Ron’s Laboratory – Fresh Gelato in 3 Minutes

rons laboratory

Tampak dari depan, Ron’s Laboratory sama sekali tidak mirip kedai Gelato mana pun yang pernah saya jumpai. Disini sama sekali tidak ada display produk yang biasanya menjadi andalan kedai es lainnya untuk memikat hati calon pembeli. Kebayang donk, gelato warna warni dengan tampilan display yang sengaja dibuat tidak rapi supaya tampak benar benar lembut dan fresh baru dibikin.  — treng teng toeeenggg ...  Gelato disini ternyata bukan sekedar “Fresh nih baru dibikin hari ini” – tapiiiiiiii “Gelato disini baru dibuat sesaat setelah anda order” – hah??? Maksudnya???

cafe unik jakarta

fresh gelato

cafe mirip laboratorium

Yaaa … banyak yang unik di Ron’s Lab ini. Tak hanya para pekerja semuanya pakai baju laboratorium seolah mereka adalah para pakar kimia. Namun, kondisi dapur yang open kitchen ini juga selalu dipenuhi kepulan asap. So,buat saya tentunya ini lebih menarik daripada sekedar pajangan Gelato – xoxoooo … mungkin itu juga yang ada dibenak para pengunjung lainnya ya. Karena saya perhatikan, Ron’s Lab ini biar pun jualannya cuma gelato dan kopi, tapi ramai lancar alias ngga pernah sepi. Bahkan kalau sabtu atau minggu, waahhh siap siap aja antri ngga dapet tempat duduk.

Ahaa .. kembali pada Gelato yang baru dibuat sesaat setelah order. Yuppp … memasuki Ron’s Lab, saya langsung teringat pada acara TOP CHEF Amerika. Itulah pertama kali saya melihat orang membuat ice cream dalam beberapa detik saja. Bahan bahan seperti cream dan susu dimasukkan dalam wadah kemudian di mix dan semproootttt dengan pendingin yang bersuhu minus 160 derajat. Dalam sekejap cairan pun berubah menjadi padat dan siap dihidangkan pada juri.

Naahhh … inilah yang terjadi di Ron’s Lab. Tidak ada display Gelato, karena memang Gelato disini semua masih dalam bentuk bahan mentah. Baru ketika ada yang memesan, Gelato diracik sesuai dengan order, di mix dan semproootttt jadilah padat dan siap disantap pelanggan. Karena pembuatan yang dadakan ini pula, pengunjung bisa request rasa dengan membawa bahan sendiri dari rumah. Misal, pelanggan suka banget brownies, maka bisa membawa bronies dari rumah untuk di mix dalam gelato-nya. Atau pelanggan ingin coba coba – makan ice cream rasa bawang putih *buat bala ngusir dracula – kasih aja bawang putihnya sama sang peracik dan nanti akan datang di hadapan anda Gelato rasa bawang putih. Tapi karena itu adalah request anda, maka soal rasa tentunya pihak Ron’s Lab ngga nanggung ya hahhaaa … ya elu sih aneh aneh, gelato rasa bawang putih. *just kidding – tapi beneran loh, kalau pun anda lagi puyeng dan pengen nyoba yang aneh aneh, boleh kok bawa bumbu dapur kesini untuk dijadiin rasa gelato anda.

gelato enak di jakarta

gelato rons laboratory grand indonesia

Oke, setelah puwas jepret jepret, saya mulai mencicip 2 gelato yang ada di hadapan saya. Namanya The Breakfast, berisikan ice cream vanila dengan rasa nuttela dan crunchy corn flake + saya minta tambahan suntikan cappucinno. Waawww rasanya fantastis!!! Inilah yang saya suka dari Gelato, tak hanya rasanya so pasti jauh lebih segar daripada ice cream pabrikan, tapi juga dari segi kelembutan dan rasa yang penuh. Gelato disini memang dibuat secara kilat, untuk itulah konsekuensinya juga adalah lebih cepat meleleh. Dan saat lelehan itu menyentuh lidah, seluruh rasa seolah melekat pada dinding mulut dan lidah. Aduiiiiii … Vanila yang tak sekedar essence ini pun terasa pas berpadu padan dengan cappucino yang kuat. Waaahhhh – sampai pulang pun rasa gelatonya seolah masih terbayang.

Ice ke dua yang saya cicip sedikit (colek dikit boleh donk), Peanut Butter Gelato dengan suntikan rasa strawberry. Sama sama enaaak. Tapi karena lidah sudah kadung kena vanila dan cappucino, si peanut butter ini jadi terasa lebih ringan daripada The Breakfast. Yang bikin gemes adalah ketika injeksi strawberry mulai disemprot dan membaur dengan gelato-nya, widiihhhh rasanya imut banget!!! Dunia berasa jadi ceria hahaha – sangat berbanding terbalik dengan The Breakfast Cappucino yang cool, si strawberry ini seolah mengajak dunia lidah saya berdansa sejenak.

Aaaahhh tapi denger denger nih ya – Gelato disini suka diganti ganti rasanya. 1 bulan 2 menu dihilangkan dan diganti dengan yang baru. Jadi bisa aja, bulan depan atau kapan anda kemari, menu yang saya coba ini sudah ngga ada. Dan berarti saya pun kudu sering sering kesini donk ya buat terus nyobain rasa baru dari Ron’s Lab hohohooooo … mauuuuuuu!!!

narsis di rons laboratory

Untuk melihat foto foto unik lainnya saat saya di Rons Lab dan tentunya info lain yang belum sempet saya bahas disini, klik di artikel saya selanjutnya yang berjudul Rons Lab Sajian Gelato Molescular Gastronomy.

——————————————————————
Nama Cafe : Ron’s Laboratory
Alamat : Grand Indonesia West Mall 5th floor ED2-12B
             Jl. MH Thamrin no 1
Kisaran harga : 55.ooo IDR
Telp : (021) 98782192
Buka :10:00 am – 12:00 am
——————————————————————-
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com