Resep Lumpia Nanas Saus Strawberry

Hari itu dikantor saya ada acara ‘wajib membawa masakan dari rumah’  (acara ini diadakan sebulan sekali – dimana masakan nanti akan di share dan dimakan bersama teman teman lain yang juga membawa makanan). Dung dung dung — gara gara lembur, saya ketiduran dan baru bangun jam 6 pagi, OMG!!!! Sementara jam 7.30 saya sudah harus berangkat ke kantor. Waahhh membuat batagor siomay yang semula menjadi rencana awal – pun tampak ngga mungkin.

 

Bayangkan, saya cuma punya waktu 1 jam untuk memasak. Kalau membuat batagor berarti saya harus mengolah kacang 1/2 kilo, mulai dari menggongso sampai ngulek (maklum ngga punya blender, kan berarti harus di gerus manual). Kemudian mengolah ikan, mengukus supaya jadi siomay dan belum lagi batagornya. Hadeuuhhh!!! Sendirian dengan kompor listrik pula!!! No no nooo —

Sambil pusing, bolak balik buka tutup kulkas, akhirnya ketemu ide LUMPIA NANAS SAUS STRAWBERRY!!! Entah wangsit kepepet ya gini yaaa — hahaha — menciptakan resep sendiri akhirnya. Dengan modal nekat ga tau bakal gimana rasanya, langsung saya cacah si nanas dan saya gecek si strawberry dengan alat penumbuk. (waktu itu saya cuma membayangkan, manis nanas yang meleleh bercampur dengan milky strawberry saus pasti akan sangat lezaaattttt — hahahaaa.

Dan lagi lagi terjadi gangguan, karena ternyata kulit lumpianya cuma ada 12 biji. Wkwkwkw alhasil, saya pakai kulit pangsit yang dikulkas ada 25 lembar. Sooo .. ini malah bisa disebut pangsit nanas wkwkwkw — tapi karena lebih enak yang berkulit lumpia, maka nama pun jadi jadikan LUMPIA NANAS SAUS STRAWBERRY. Hasilnya???? Puja puji berdatangan dan luar biasa, saus strawberrynya sampai di jilat jilat sama teman, “Yuunnn kuraang, mau lagiiiii”. Hohohooo asyikkkk!!! Nah, buat yang pengen nyoba, ini dia resepnya yah :

 

Resep Lumpia Nanas Saus Strawberry ala catur guna

1 buah nanas kupas bersihkan lalu cacah kasar
7 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
kulit lumpia (pakai kulit pangsit juga enak, tapi lebih enak kulit lumpia)

Cara membuat : Masukkan nanas yang sudah dicacah kasar dalam mangkuk dan beri gula pasir, aduk sampai rata. Kemudian letakkan 1 sendok nanas di atas kulit lumpia lalu gulung dan masak dengan minyak sampai berwarna kekuning kuningan. Angkat dan lumpia pun siap dihidangkan

 

Resep Saus Strawberry ala catur guna

10 buah strawberry matang di tumbuk halus / kasar dikit gpp (bukan di blender ya)
1 sachet susu kental manis
3 sendok makan gula pasir (atau sesuai selera)
air putih sedikit saja (mungkin kira kira 10 sendok makan untuk 10 strawberry)

cara membuat : masukkan strawberry yang sudah ditumbuk hingga hancur ke teflon, beri air, gula dan susu kental manis. Didihkan sampai matang (sambil diaduk, sampai muncul letupan letupan) angka dan biarkan dingin. Ketika dingin maka saus tersebut akan mengental dengan sendirinya.

strawberry segar

Tips anti gagalnya :

1. Siapa blang mengupas nanas itu mudah. Hmmm jadi saran saya, lebih baik beli nanas yang sudah potongan.

2. Tips supaya nanas tidak gatal ketika dimakan : Kupas nanas, kemudian bersihkan nanas dari mata mata yang ada. Jika masih tertinggal dikuatirkan mata ini akan membuat tenggorokan menjadi gatal ketika memakannya. Setelah yakin bersih, balur nanas dengan garam, gosok gosok, tak usah terlalu lama (nanti asin kan gak lucu), lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih.

3. Strawberry di tumbuk saja. Kalau di blender sudah beda rasanya (sempet nyoba diblender, teksturnya jadi beda)

4. Perhatikan komposisi besarnya kulit lumpia dengan nanas yang diisikan. Jika terlalu banyak, tak hanya lumpia akan amburadul, tapi juga saat dimakan jadi kemanisan. Tapi kalau terlalu dikit, juga sepoooo hehehe jadi untuk takaran dikira kira sendiri, karena besar dan tebalnya kulit lumpia kan beda beda ya.

 

SELAMAT MENCOBA 🙂 KALAU RESEPNYA UDA DI COBA, MONGGO DIKOMENTARI YA — SIAPA TAU ADA TIPS BARU ATAU LEBIH ENAK JIKA DI MODIF BAGAIMANA … MAKASIH

————————————————————————-
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com
  • Add Your Comment