Review Buku – Kyaraben Bento Kreatif Pristina Gosana

Senang sekaliiii ketika menerima paket berisi buku bento berjudul Kyaraben Bento Kreatif ini. Yeah, sudah 5 bulan lamanya saya menanti buku ini (mulai dari ketika Bu Pristy cerita ia sedang membuat buku sampai dengan terbit perdana pada Januari 2015) dan yeaahhhh buku ini sekarang ada di tangan saya.

Mengapa saya begitu menggebu? Karena saya percaya, Bu Pristy (panggilan untuk Pristina Gosana) pasti akan menghasilkan karya yang luar biasa. Mengingat ia adalah seorang yang sangat 3T1K : Tekun, Teliti, Tulus dan Kreatif. Dan ternyata betul, bukunya dimulai dari cover sampai halaman terakhir, terasa betul passion dan cinta di dalamnya. Kesimpulan saya pun “Inilah buku bento yang wajib anda miliki”

buku-kyaraben-bento-catur-g

——————————

Bento-ing is all about making a smile in every lunch box and creating happiness”, ini merupakan quote dari Pristina Gosana yang paling saya suka di Buku Bento pertamanya ini.

Sesuai dengan Quote-nya, Buku Kyaraben Bento Kreatif ini tampil ceria dan penuh dengan kebahagiaan. Membuka tiap halamannya saya merasa dibawa ke Negeri Sakura, tempat dimana Bento mulai di kenal Dunia. Yes, cara Kriya Pustaka mengkonsep buku ini, nyaris menyerupai cara buku bento yang banyak beredar di Jepang. Begitu detail tak hanya kata kata, melainkan juga gambar dan banyak sekali contoh juga resep plus tips yang dibagikan.

See, penjelasan tak hanya tentang bagaimana cara membuat hiasan bento, melainkan dimulai dari :
– Pengetahuan tentang istilah istilah bento seperti : Puncher, Cutter, Food Cup dan lain sebagainya
– Bahan bahan yang banyak digunakan untuk Mem-Bento
– Teknik Dasar Bento seperti membuat Telur untuk Bento
– Cara Menyusun Bento : Nas, Pasta, Roti dan Snack
– Resep Bento : Lauk, Pelengkap dan Sayuran

buku-kyaraben-bento-4 buku-kyaraben-bento-resep buku-kyaraben-bento-1 buku-kyaraben-bento-teknik buku-kyaraben-bento-tips buku-kyaraben-bento-nasi buku-kyaraben-bento-2

Buku ini tak hanya cocok untuk pemula yang baru ingin belajar, namun juga dapat mejadi inspirasi bagi mereka yang sudah sering membuatkan bento untuk anak anaknya. Mengapa? Karena banyak tips dibagikan disini. Dan .. saya baru sempat mempraktekkan 1 resep (namun dengan bahan seadanya saja karena begitu buku tiba, tiba tiba Zara minta dibuatkan spaghetti gambar orang seperti yang ada di buku.

Tlaalalaa… membuat bento tak semudah memandang. Kenyataanya dibutuhkan ketelitian, kesabaran  dan kreatifitas sangat tinggi untuk menghasilkan sebuah bento contekan sekalipun xaxaxaa… Tapi karena zara sangat senang sekali, maka saya akan terus belajarrrrr!!!

“Ih mama hebat banget ci, bisa bikin mie orang. Cini peyuk Mama”, kata Zara begitu tulus ketika bentonya jadi xaxaxaa… #netesairmatabuaya . Dan setelah makan, Zara langsung buka buka buku lagi dan bilang “Mama becok zala mau yang ini”. “Oke zara !!!”

bento-zara-nugroho

Thanks Buku Kyaraben Bento Kreatif, berkat buku ini saya bisa membahagiakan anak dengan cara yang murah dan membuatnya semangat makan. Yeaahhh !!!

Tentang Perkenalan saya dengan Penulis Buku Kyaraben Bento Kreatif ( Pristina Gosana )

bento-catur-guna

Saya mengenal Bu Pristy tahun 2010 secara tak sengaja. Saat itu saya sedang nge-fans berat dengan apapun yang berbau Jepang dan tiba tiba kawan saya, Jiewa (pemilik www.inijie.com ) menulis tentang Bu Lia pemilik www.mybentolicious.com dan saya langsung jatuh cinta. “Jie, mau dong kontak bu Lia”. Tak sampai seminggu saya pun sudah berada di rumah Bu Lia dan kutulislah artikel tentang Bento Bu Lia di web saya www.wisataseru.com .

