudah saya praktekkan di rumah, memang berhasil !!!
2. Kemudian dilain waktu, ada pemilik Bakery di Surabaya yang mengatakan pada saya, “Rebus dengan arak, perbandingan 3 gelas air dan 3 sdm arak. Yang paling enak pakai arak korea. Hasilnya adalah udang yang manis dan kenyal lembut gurih”.

Tips ke dua ini belum saya coba karena tidak punya stok arak di rumah xaxaxaaaa… tapi mungkin ini adalah jawaban dari pertanyaan saya selama ini, mengapa jika makan di resto chinese food terkenal, udang pada campuran sayurnya selalu hadir dalam kondisi kenyal yang lembut dan kressss. Ya, kapan kapan akan saya coba tips ke dua tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat yah 🙂 Tetap Lezat dengan udang berukuran Mini ( Kecil ) !!!

————————————————————————-

Tukang masak : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

 

 

  • Add Your Comment