Tata Cara Makan Soba Dingin – Makanan Khas Jepang

Obuse – Nagano, merupakan kota dimana saya pertama kali makan Soba. Soba adalah mie khas Jepang yang terbuat dari tepung gandum. Bahan utama gandum ini pulalah yang membuat Soba berbeda dengan Mie Jepang lainnya: udon dan ramen, yang terbuat dari tepung terigu. Hm … dan penyajiannya yang ngga umum, membuat saya bingung, “Ups, gimana ini cara makannya???” — pengen tau cerita lebih lanjut??? Yuk cekidot —

Karena Nagano terkenal dengan Soba-nya, maka saat diajak makan ke restaurant, saya pun ngga mau ketinggalan untuk mencicip. “Soba Dingin”, kata saya dan suami memesan “Soba Panas” (ceritanya biar bisa saling incip). Nah, begitu pesanan berdatangan, wiihhhh saya bingung – ini gimana cara makannya??? Mie nya diletakkan diatas wadah bambu. Nah kalau disiram kuah, bocor donk. Terus ada gorengan dan ada dua macam kuah. Nah loh, mana kuah buat gorengan dan mana kuah buat mie nya. Atauuu jangan jangan mie nya dimakan tanpa kuah dan tuh kuah adalah pilihan cocolan buat gorengannya??? Hmmm daripada salah dan tengsin, saya colek colek suami, “Gimana nih cara makannya”.

soba dingin khas nagano

Suami hanya berkata, “Tuh depanmu juga mesen soba dingin. Ikuti aja dia makannya gimana dan tiru”. Wkwkwkwk — alhasil saya bener bener nungguin kawan suami yang asli Jepang, makan. Hmmm untung ada yang memesan sama ya. Coba kalau ngga??? Bisa mati gaya. Saya bener bener ngga nyangka kalau hasil pesanan saya begini tampilannya.

Ternyata, ini dia caranya. Ambil mie dengan sumpit (porsi sekali lahap), lalu celupkan ke dalam kuah di mangkuk berukuran besar, lalu makan. Done!!! (MIE CELUP hahahaaa) Lalu ambil gorengan, celup di kuah yang mangkuknya lebih kecil dan makan, Done!!! Kalau suka, bisa tambahkan irisan daun bawang dan personel yang disediakan seperti jahe, wasabi, lobak ke dalam kuah. Dan please jangan sekali kali menyiram kuah ke dalam wadah mie. Bisa bisa kuahnya belepetan dimana mana. Karena memang Soba dingin ini dipanggil dengan nama Zaru Soba, karena Zaru artinya adalah wadah dari bambu.

cara makan soba dingin

soba makanan wajib kalau ke nagano jepang

Oya, setelah mie hampir habis, tiba tiba pelayan memberikan air keruh dalam wadah (diletakkan dimeja – saya ngga tahu apakah teman suami meminta atau memang pasti diberi tanpa meminta) – jadi kuah keruh itu adalah kuah rebusan mie. Teman suami, mengambil kuah tersebut, lalu memasukkan sisa saus tsuyu-nya bekas makan soba dan lalu meminumnya bak minum kuah sup. Hmm .. entah rasanya apa hehehee saya ngga nyoba. Hm.. katanya sih di beberapa kota juga ada kebiasaanya mencampurkan telur mentah ke dalam kuah. Entahlah, yang ini karena ngga lihat sendiri, jadi saya ngga berani bilang YES.

