Sekotak Nasi ini Membawaku Terbang ke Surabaya – #nasikotakjakarta

Surabaya adalah Kota dengan Kuliner khas yang sangat beragam. Berbeda dengan Jakarta yang banyak penjaja kuliner dari daerah daerah, Surabaya justru menyuguhkan ragam kuliner yang memang asli datang dari turun temurun asli Surabaya dengan taste yang berbeda beda. Tapi meski ragam rasa, saya tetap bisa menarik satu kesimpulan, masakan khas Surabaya selalu memiliki Nilai GURIH dan TAJAM.

Sebagai perantau di Jakarta, saya yang wong Jawa Timuran ini sering kali merindukan ‘rasa kampung’. Maklum, warung makan Suroboyoan cukup jarang di Jakarta. Apalagi yang menyajikan hidangan otentik legendaris Surabaya. Maka, begitu kenalan dengan rasa Gula Jawa, saya langsung jadi pelanggan setia.

Gula Jawa saat ini belum punya gerai. Dia hanya melayani catering dan nasi kotak juga tumpeng. Yang spesial dari Gula Jawa ini menurut saya adalah ‘Suroboyo’ banget!!! Ngga bisa dibohongi. Rasa Surabaya itu ya seperti ini. Gurih dan Tajam. Menurut Senior saya, Pak Maybi, rasa nasi kotak Gula Jawa itu, “Nasinya Jowo banget”. Dan kata teman masa kecil saya Jeani, yang asli wong Suroboyo dan kini tinggal di Jakarta juga, “Duh yuuuuun, asli ini Suroboyoan banget”.

Itulah kira kira pendapat teman saya dan yuhuuuu hari ini saya ada kerjaan bersama teman teman membuat video shooting iklan testimonial salah satu produk kesehatan. Senang sekali – surprise – karena sajian makan siangnya adalah dari Gula Jawa. Ada beberapa macam isinya, semua tidak sama. Asyik juga buat pilihan. Dan yuhunya saya sudah pernah mencobanya semua yihaaiii. #ceritanyasayapelanggansetiagulajawa – buat tahu artikel pertama kali saya kenalan sama Gula Jawa bisa diklik disini

gula-jawa-nasi-kotak-jakarta

12 dus Nasi Kotak Gula Jawa menemani makan siang kami di lokasi shooting di Taman Honda Tebet Jakarta Selatan

gula-jawa-testigula-jawa-testimonialgula-jawa-testy

Ayam Bumbu Rujak

Nasi Kotak Ayam Bumbu Rujak ini merupakan spesialnya Gula Jawa. Terdiri dari Ayam Bumbu Rujak khas Jawa Timuran yang rasanya sangat berbumbu. Tapi jangan bayangkan rasanya akan sangat berempah seperti Masakan Padang, No!!! Ini adalah bumbu khas Jatim yang hanya berbumbu dasar bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, cabe dan juga asam plus tentunya yang tak mungkin tertinggal adalah Gula Jawa. So, rasanya itu pedas manis dengan sedikit sedap asam yang Gurih dan Tajam.

Soal Gula Jawa. Gula Jawa adalah salah satu penyedap dapur Jawa yang harus jeli memilih. Berbeda dengan Gula Pasir yang rata rata memiliki rasa sama meski beda merek, Gula Jawa punya banyak varian rasa tergantung pengrajin yang membuatnya. Dan perbedaan rasa itu cukup mencolok menurut saya. Sama sama gula jawa, ada yang rasanya manis, ada yang manis campur rempah, ada yang manis lebih ke pahit, ada yang manis seperti gula pasir, waaahhh macam macam. Dan jika salah beli ‘rasa’, boro boro masakan jadi sedap malah jadi aneh. #pengalamanpribadi hihihi

nasi kotak jakarta

Ayam Bumbu Rujak nya asli wenak banget. Ngga cuma ayam, tapi isiannya mulai dari abon sampe teri kacangnya, endeeeuusss

nasi kotak enak

Zara dan Kenzo di lokasi shooting – mau makan siang

nasi kota gula jawa

Zara dan Kenzo

gula jawa

saya suka beli kemasan dalam jumlah banyak

Dan pemakaian gula jawa di ayam bumbu rujak khas Gula Jawa ini paten enaknya. Manisnya lembut banget, jadi meski manis tapi cita rasa pedas dan asin asamnya itu semua masih ke dapatan. Dan yang bikin suka adalah percampuran bumbunya ini meresap sampai ke daging daging ayamnya yang lembut. Oyaaa, Gula Jawa ini memakai ayam pejantan, bukan ayam negeri. Sehingga tekstur ayamnya empuk tapi tidak hancur.

Dalam Kotak AYam Bumbu Rujak ini bukan hanya ada isi ayam, tapi juga ada sambal kentang, abon, teri kacang dan serundeng. Hadeuuuhhhh, Zara anakku yang usia 4 tahun, maniak banget sama abon dan teri kacangnya. Kebayang, saking dia suka banget sama nih abon dan teri, saya sampai sudah beberapa kali memesan di Gula Jawa dalam porsi kemasan. Dimakan pakai nasi putih saja, Zara makannya lahap banget. bahkan sering dia buat cemilan sambil nonton tv hihihi. Cemilan sehat … yes??? daripada nyemil jajan.