Tak disangka animo sangat besar, traffic web menanjak tajam. Banyak email dan comment yang masuk (bahkan sampai hari ini masih terus masuk email yang bertanya kontak Bu Lia). Sayang Bu Lia memang tidak membuka kursus. Ia sering kedatangan teman di rumahnya untuk belajar bento, tapi ia tidak mau dibayar. Ia memang hanya ingin menfokuskan dirinya untuk keluarga, sehingga tak ingin terikat dengan ‘kalimat’ bernama ‘Saya mau kursus’.

Setelah membujuk cukup lama dan memberitahu Bu Lia bahwa banyak sekali email masuk yang ingin belajar bento, akhirnya Bu Lia setuju untuk menjadi pelatih bento selama 3 jam di acara saya, Gathering Wisataseru.

bento-bu-lia bento-karya-bu-lia

Dan Oh No … 1 minggu menjelang acara, tiba tiba saya mendapat telepon dari Bu Lia, “Yuyun, saya sabtu ini harus ke Singapore menemani suami untuk perjalanan bisnis. Maaf ya, makanya ini saya tidak mau terikat dengan janji, karena takut ada acara tiba tiba seperti ini. Bolehkan digantikan oleh teman saya? Dia baik sekali dan juga pandai membuat Bento. Dia pasti mau, karena dia punya usaha Bento. Saya rasa ini baik buat dia juga untuk mengembangkan bisnisnya. Kalau saya kan tidak ada kepentingan bisnis, kasihan juga nanti selesai workshop ada yang mau lanjut dan ternyata saya tidak bisa memberi kursus”.

Dan yuhuuuu … saya pun langsung telepon teman rekomendasi Bu Lia, Pristina Gosana. Dan “OK”. Hmm.. kebetulan selain punya web, saya juga bekerja di Global TV bagian berita kuliner. So, karena saya rasa tak ada waktu lagi untuk menemui Bu Pristy, maka supaya bisa membahas soal workshop saya minggu depan, saya pun beralasan dengan kantor, hendak meliput bento lagi.

Dan yes, saya dapat izin. Akhirnya saya pun sekali mendayung 2 pulau terlampaui. Saya dapat liputan untuk kantor saya dan juga sekaligus bisa ketemu Bu Pristy untuk membicarakan konsep acara yang tadinya saya kemas untuk Bu Lia. Dan diluar dugaan, Bu Pristy sudah sangat piawai mengajar. Ia telah menyiapkan semua diktat yang diperlukan dan ia begitu sigap dan tenang menghadapi peserta bento yang membludak. Untuk membaca artikel tentang kegiatan Bento pada tahun 2010 silam, klik disini.

bento-gathering-wisataseru bento-gathering

3 hari menjelang hari H, saya mengirimkan email tentang konsep acara saya ke redaksi news TV TV nasional. Tak disangka, pada hari H datanglah 5 stasiun TV : Trans TV, MNC TV (dulu TPI), RCTI, Global TV, SCTV. Hasilnya? Dalam sehari itu wajah Bu Pristy menghiasi 5 TV sekaligus.

Dan sejak hari itu, saya sangat kagum karena kariernya bersama usahanya Little Bento House terus berkibar luar biasa. Ia pun tetap menjadi orang yang bersahaja dan terus belajar. Hal ini terbukti dari koleksi buku bento nya yang semakin berjajar dan kreasi bentonya yang semakin mutakhir. Dan hari ini, ia menelurkan sebuah buku yang luar biasa untuk para Ibu Ibu yang rindu belajar Bento.

Setiap kali ia mengupload pesanan cateringnya di FB, saya sering terpana. Hah??? Bento selucu dan sebanyak itu ia kerjanya hanya dengan tim kecil, bahkan kadang ia kerjakan sendiri sampai tidak istirahat berhari hari. Dedikasi yang luar biasa, semoga kelak bisa menjadi duta bento Indonesia (ayoo kedutaan Jepang, adakan duta duta kerajinan), yeaaahhh … 🙂

 

 

  • Add Your Comment