Resep Sop Kepala Salmon #souprecipe

Ini adalah menu murah meriah sehat enak. Murah??? Salmon??? Yes,… Daging salmon memang mahal, tapi kepalanya murah banget. Segede ini harganya cuma 17.000 rupiah saja di Supermarket. Rasanya juga enak dan sehat. Jadi??? Kalau lihat kepala salmon di pajangan langsung sikaaatt saja. Soalnya selain dimasak dengan resep ini, digulai dll juga enak.

Saya dan suami jika memasak dengan resep ini biasanya menyajikan ikan salmon ini terpisah dari kuah. Kuahnya diseruput sendiri. Enyak segar.

Oya, salmon ini saya masak sampe kepala salmon hancur. Jadi cukup lama juga sekitar 40 menit direbus dengan api kecil sambil diawal dibersihkan kotoran ikan (busa) pada kuahnya biar ga bau amis. Oke ini dia resep dan cara memasak kepala ikan salmon ala saya

1 kepala salmon
1,5 liter air

Bahan cemplung:
4 bawang putih utuh
4 bawang merah utuh
2 sereh geprek
3 cm jahe geprek
3 cm lengkuas geprek
4 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk sobek sobek

Bahan tambahan:
2 daun bawang potong besar
1 ikat kemangi
1/2 butir jeruk nipis

Garam, gula, merica secukupnya

Cara membuat :
Rebus air dan bahan cemplung sampai mendidih. Masukkan kepala salmon yang sudah dibersihkan bagian dalamnya. Rebus sampai sangat lunak, saya biasanya 30-40 menit (sampai ikan sangaat lunak)

Setelah lunak masukkan garam gula dan merica sampai dirasa enak. Lalu masukkan daun bawang dan kemangi sesaat sebelum api dimatikan.

Semoga sukaaa ya. Dan yuk di share juga resep kepala ikan ala kalian. Nanti saya coba coba juga.

    1. Irawati Hamid March 13, 2016
      • Catur Guna March 16, 2016
    2. Hastira March 13, 2016
    3. Fanny f nila March 13, 2016
      • Catur Guna March 13, 2016
    4. Winda Carmelita March 13, 2016

    Add Your Comment