Serunya Korean Food Fair 2015 di Kota Kasablanka Jakarta

Kemarin (17 okt 2015) ada pemeran produk Korea di Kota Kasablanka Jakarta Selatan, nama acaranya Jakarta KFoodFair2015. Ada Jakartanya karena memang mereka lagi tour singkat ke beberapa negara, kemarin mereka ada di Malaysia, lalu 2 hari ini mereka di Jakarta dan setelah dari sini mereka siap siap ke Dubai. Indonesia? Malaysia? Dubai? Negara yang mayoritas muslim semua?

Yes, Korea memang tengah mempromosikan makanan halal mereka ke negara negara mayoritas muslim. Jadi jangan kuatir, semua yang ada dipameran, dijamin 100% halal. Dan buat yang di Indonesia sendiri mereka kini tengah sibuk mengurus izin makanan halalnya untuk beberapa makanan lainnya. Jadiiii??? Bakalan ada banyak halal food dari Korea yang bisa dinikmati oleh semua orang Indonesia!!!

Balik lagi, pameran makanan sampai ke manca negara??? Bahkan sampai menciptakan makanan sesuai dengan negara tujuan, yakni Halal Food? Ya inilah namanya promosi pangan yang mendukung gerakan petani dan pengusaha lokal. Karena setahu saya di Korea kini memang lagi gencar menstabilkan ekonominya dimulai dari Pangan (mirip program swasembada pak Harto ya). Hmmm tapi ini hanya sepertinya loh ya hehee kalau salah ya dimaafkeun, maklum saya hanya pecinta makanan, bukan penikmat politik.

Oke kita mulai KFoodFair nya yah.Nah mumpung ada acara yang katanya banyak aksi budayanya juga, saya pun jauh jauh ke Kokas bersama Zara. Tujuannya? Tentu ingin membawa Zara mengenal budaya lebih dekat. Ya saya memang ingin zara cinta semua budaya, baik budaya lokal maupun mancanegara. Untuk Melihat Video Zara saat melihat pertunjukkan seni dan budaya Korea, klik disini.

kfoodfair-atraksi kfoodfair-jakartaseru kfoodfair-taekwondo kfoodfair-seriusYaaaa, saya ingin Zara tumbuh sebagai pecinta budaya dan bisa keliling dunia untuk melihat budaya budaya yang ada di dunia ini. Tumbuhlah jadi anak yang berwawasan luas dan tidak berpikiran sempit ya nak. Dan senengnya karena zara bahagia banget.

Mulai dari nonton aneka aksi panggung yang zara sampai ngga kedip. Dia suka sekali dengan tarian tarian drum dan juga aksi taekwondonya. Lalu zara antusias juga minta belajar origami. Meski akhirnya yang mbikin si mbaknya, karena memang susah bener. Mbak nya aja melipat lipat sambil nanya temennya hihi.

Lalu zara bermain panah dari kayu, mainan tradisional anak korea. Waahhh zara ngga mau beranjak. Seneng banget dia main panah dan ujung ujungnya saat pulang minta dibeliin panah #eaaa hehehee.

kfoodfair-jakarta kfoodfair-zara

Sayang untuk foto dengan memakai baju Korea, ngga ada yang buat anak anak. Padahal zara pengen juga tampil cantik ala Korea hihi. Gak papa. Oke sekarang kita menuju makanannya ya.

Acara dimulai dengan membuat Kimbab, makanan semacam sushi. Nasi yang digulung dengan lembaran rumput laut dan bagian tengahnya diisi apa saja kesukaan kita. Uniknya, kimbab ini dibuat panjang sekali yakni 42 meter. Yang menandakan bahwa Indonesia dan Korea telah menjalin kerja sama selama 42 tahun. Dan usai dibuat, kimbab ini dibagikan ke semua pengunjung mall yang mau. Saya nyobain dan ini enaaakk cekali. Sayang saya cuma ambil sebiji hehheee soalnya ribet sendiri sama bawaan n ngawasin zara. Ya sutralah. Kita incip hidangan lainnya aja.

Dan wuhuuu ternyata setelah muter mencicip aneka hidangan di pameran, kesimpulan saya tentang masakan korea adalah asam pedas yang menggigit. Mulai dari kimchi, jajanan yang semacam cimol (eaa saya lupa namanya) dan apalagi saat saya mencicip ayam goreng khas Korea dari Kyo Chon dan Bon Chon, OMG air mata saya sampai keluar dan lidah saya rasanya seperti terbakar. Hiks nasib orang ga suka pedas.

kfoodfair-kimbab kfoodfair-kyochon kfoodfair

Tapi jangan kuatir. Ayam pedas ini hanya salah satu contoh kok. Karena bonchon dan kyochon sendiri aslinya punya banyak varian ayam goreng dan yang lezat adalah ayam goreng madunya. Pulangnya saya makan dulu di Kyo Chon kok, ini dia hasil reportase saya makan di Kyo Chon, klik disini untuk baca artikelnya.

Dan yang paling saya suka dari aneka makanan yang ada di pameran adalah Mie nya!!! Ea, mie nya enak sekali. Entah nama mie nya apa, karena tulisannya bahasa Korea semua, satu satunya huruf romanji yang terbaca oleh saya adalah CookSi. Entahlah apakah itu merek atau bukan hihi. Pokoknya besok kalau ke supermarket yang jual barang impor Korea, ya diingat ingat seperti inilah bungkusnya. Mienya super lembut dan kuahnya syeger banget. Rasanya itu ngga terlalu berasa MSG. Menurut saya sih, mungkin tetep pakai msg ya, tapi yang jelas kadar MSG nya itu ngga ‘nemen’, sehingga ditenggorokan itu ngga sakit. Love it!!!

kfoodfair-mie kfoodfair-bihun kfoodfair-tehRekomendasi deh. Oya just info saya ngga tau mie yang saya makan ini yang bungkusnya mana, soalnya kan kita cuma dikasih contoh tanpa tahu mereka masak yang mana hehehe. Dan saya ngga nanya pula #halah hahaha coret jadi penulis.

Makanan lainnya? Kebetulan makanan yang dipamerkan memang ngga banyak. Ngga lebih dari 10 makanan. Dan oya ada teh juga. Tehnya berasa kayak herbal gitu. Jadi dia ngga bubuk tapi kayak biji bijian. Rasanya seger sih, tapi karena diminum dalam kondisi ribet barang bawaan dan berdiri, jadi rasanya kurang menikmati. Sepertinya jika minum teh ini dipuncak hawa dingin dengan pemandangan taman, yuhuuuu syedap pisan pastinya.

Oke, sekian reportase dari KfoodFair2015. Buat yang ngga sempet dateng (karena acara ini sudah berakhir, hanya 2 hari 17 dan 18 oktober 2015), mungkin nanti tahun depan jika ada acara lagi, jangan mau ketinggalan ya. Mayan lah dapat tontonan budaya dan incip incip gratis makanan khas Korea. Suka ngga suka, yang penting kan dapat pengalaman baru, ya ngga???

Yuk, kenali dan cintai Budaya Dunia.

————————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

  • Add Your Comment