Sajian Kuliner Langka pada Gelar Pesta Masakan Solo

menjelaskan cara makan kudapan khas solo

Coba sebutkan masakan khas Solo yang anda tahu. Hm … bisa jadi semua yang anda sebut, ada pada pagelaran Pesta Masakan Solo yang diselenggarakan oleh Rumah Makan Dapur Solo Jakarta. Untuk menyambut HUT Kota Solo ke 269 ini, Dapur Solo juga turut memeriahkan dengan jalan mengeluarkan semua hidangan khas Solo, baik yang ada dalam buku menu, mau pun yang akan dimasukkan ke dalam buku menu, termasuk beberapa sajian Langka yang di Solo-nya sendiri sudah susah di cari. Woooww — sounds seru ya … Maka ini dia cerita selama acara berlangsung.

Kudapan Langka Khas Solo

Brambang Asem, Cabuk Rambak dan Bubur Lemu. Pernahkan anda mendengar nama makanan ini? Jika belum, anda telah berada pada jalur bacaan yang tepat. Hohoooo .. karena salah satu visi misi acara ini memang untuk melestarikan hidangan khas Solo, so … ketauilah, ketiga nama yang saya tulis tersebut, adalah 3 masakan yang nyaris punah di kota Solo-nya sendiri. Dan ketiga tiga nya itu ada di Pagelaran Pesta Masakan Solo ini.

brambang asem kuliner khas solo

Brambang Asem, merupakan salah satu best choice dari para tamu undangan. Kudapan yang terbuat dari daun ketela ubi rambat ini, memang tampak hijau segar menggiurkan. Apalagi tambahan nama Brambang (bawang merah) dan Asem yang menempel, membuat pikiran jauh melayang pada rasa yang segar dengan aroma yang melekat di lidah. Ketika di makan, hmmm daun ini memiliki tekstur lembut dan empuk. Nama Brambang Asem-nya sendiri ada berkat bumbunya yang memang mengutamakan bawang merah dan air asam jawa yang kemudian di beri gula kelapa dan cabe. So, rasa asam manis dan pedas yang tipis, cukup terasa menggetarkan lidah. Oya, sajian ini paling sedap dimakan dengan tempe gembus yang dimasak bacem.

cabuk rambak kuliner khas solo yang mulai langka

Cabuk Rambak adalah hidangan ke dua yang mendapat sambutan luar biasa.Tampilannya sangat sederhana, putih berlumur coklat dengan krupuk gendar di sisinya. Yaa … putih adalah lontong dan coklat adalah saus wijennya. Done!!! Tapi biar simpel, ternyata rasanya sangat kaya rasa dan sehat tentunya. Saus yang terbuat dari wijen sangrai tumbuk yang dibumbu bawang putih, kencur dan kemiri + sobekan daun jeruk ini memiliki rasa lembut, sekaligus tajam. Sensasi yang luar biasa. Biar tidak pakai lauk, tapi sangat memuaskan dan sangat setuju jika hidangan ini harus dipromosikan ke kancah Internasional.

bubur lemu khas solo

Bubur Lemu. Berbeda dengan bubur lemu di belahan kota lainnya – bubur lemu di kota Solo bukan terbuat dari tepung beras yang disiram kuah santan dan gula jawa. Melainkan bubur yang terbuat dari beras dan dimakan dengan opor, sambel goreng krecek, atau sambel tumpang. Lauknya ayam atau telur atau ke duanya. Hmmm .. kenapa lemu? Karena memang semua personel dalam semangkuk bubur lemu, diolah dengan santan yang identik dengan lemak. Rasanya? Jangan ditanya. Lezat banget!!! Bubur yang dimasak dengan santan, rasanya sangat gurih, dimakan bubur doang aja udah enak. Opornya ngga terlalu medog dan ketika dibaurkan dengan sambal kreceknya, aduiiiiii mantab banar.

Ketiga kudapan diatas memang saat ini belum ada di Daftar Menu Dapur Solo. Namun melihat animo yang luar biasa dari para undangan. Sebagai perwujudan melestarikan hidangan khas Solo, ke depan ada pertimbangan untuk memasukkan kudapan tersebut ke dalam daftar menu, entah sebagai menu harian atau sebagai menu HARI INI.

bubur jagung khas dapur solo

Selain ketiga kudapan yang nyaris punah tersebut, disini juga disajikan Bubur Jagung. Bubur ini terbuat dari jagung manis rebus yang disatukan dengan mutiara yang berwarna pink cantik. Kolaborasi menarik ini kemudian disiram kuah santan. Rasanya??? Woooww — nyaris semua peserta suka dan mengatakan “Ini rekomendasi”. Bubur Jagung ini sendiri merupakan andalan untuk catering Dapur Solo. Waahhh … ini baru kudapan loh hoohooo.Hehehee masih ada kelanjutannya, yaitu cerita tentang Aneka Hidangan khas Solo di Pesta Masakan Solo.

Untuk melihat serunya acara pesta masakan solo ini, bisa lihat videonya yang tayang di NET TV, klik disini untuk melihat.

Artikel tentang PESTA MASAKAN SOLO ini terdiri dari 3 artikel – untuk melihat langsung klik saja:
2. Sajian Kuliner Langka pada Gelar Pesta Masakan Solo
———————————————————————–
Acara ini di konsep oleh tim jakartaseru.com
———————————————————————–
Lokasi Acara : Rumah Makan Dapur Solo
Alamat : Jl. Panglima Polim I no 95 Jakarta Selatan
Telp : 021. 7222 311
 
 
RESTAURANT DAPUR SOLO LAINNYA :

Pusat JAKARTA UTARA
Jl. Danau Sunter Utara R 35-37
T : 021. 640 5812

JAKARTA UTARA II
Jl. Danau Sunter Utara No. 7 Sunter II
T : 021. 296 15 353

SERPONG
Ruko Melati Mas Square Blok A1 No. 22-23
Jl. Raya Serpong – Tangerang
T : 021. 5315 0505

———————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com

  • Add Your Comment