Sayur Asem 200.ooo IDR/ porsi – Mie Tek Tek 300.ooo IDR/ porsi – WOW

jakarta seru makan di oasis restaurant

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya berjudul Rijsttafel (jika belum baca klik disini untuk membaca). Nah usai menikmati hidangan penuh pesona bernama Pelayanan ala Rijsttafel 500.ooo IDR/ orang, saya juga mencoba hidangan lain yang nggak kalah heboh, yaitu Sayur Asem seharga 200.ooo ++ dan Mie Tek Tek seharga 300.ooo IDR ++. Kenapa ada ++ nya? Karena harga ini belum termasuk biaya lain lain 21%.

Nah, jika di artikel 2 minggu yang lalu saya pernah menuliskan tentang Kenyang puas makan sayur asem khas betawi seharga 3.000 IDR, maka kali ini saya ajak anda nyobain sayur asem jawa seharga 200.ooo ++ xixixiii… Nah jika di artikel sebelumnya saya juga bilang ngga pernah doyan dengan namanya sayur asem jawa karena rasanya yang nano nano, manis asem pedes, maka takjublah saya, karena inilah pertama kali saya doyan dengan sayur asem jawa. Hhahaa entah karena tersugesti harga yang udah kadung mahal, atau terbawa suasana yang mewah ini, yang jelas saat makan tuh sayur asem, saya nyaris menghabiskannya hingga mangkuknya pengen saya bawa pulang hahahaa.

Rasa sayur asem disini berbeda sekali. Kacang yang biasanya di sayur asem dimana mana, rasanya melempem, disini bisa gurih banget. kressss ketika digigit. Lalu kuahnya biar pun ada manisnya, tapi lebih tertutup oleh rasa asem yang seger. Dan karena ngga ada pedesnya, maka rasanya juga tidak senano nano sayur asem biasanya. Dan yang bikin saya semlohai adalah adanya Udang King Prawn!!! Jiaahhh udang segede gaban ini nongol di tengah lautan kuah berwarna coklat hahahaa … sontak saya kegirangan dan “Pantes mahal. Pakenya udang gaban gini hahhaaa”. Sayur Asem ini rekomendasi deh.

sayur asem termahal di dunia

Nah, hidangan ke dua yang saya coba adalah Mie Tek Tek. Biasanya mie tek tek saya beli seharga 7.ooo IDR atau paling mahal 12.ooo IDR di tukang gerobakan. Nah disini kita kudu keluar duit 300.ooo belum termasuk ++21%. Hadeuh … ada kejutan apakah di mie tek teknyaaaa????

Waakkakaa ternyata jika sayur asemnya berisi King Prawn, Mie Tek Tek ini lebih heboh lagi, isinya pake Lobster ukuran dumbooo!!! Ladulah .. pantes mahal. Dan soal rasa??? Nyaris persis dengan Rasa Mie Tek Tek Abang abang gerobak, cuma karena ada lobsternya, mie tek tek ini jadi wangi banget. Rasanya pun jadi lebih gurih dan seolah ada rasa manis alami dari lobster yang segar. Wooowww … nikmatttsss …

mie tek tek terenak di jakarta

Di artikel sebelumnya sengaja saya ngga bahas sejarah resto ini yang juga layak diperbincangkan. Nah inilah saatnya saya angkat bicara. Oasis ini bisa dibilang salah satu resto tertua di Indonesia yang masih tetap bertahan dengan gengsinya yang apik. Bangunannya sendiri masih asli dengan ornamen yang tetap dijaga. Bangunan ini dahulu adalah rumah pribadi F. Brandenburg van Oltsende, sang jutawan rempah rempah yang dibangun pada tahun 1928. Kemudian baru difungsikan sebagai resto dengan nama Oasis pada tahun 1968.

Ruang Utama digunakan sebagai Ball Room resto, sedangkan kamar kamar yang besar digunakan sebagai private room yang dapat digunakan untuk acara keluarga, bisnis dan menjamu tamu kenegaraan. Diarea paling belakang terdapat Taman dengan patung patung yang indah. Tujuan dari resto ini sendiri adalah melestarikan makanan Indonesia dengan cara mengangkat derajat masakan pinggir jalan/ kaki lima. Seperti Mie Tek Tek dan Sayur Asem yang sudah saya coba tadi. Tentunya selain makanan ini masih banyak sekali hidangan lain yang mesti di coba lain kali.

Oya jika anda memesan private room, jangan kuatir nggak dapat live music, karena penyanyi dengan pakaian adat akan menghibur anda dengan suara emas mereka. Mau lagu daerah, pop hingga nostalgia dan luar negeri, tak masalah.

————————————————————————————————–
Nama Restaurant : Oasis Restaurant
Alamat : Jl. Raden Saleh Raya no 47, Jakarta Pusat (tidak jauh dari RS Cikini)
No Telp : (+6221) 3150646
Buka : 11.00 – 15.00 lanjut 19.00 – 00.00 (hari minggu tutup)
Kategori : Fine Dinning Restaurant
Range Harga : 200.ooo IDR – 500.ooo IDR
—————————————————————————————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com
  • Add Your Comment