Resep Pudding Buah Susu

resep pudding susu enak

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, saya sudah mulai mencoba bikin pudding sendiri, *gaya diawal artikel hahahaa.Kenyataannya : saat itu sampai dengan menikah, saya hanya bisa membuat pudding berdasarkan resep dibelakang bungkus agar agar / pudding instan yang kubeli jiakakakaka … *jedeeeenggg tonjooookkkk cyiiinnnn

Nah, tapi sejak punya anak, saya mulai berani bikin tanpa resep pakem dari buku atau dari panduan belakang bungkus agar agar. Dan rasanya ternyata wenak dan malahan saya bisa bilang lebih enak dari pudding pudding yang dijual di pasaran. Ini dia pudding kreasi saya … orisinil cyiinnnn …

resep pudding strawberry

resep pudding buah kiwi

RESEP PUDDING BUAH SUSU

*Noted : di resep ini saya hanya menggunakan 1 bungkus agar agar merek Swallow dengan berat 7 gram (plain) – maka jika di resep ada istilah 2/7 gram agar agar, maksudnya adalah 2 dari 7 gram bubuk agar agar.

 

Bahan dan Langkah I :
2/7 gram agar agar swallow
200 ml air nata de coco
2 sendok makan gula pasir
aneka macam buah yang diinginkan
(saya suka pake strawberry, anggur, kiwi dan nata de coco … bebas deh)

Cara membuat :
Tata buah pilihan anda dalam loyang / cetakan pudding. Kemudian Siapkan panci, masukkan air + agar agar dan gula. Aduk sebentar lalu nyalakan api kekuatan sedang. Aduk terus sampai mendidih, matikan. Tuang ke loyang yang telah di beri aneka macam buah segar.

 

Bahan dan Langkah II :
4/7 gram agar agar swallow
500 ml susu cair full cream
100 ml susu kental manis (kalau suka manis ya ditambah lagi)
1 sdm tepung maizena (cairkan dengan susu cair sedikit)
Kadang kalau ada sisa buah, kupotong potong kumasukin sini juga

Cara membuat :
Jika adonan I sudah agak mengeras bagian atasnya (jangan sampe keras semua yah .. kalau pudding udah terlalu dingin, nanti ngga nempel loh antar puddingnya), segera siapkan panci kembali. Isi dengan susu cair dan susu kental manis + agar agar pastinya. Aduk rata lalu nyalakan kompor. Setelah agak panas, masukkan tepung maizena yang telah dicairkan.

Masukkan adonan tersebut dan terus diaduk sampai mendidih lalu matikan. Jika ada buah yang ingin dimasukkan, inilah saatnya masukin buah. Tuang perlahan adonan II ini keatas adonan I. Pelan pelan yak … takut ambrol nanti adonan I dan II – nyatu deh.

 

Bahan dan Langkah III :
1/7 gram agar agar swallow
100 ml air putih
Roti regal yang sudah dihancurkan

Cara membuat :
Remukkan roti regal, lalu tabur remahan tersebut di atas adonan II yang telah agak mengeras di loyang. Lalu bersiaplah merebus air dan bubuk agar agar tersisa. Setelah mendidih, langsung tuang keatas tumpukan remahan regal tersebut. Nuangnya yang rata yah .. pake sendok ajah. Sip .. selesai deh.

 

—————————————————————————————-
Tukang Masak : Catur Guna Yuyun ANg
My Instagram @catur_guna
FB JakartaSeru : https://www.facebook.com/jakartaserucom

 

  • Add Your Comment