Terkejut!!! Rasa Buah Teh Savis sangat Refreshing

Teh, hasil tanah Indonesia yang seharusnya bisa kita banggakan. Seharusnya??? Ya, seharusnya. Namun sayang, teh teh kualitas terbaik Indonesia sudah hijrah ke manca negara semua, tinggal sisa kualitas ke dua hingga kawul yang sehari hari kita kenal dan minum baik di rumah, tempat makan mau pun warteg.

Sementara daun teh berkualitas kita, dikirim ke luar negeri, diolah disana, dikemas, diberi merek dan kembali lagi ke Indonesia sebagai teh kelas premium dengan harga selangit, yang hanya bisa dijangkau oleh mereka yang ber high tea di cafe kenamaan atau hotel berbintang (hiperbolanya ni ye hehehe. Karena seperti itulah hasil yang saya tangkap saat mengunjungi kebun teh di Pagaralam dan Kaligua beberapa tahun silam).

Namun, beberapa tahun belakangan, dunia per-teh-an Indonesia mulai bangkit. Seperti saat 6 tahun silam saya pernah menulis tentang Tea addict, yang merupakan tempat minum teh dengan daun teh kualitas nomor 1 asli dari kebun teh Indonesia yang rasanya luar biasa nikmat, ngga kalah sama teh teh import.

savis-teaNah, kini ada lagi nih, teh kemasan kelas premium yang bisa kita seduh sendiri dirumah dengan hasil rasa yang wenak nikmat, namanya Teh Savis. Teh asli dari Indonesia. Kemarin saya mendapat kiriman dari seorang teman dan setelah mencoba, rasanya sungguh melebihi harapan saya. Ini nikmat sekali.

Varian rasa yang saya dapatkan lumayan banyak. Mulai dari rasa jasmin sampai rasa buah buahan!!! Yes rasa buah. Dan di artikel kali ini saya ingin mengupas dulu bagaimana cita rasa teh rasa buah dari Savis ini.

savis-lychee-teaTerus terang saya memang penikmat teh. Namun saya selalu gagal dalam membuat teh sendiri dirumah. Seperti ketika sedang bersemangat belajar menyeduh teh cina, saya sampai bela belain beli teko dan semua perlengkapannya termasuk teh-nya yang lumayan mahal itu. Tapi begitu seduh sendiri dirumah rasanya sedih sekali hahahaa. Tak seenak seduhan di tea house-nya. Hiks padahal teh nya sama.

Begitu pun ketika membuat sendiri teh Dilmah dan Lipton. Saat di cafe rasanya begitu nikmat dan relax, tapi begitu beli sendiri diseduh dirumah, lagi lagi rasanya mengkhawatirkan hahahaaa. Jadi sebetulnya ketika teman saya memberi saya teh ini, saya agak sedikit ragu. Apakah saya bisa mendapatkan teh rasa nikmat seperti teman saya cerita tersebut? Secara pengalaman menyeduh teh yang telah berlalu agak kurang berkesan.

Dengan segala keraguan, saya ikuti saja panduan membuatnya yang ada di belakang kemasan. Dan wuhuuuuuu!!! Hebat. Begitu air panas saya tuang di gelas yang telah ada teh Savis nya, aroma wangi buah Leci langsung menguar keseluruh rumah saya yang imut. Wangi sekali. Sampai sampai anak saya Zara yang sedang dikamar langsung keluar dan berlari, “Mama bikin jeli ya. Wangi banget”. (sekedar info, anak saya maniak jeli).

savis-white-tea savis-manggo-teaAromanya sangat refreshing. Sesuai panduan saya langsung membuang tea bag-nya supaya rasa terjaga. Ngga kepahitan karena teh yang terendam terlalu lama. Oya soal tea bag, savis ini aman sekali. Tea bag nya terbuat dari serat abaka, serat alami dari tanaman yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Usai teh pada suhu yang dapat diterima lidah, saya mulai mencoba dan …. hmmm jujur baru kali ini saya membuat teh premium di rumah dan rasanya enak xaxaxxaaaaa. Wangi yang refreshing, teh dengan sepet yang pas, manis alami teh nya keluar dan terpenting rasa lecinya terasa sekali segarnya buah. Bukan perasa kimia yang nyegrak dan sakit ditenggorokan. Saya suka. Xixixi, sebetulnya sih saya membayangkan, andai saya meminum teh ini di cafe dengan teknik penyeduhan yang asli, pastinya lebih nikmat kali ya hehehe. Tapi begini juga saya sudah puas.

Selain leci, saya juga mencoba rasa pomegranate dan juga rasa mangga. Sebelas dua belas dengan si leci. Aromanya begitu harum tajam memenuhi ruangan. Rasanya juga murni buah dengan manis alami teh yang sepet enak. Sebuah cita rasa teh yang patut dibanggakan.

Tanya tinyi, ternyata Savis ini dimiliki oleh generasi ke 3 dari keluarga yang telah sejak tahun 1951 berkecimpung di dunia teh. Namun pemilik Savis ini tergerak untuk membuat teh kelas premium supaya masyarakat Indonesia dapat menikmati teh kualitas premium dengan harga yang terjangkau. Ia pun berharap Savis dapat menjadi salah satu rujukan butik teh dunia, oleh karena itu ia membuat teh rasa buah eksotis, sekaligus untuk memperkuat nuansa ke Indonesiaan.

Dan menurut kesimpulan saya, tampaknya Teh Savis ini ingin mengembalikan memori orang tua atau mereka yang jauh dari tanah air, untuk merasakan aneka buah buahan khas Indonesia, seperti Buah Mangga Kweni, Manggis, dan lain lain. Oya, katanyaaaaaa nanti juga bakalan ada rasa Apel malang, Kawis, Limau, Kedondong dan buah khas Indonesia lainnya, Yeah.

Jadi sekarang kita tak sekedar minum teh semacam Fruit Tea yang kita ngga tau itu rasa buah apa, tapi sekarang sudah jelas rasa dan aromanya. Mangga, apel, leci, dondong dan sebagainya. Seru nih. Ngga sabar nunggu versi lainnya. Orang Indonesia bisa menikmati Teh Indonesia buatan orang Indonesia dengan cita rasa Indonesia plus harga yang Indonesia.

Teh ini memang belum di launching secara resmi. Namun kata teman saya, kalau kita mau mendapatkannya, sudah bisa dibeli di Kem Chicks Lifestyle Market Pacific Place Jakarta dan beberapa Outlet dan Café di Jakarta seperti Delico, Soeryo Steak (saat ini. Namun ke depan akan lebih banyak outlet lain dan bakalan ada online shop nya juga). Ditunggu yaaaa. Sudah ngga sabar untuk memesan lagi nih hihihi.

Oke untuk rasa lainnya, akan saya tulis di artikel lain ya. Monggo ditunggu.

——————————————————————–

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

    1. alice March 8, 2016
      • Catur Guna March 9, 2016
    2. Thersetya June 13, 2016
      • Catur Guna June 16, 2016
    3. Tim Marketing Savis June 13, 2016

    Add Your Comment