Inilah Taste of Solo di Jakarta

Gegara 3 hari 2 malam di Kota Solo beberapa waktu yang lalu, saya jadi sedikit banyak lebih tau akan cita rasa kuliner Solo. Belum paham betul karena efektifnya saya hanya hunting kuliner selama sehari, 2 harinya saya ke klaten dan sibuk urusan kerja. Tapi sehari yang sangat memuaskan, karena seharian itu saya menyantap hingga 10 hidangan khas Solo di lokasi lokasi penjual hidangan khas Solo yang otentik.

Dan dari sehari kuliner di Kota Solo tersebut, akhirnya saya paham mengapa di Jakarta, Jokowi juga suka dengan masakan Ny. Swan pemilik Dapur Solo Ny. Swan Jakarta. Dan begitu banyak pelanggan Dapur Solo Ny. Swan yang asli wong Solo juga mengatakan bahwa Dapur Solo ini rasa dan seleranya sangat Solo #tasteofsolo

Dapur Solo Ny. Swan VS Kuliner di Kota Solo

Jujur, saya pertama kali mengenal kuliner Solo adalah di Dapur Solo Ny. Swan. Dan selanjutnya saya sangat menyukai aneka hidangan disana karena memang cocok di lidah. Hanya 1 ganjalan saya dari semua hidangan Dapur Solo, ayam gorengnya yang agak kurang berbumbu. Menurut saya sebagai orang Jawa Timur yang tau sendiri ya ayam goreng di jatim itu bumbunya tajam banget. Tapi !!! Tau ga??? Saya menulis artikel ini justru karena Ayam Goreng nya !!! Bahkan saya jadi menyimpulkan bahwa Dapur Solo Ny. Swan benar benar otentik Solo juga karena Ayam Goreng-nya yang minim bumbu tersebut. Kok bisa??? Mari baca artikel saya sampai habis ya.

Disini saya akan membahas semua hidangan yang pernah saya makan di Dapur Solo Ny. Swan dan akan saya versuskan dengan Kuliner yang saya coba di Solo-nya sendiri. Cekidot

Selat Solo

Kuliner yang paling saya nantikan saat akan ke Kota Solo adalah Selat Solo nya. Karena saya sukaaaa banget dengan hidangan yang satu ini. Nyaris tiap ke Dapur Solo maupun pesan Gofood, saya selalu menyertakan Selat Solo dalam pesanan. Enak banget. Manis seger dan sehat.

selat solo dapur solo

selat solo dapur solo

selat solo dapur solo

selat solo dapur solo

selat solo mekar sari

selat solo mekar sari

Soal Selat Solo, saya teringat, suatu ketika saya membaca komentar salah satu pengunjung Dapur Solo Ny. Swan di Instagramnya, “Selat Solonya kebanjiran”. Sambil dia memamerkan foto selat solo dari Dapur Solo yang kuahnya memang banyak. Dan dikomen komen berikutnya dia bilang Selat Solo kok cair dan kuahnya kayak kebanjiran.

Saat itu saya cuma membaca, karena saya belum tau Selat Solo aslinya Solo itu seperti apa. Dan begitu saya sampai di Solo lalu mencicip Selat Solo Mekar Sari yang disebut kawan saya sebagai penjual Selat paling enak di kota Solo karena sangat otentik dan mempertahankan cita rasa sejak dia berjualan tahun 70an, Woooowwwww!!!

Tampilannya memang banjir dengan kuah cair. Rasa kuahnya mirip dengan kuah Selat Solo di Dapur Solo Ny. Swan. Hanya bedanya di penggunaan daging, dimana di Mekar Sari memakai daging sandung lamur. Namun disini saya jadi tahu bahwa #tasteofsolo Dapur Solo Ny. Swan itu dapeeeeettt banget!!! Andai saat membaca komentar di Instagram itu saya sudah pernah makan di Solo sebelumnya, tentu saya akan membela Dapur Solo bahwa memang begitu rasa aslinya di kota Solonya juga.

Untuk membaca ulasan lengkap saya tentang Warung Mekar Sari di Kota Solo, silahkan klik disini.

Jenang Sumsum

Disebut sebut, jenang sumsum paling enak di kota Solo adalah yang dijual di stasiun balapan. Dan saya pun adalah penikmat sejati bubur Jawa di Dapur Solo karena memang enaaaaaaak banget. Beda. Beda banget dengan bubur bubur yang bisa kita beli di tempat lain. Bubur Jawa di Dapur Solo ini begitu pekat, legit namun sangat gurih sehingga terasa ringan di lidah.

jenang sumsum

jenang sumsum solo balapan

Nah karena dibungkusin temen, saya ngga sempet beli yang macem macemnya. Jadi hanya mencoba Jenang Sumsumnya. Dan wuhuuuuu jika anda bicara, “Jenang/ Bubur Sumsum memang bisa beda gimana??? Sama ajalah dimana mana”. Bedaaaa!!! Ini beda. Bubur Sumsum ada yang sangat padat sehingga dimakan juga bikin seret. Ada juga yang gulanya pahit. Dan ada juga macem macemlah.

