Resep Kepiting Saus Padang Lengkap dengan Tips

Resep Kepiting Saus Padang ini, rasanya sangat paten!!! Buat anda yang belum pernah memasak pun, asal mengikuti resep dengan benar, pasti akan sukses. Dan hati hati, sekali mencoba resep ini dijamin bakalan ketagian hehehee … soalnya, suami dan teman teman yang pernah saya masakin, sukaaa semua… katanya lebih enak dibanding beberapa warung seafood di Jakarta (GR.com) … Oya, sebelumnya terima kasih untuk Mbak Anne yang telah share resep ini di blognya http://annevijaya.com/ …

Saya sendiri memasak dengan resep ini sudah puluhan kali. Mengunakan aneka macam merek saus (semuanya enak) … Namun kenapa dibawah ini saya beri merek juga??? Tak lain hanya untuk mengingatkan saya, dari sekian merek yang saya gunakan saat memasak saus padang, merek tersebut telah menjadi kombinasi yang paling tepat (dilidah saya).

Jadiii .. merek tersebut tidaklah paten harus digunakan. Ini hanya catatan saya saja supaya suatu saat tidak lupa. Dan karena saya menyertakan merek dan juga menghilangkan beberapa bahan dan menambah beberapa takaran, maka tulisan SEDAP WANGI 89 MEDAN seperti tertera di blog Mbak Anne, saya hilangkan, supaya tidak menjadi masalah ke depannya. Monggoo yang mau mencobaaa …

kepiting-saus-padang

RESEP KEPITING SAUS PADANG

Bahan :
2 ekor kepiting / rajungan (seafood lain seperti cumi dan udang juga oke)
2 sdm saus tiram (Lee Kum Kee)
2 sdm saus tomat (Dell Monte)
3 sdm saos sambal (Belibis)
150 ml air (kaldu bekas rebusan kepiting)
1 sdt merica bubuk
½ sdt garam
½ sdt kaldu ayam bubuk (Knoor)
1 sdt gula pasir
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk

1 ltr air untuk merebus
5 sdm minyak goreng
1 buah telur yang telah dikocok

Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
7 buah cabe rawit merah, tumis sampai layu
2 cm jahe
1 ruas kunyit, bakar
3 buah kemiri, sangrai
10 cabai keriting merah

Cara membuat :
Bersihkan kepiting. Siapkan panci, panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan kepiting utuh. Rebus sekitar 10-15 menit. Tiriskan dan belah sesuai kebutuhan. Jangan lupa di remukkan bagian capitnya supaya nanti saat makan tidak susah.
Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama daun salam, dan daun jeruk hingga harum. Setelah harum, berturut turut masukkan, air kaldu dan bahan bahan lainnya (saus garam dll), aduk rata lalu masukkan kepiting. Setelah rasa sudah pas, masukkan kocokan telur, aduk hingga kuah mengental. ANgkat dan Sajikan.

kepiting-saus-padang-bahan-bumbu

Tips :
1. Ada yang menyarakan, saat merebus kepiting, beri daun salam dan daun bawang untuk mengurangi aroma amis kepiting. Sejak awal saya selalu merebus dengan cara ini.
2. Gunakan merica asli (butiran yang digerus sendiri) — hasilnya akan lebih strong.
3. BUmbu haluskan di uleg, jangan di blender. Rasanya lebih mantab yang di uleg
4. Meng-ulegnya harus sampai lembut, sehingga hasil bumbunya pun terasa lebih nyaman di lidah
5. Gunakan selalu sendok takar untuk memasak. Karena jika menggunakan sendok makan biasa, sendok memiliki kadar cekung yang berbeda beda.