Nasi Kotak Udang Crispy

Jika anda suka ke Surabaya, pasti mengenal Nasi Udang Crispy (terkenal banget dengan salah satu brand resto yang mempopulerkannya). Atauuuu, hmmm resto tersebut sangat terkenal dengan Sambalnya !!! Banyak banget teman saya yang jika saya pulang Surabaya, pada nitipnya Sambal dari udang Crispy tersebut. Pokoknya Terkenal banget ini di Surabaya (mau nyebut nama jadi agak ga enak body nih hehehee, soalnya setelah makan punya Gula Jawa, suamiku yang dulunya penggila tuh sambal sekarang jadi lebih suka sambal Gula Jawa hihihi, “Lebih enak ini ma”, katanya. Dan sejak itu tiap pesan makanan di Gula Jawa pasti pesen sambalnya sekalian minta yang buanyak.

nasi kotak jakarta

nasi kotak udang crispy

sambal enak jakarta

Stok Sambal gula Jawa di kulkas – suami ketagihan

Sampai sampai, saat kita pulang ke Surabaya pun suami sudah tak lagi borong sambal untuk dibawa ke Jakarta, karena sekarang di Jakarta sudah ada yang lebih dia suka katanya hihihi. “Sekarang ga usah repot repot bawa sambal dari Surabaya. Beli makanan dari Gula Jawa sudah dapat sambal yang wenak”, katanya. Sambal Bawang ini selain ada di nasi kotak Udang Crispy juga ada di nasi kotak lainnya. Jadi jangan kuatir, karena banyak pilihan menunya hihihi.

Nasi Kotak Pecel dengan Empal Suwir

Empal Pengampon !!! Yang suka kulineran di Surabaya pasti tahu hidangan legendaris asal Surabaya ini. Berbeda dengan empal gepuk khas bandung atau empal empal lainnya, empal ini di suwir suwir. Dengan bentuk yang di suwir ini, bumbunya sangat menyerap sempurna dan empuknya maksimal. Ini enak banget !!!

empal pengampon

nasi kotak pecel dengan empal suwir

empal pengampon

empalnya enak, jadi suka beli kiloan juga untuk di stok dirumah

Lagi lagi saya terpukau. Karena tak hanya menyuarakan rasa Surabaya. Bahkan rasanya ini lezaaaattt banget. Entah karena kelamaan ngga makan yang di Surabaya jadi ini berasa enak banget. Atau ini memang ini sangat enak hohoho tampaknya anda harus membuktikan sendiri. Buktikan, enak mana empal suwir Gula Jawa dengan yang aslinya di Surabaya.

Lagi lagi saking suka, saya juga suka memesan dalam kemasan kiloan. Saya masukkan kulkas dan dipanaskan dengan cara masukkan rice cooker sebentar sesaat sebelum dimakan atau langsung goreng sebentar masukkan minyak panas dan langsung di angkat. Hasilnya??? Suami saya lebih suka jika di goreng karena dia apapun suka yang kering, sop buntut juga buntutnya minta di goreng, sop iga juga iga di goreng. Nah jika saya dan zara, tetap lebih suka yang basah hanya dipanaskan di rice cooker. #inimasalahselera

Apa kata Kru Shooting tentang Gula Jawa???

Kata teman yang orang Betawi, “Enak ya, bumbunya legit nendang”, kata teman yang berdarah Jawa Tengah, “Enak nih, jadi berasa di Surabaya”, kata teman yang orang Jawa Tengah juga, “Jowo banget, enak”.

Oya karena Gula Jawa juga melayani  catering kantor harian, maka kadang menunya bisa berbeda. “Buat pelanggan yang harian kan ngga mungkin tiap hari nasi kotaknya cuma 3 macam itu. Jadi ya kadang masak yang lain juga”. Wohooooo dan saya adalah salah satu orang yang sering nanya, “Lagi masak apa?” dan saya ikutan memesan hahahaaa. Beberapa yang pernah saya pesan adalah Pepes Ikan khas Surabaya (bukan khas Sunda) dan Lumpia Surabaya-nya. Wenaaaaakkkk tok isine. Asli. Nageeeeeeh.

lumpia surabaya

Lumpia Surabaya

Yuk mariii wong Suroboyo yang ada yang di Jakarta, puaskan kerinduanmu akan kampung halaman dengan aneka nasi Kotak khas Gula Jawa. Menu lengkap nan enak ini juga harganya hanya 30-35ribuan saja sekotaknya. Pesan banyak atau sedikit monggo langsung di koordinasikan dengan pihak Gula Jawa.

Pemesanan : Delivery Order Only (belum ada restonya) – Telp / whatsapp 08159113540 – FB : Gula Jawa Sweet – IG : @gulajawasweet

    1. Nining October 15, 2016
    2. Indah Primadona October 17, 2016
      • Catur Guna October 17, 2016
    3. Ety Abdoel October 17, 2016
      • Catur Guna October 17, 2016

    Add Your Comment