Tapi Jenang sumsum di Dapur Solo dan kota Solo ini, 11 12. Sama sama memiliki tekstur yang sangaaaat lembut. Sama sekali tidak seret di lidah. Gulanya bertekstur halus, manisnya lembut. Aroma pandannya dapat dan santannya terasa sangat gurih. Yes, dua hidangan Dapur Solo VS Kuliner Solo = #tasteofsolo nya dapet banget.

Bubur Lemu

Menu ini tidak ada di daftar menu Dapur Solo. Tapi saya sudah 2x menyantapnya saat Dapur Solo punya acara. Dan asli, saya sangat jatuh cinta dengan Bubur Lemu buatan Ny. Swan ini. Luar biasa enaknya!!! Buburnya sangat gurih. Dimakan buburnya saja sudah enak. Begitu dicampur dengan kari ayam dan kreceknya, OMG asli saya ngga bisa move on!!!

bubur lemu

bubur lemu dapur solo

bubur lemu

bubur lemu kota solo

kenzo

andrew dan kenzo – thanks drew sudah diajak keliling kuliner malam di solo

“Pokoknya maunya Bubur Lemu”, kata saya pada Andrew yang mengantar saya keliling kulineran malam di Solo. Gara Gara Tante Swan, Saya benar benar pengen merasakan Bubur Lemu yang asli Solo. Andrew pun mengajak saya ke penjual Bubur Lemu yang katanya paling terkenal di kota Solo sejak tahun 70an. Dan begitu saya makan, ternyata #tasteofsolo nya dapet. Tapi jauh lebih enak masakan Ny. Swan.

Bedanya mungkin terletak pada pemakaian bahan. Seperti saya bilang, buburnya dimakan sendirian saja sudah enak. Kreceknya berbumbu sangat medok, begitu dimakan terasa betul gurih dan sensasi ‘kres’nya. Karinya juga padat namun tetap ringan di lidah.Asli saya sangat berharap Bubur Lemu ini masuk dalam daftar hidangan di Dapur Solo. Karena ini enak banget bahkan lebih enak dari di Solonya hihihi.

Nasi Liwet

Di Solo, saya makan nasi liwet di dua lokasi, yaitu restaurant dan kaki lima. Tapi tak usahlah saya banyak berkicau, karena pembaca bisa melihat sendiri dari tampilan. Yuhuuuu Nasi Liwet Dapur Solo ditata sangat menarik. Tak hanya tampilannya, tapi rasanya juga menurut saya lebih enyaaaaak. Karena jika di Solonya sendiri nasi liwetnya hanya mengandalkan rasa gurih, maka di Dapur Solo selain rasa gurih dia juga memberikan sensasi manis pedas yang bikin ketagihan.

nasi liwet

nasi liwet dapur solo

nasi liwet

nasi liwet kota solo

Nasi Liwet ini adalah hidangan favorit saya juga jika ke Dapur Solo. Meski kenyang juga kalau di sodorin Nasi Liwet Dapur Solo rasanya susah untuk menolak. Enak sekali.

Nasi Langgi

Nah ini adalah nasi kotak yang sering saya makan juga dari Dapur Solo. Saya menyukai semuaaaaaa personel lauknya, kecuali ayam gorengnya. Seperti saya katakan di atas. Saya orang Jawa timur yang terbiasa dengan ayam goreng yang sangat berbumbu. Jadi begitu ketemu ayam goreng seperti ayam Dapur Solo, saya merasa kurang bumbu. Sempat terpikir untuk menyampaikan pendapat saya ke kotak kritik dan saran #untungbelum

nasi langgi

ayam di nasi langgi kuning dapur solo

nasi kotak

ayam di nasi langgi dapur solo

ayam goreng

ayam goreng kota solo

Karena setelah ke Kota Solo dan mencicip ayam goreng paling terkenal di Solo, yaitu ayam Mbah Karto langganan Pak Jokowi, ternyata memang ayam goreng Solo ya tastenya itu seperti Ayam Goreng Dapur Solo hihihi. Memang tipikal yang minim rasa. Dan disinilah tepuk tangan saya untuk Dapur Solo. Ternyata Dapur Solo memang benar benar mempertahankan keaslian rasa Solo bahkan sampai ke taste ayam gorengnya. Untuk membaca ulasan lengkap saya tentang ayam mbah Karto, klik disini

—–

Kira kira demikian ulasan saya. Banyak menu lain yang saya coba di Dapur Solo tapi belum sempat coba di Solo dan juga sebaliknya. Mungkin next trip ke kota Solo akan memperpanjang daftar versus ini. Hihihiii … Dapur Solo Ny. Swan sungguh sepetak Solo di Jakarta. Anyway busway semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi kuliner anda. Salam jakartaseru

Alamat Dapur Solo Pusat :
Jl. Danau Sunter Utara R35-37
(021) 6405812 / 0856 95911988
Selain itu juga ada cabang di Sunter Astra, Panglima Polim, Serpong dan Matraman
untuk lebih detail bisa langsung ke webnya www.dapursolo.com

    1. yulia rahmawati October 25, 2016
      • Catur Guna October 26, 2016

    Add Your Comment