Oke, itu dia cara makan soba dingin. Jadi kalau suatu saat anda memesan si soba dingin, jangan norak kayak saya ya hahahaa. Sekarang waktunya ceirta soal rasa. Hmmm pertama kali makan, terus terang saya langsung jatuh cinta!!! Mie-nya tidak kenyal tapi juga tidak keras. Cenderung lebih pada padat dan gurih namun tetap seperti mie bukan kerupuk pastinya. Waduh bingung ya njelasinnya. Kayaknya memang harus coba sendiri hahahaa

Aroma-nya harum!!! Dan begitu dicelup saus tsuyu, rasanya memang rada hambar. Tapi justru ‘agak’ hambar inilah, yang membuat lidah terus penasaran bahkan ketika mie sudah habis. So, pasti jadi pengen pengen dan pengen lagi hohooooo. Karena rasa yang tidak terlalu kuat, memang menjadikan seseorang penasaran. Kemudian ketika dimakan bersama dengan gorengannya atau yang kalau di Jepang disebut Tempura, hmmm tempura juga dimasak minim rasa, sooo kangennya jadi dua kali deh hehehee. SANGAT REKOMENDASI UNTUK ANDA MENCICIP SOBA DINGIN!!!

Nah lalu saya juga coba soba panas milik suami (hiks maaf karena saat di obuse saya ngga bawa kamera, maka di foto ini, yang saya gunakan adalah foto soba saat saya makan di Miyama Te Nagano dan Ajihara Restaurant di Jakarta) rasa soba panas ternyata lebih strong alias ngga bikin penasaran. Jadi sekali makan,seluruh dinding lidah langsung terpuaskan hahahaa — enaakkk dan sangat rekomendasi untuk para pecinta mie yang belum pernah makan soba. Rasanya macam macam dan yang saya cicip rasa bumbunya agak agak mirip Ind—mie kaldu ayam special xaxaxaxaaa — namun tentunya dengan tekstur rasa yang lebih lembut dan ngga panas di tenggorokan.

Oya, kalau tata cara makan soba panas ini sendiri – ngga bingung. Karena penyajiannya cuma 1 mangkuk saja. So, tinggal makan makan aja. Boleh diaduk boleh tetap rapi, selera aja. Namun disarankan untuk makan dengan menyeruput sampai bersuara hahaha — sroootttt — katanya makin kencang suara seruputan kita, makin suka lah si juru masak. Karena itu artinya NIKMAAAAAATTT BRO CHEF.

Nah, selain Soba Dingin, ternyata juga ada Udon Dingin dan Ramen Dingin. Nyaammm … Pertama makan udon dingin adalah di ueda. Ternyata lagi lagi saya lebih suka yang dingin daripada yang panas. Karena sensasinya itu bedaaaa banget. Sebetulnya cara pembuatan dan bumbunya sama persis. Cuma bedanya, udon dingin setelah direbus langsung dicelupkan ke air dingin dan baru disajikan. Sementara udon panas, ya langsung disajikan begitu saja. So, pasti rasa yang panas lebih meresap daripada yang dingin. Dan karena yang dingin ini rasanya tipis dan bikin penasaran, saya pun jadi suka. Oya, sama seperti soba dingin, udon dingin dan panas juga biasa dimakan dengan aneka gorengan yang dicocol dengan saus.

 

wisata kuliner di ueda nagano jepang

udon dingin makanan khas jepang

Sejak makan di ueda situ, saya pun jadi keranjinan bikin sendiri di rumah. Cara buatnya gampang banget. Tinggal beli Mie Udon basah dan rebus lalu dicelupkan ke air dingin, taruh mangkuk. Kemudian siram dengan kuah tsuyu yang beli jadian di supermarket. Dan beri irisan daun bawang. Done!! Tinggal buat gorengan dan makan bersama gorengan. Wis — mudah, murah dan mantaaabbb. Nah, untuk ramen dingin, saya justru makan saat di Indonesia (di Chin Ma Ya restaurant – resto franchise dari Tokyo) untuk artikelnya, sudah saya tulis di artikel saya sebelumnya, atau klik disini ya untuk membaca.

Ini dia pengalaman saya bersama Soda dan Udon, semoga bermanfaat ya … salam jakartaseru!!!

————————————————————————————–

Untuk memesan hotel secara online di Nagano Jepang, bisa pesan di link ini, untuk melihat jadwal kereta di Jepang bisa klik disini.

——————————————–
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com