Resep Steam Ikan HongKong

Ini merupakan resep andalan di rumah. Setiap makan steak ikan Hong Kong ini, selalu saja ada kepuasan kesegaran tersendiri. Karena bahannya simple, masaknya gampang, ngga banyak cucian dan rasanya standart restaurant bintang 5. Luar biasa … Resep ini saya dapat dari http://foodloverscreations.blogspot.com dengan sedikit modif dari saya. Termasuk merek kecap asin yang saya tulis dibawah ini adalah merek kecap asin yang sudah sesuai dengan lidah saya.

*selera tiap orang bisa berbeda beda. Untuk itu anda mungkin bisa mengganti merek kecap asin-nya yang sesuai selera anda.

Bahan :
1 Ikan Segar (Ikan Krapu, Ikan Malas, Ikan Kakak Tua, Ikan Gurame, Ikan Nila)
2 ruas jahe (di potong korek api)
2 batang daun bawang di iris lebar lebar
5 lembar daun ketumbar (boleh diganti seledri atau kadang saya pakai parsley)
3 sdm minyak goreng / olive oil

Saus:
3,5 sdm shouyu merek kikkoman / kecap asin merek Lee Kum Kee
1/4 sdt kaldu ayam bubuk #optional (ga pakai gapapa)
50 ml air putih
1,5 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Ikan : Potong Ikan model butterfly atau dibelah 2, bersihkan ikan dengan air mengucur. Kemudian letakkan ikan pada wadah. Lalu peras jeruk nipis dan lumurkan pada seluruh bagian ikan. Selanjutnya, oleskan jahe yang telah diparut keseluruh bagian ikan juga dan terakhir adalah taburkan setengah resep potongan daun bawang dan beberapa lembar daun ketumbar. Selesai, tinggal masukkan ikan ke dalam kukusan / steamer kira kira 15-20 menit

2. Setelah ikan matang, bersihkan dan buang air yang ada di wadah. Pindahkan ikan ke piring saji dan percantik dengan irisan jahe, daun bawang dan ketumbaruntuk garnis. Setelah itu buat sausnya.

3. Saus : Campurkan shouyu/kecap asin, kaldu ayam bubuk dan air, juga gula. Aduk rata kemudian rebus sampai mendidih. Dalam keadaan panas langsung siramkan ke ikan yan sudah ditata di piring saji. Kemudian langsung panaskan minyak goreng, begitu panas langsung siramkan juga ke atas ikan. Jangan kaget, ketika minyak panas ini mengenai ikan, akan langsung terdengar bunyi ceeesssss yang merdu sekali. Tak lama setelah suara ini terdengar, maka keseluruhan aroma harum steam ikan ini akan membuat anda tak tahan untuk segera menyantapnya .

———-

Note : suatu hari pernah saya iseng masak dengan irisan cabe merah dan rasanya jadi kurang enak hehee.. jadi kalau ingin tampilannya cantik ada merahnya, buat garnis aja hehehe ga usah dicampurkan saat memasak

resep-steam-ikan-hongkong

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

    1. Dedy@Dentist Chef October 22, 2014
      • Administrator October 22, 2014

    Add Your Comment