Resep Ebi Furai Mayonaise #JapaneseFoodRecipe

Membuat Ebi Furai akan lebih enak jika menggunakan Udang Pacet atau Udang Vanname berukuran minimal size 50. Namun apa yang harus kita lakukan jika sudah ngidam dan di pasar hanya ada udang ukuran kecil? Jangan kuatir, karena Mini Ebi Furai pun juga tak kalah lezat.

Saya pribadi menyukai ebi furai yang terasa udangnya daripada rasa tepung xoxoxooo. Untuk itu kebiasaan saya ketika memasak Ebi Furai, hanya sekali saja mencelup udang ke adonan dan menggulirkan ke tepung roti. Karena berdasar pengalaman, mencelup dan menggulirkan udang sebanyak 2 kali, akan menenggelamkan rasa udangnya.

ebi-furai

resep-ebi-furai-gigitan

Berikut ada resep yang biasa saya gunakan dan menjadi favorit suami, anak juga para keponakan di rumah. Selamat Mencoba.

RESEP EBI FURAI MAYONAISE

30 Udang Kecil / 20 Udang Besar
3 sdm Tepung Terigu
1/2 sdm Tepung Beras*
1/2 sdm Tepung Tapioka*
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk*
Air
Tepung Roti

*optional : jika tidak ada tak apa apa, karena rasa juga tak terlalu banyak berpengaruh.

Cara membuat :

1. Campur tepung dengan garam, merica dan air. Air sedikit saja cukup sampai adonan kental pekat. Jangan sampai cair. Indikasinya ketika udang diangkat, tepung tetap menempel / tidak menetes netes deras.

2. Celupkan udang yang sudah dibersihkan dan dilepas kulitnya ke dalam adonan. Lalu pindahkan ke dalam wadah berisi tepung roti. Ratakan, jangan sampai ada bagian yang belum terkena tepung roti.

3. Penataan udang sebelum di goreng, sebaiknya tiap lapis diberi plastik supaya tidak menempel satu dengan yang lain.

4. Sebelum digoreng, Masukkan dalam Freezer minimal 15 menit (kalau sudah kelaparan banget, idealnya sih 30 menit hehe). Kemudian Goreng dalam keadaan beku dengan minyak melimpah (api sedang) sampai berwarna keemasan dan tiriskan. Sajikan dengan Mayonaise.

resep-ebi-furai-3 resep-ebi-furai-1 resep-ebi-furai-2

Oya beberapa orang bertanya pada saya, bagaimana caranya supaya udangnya bisa tetap lurus dan kokoh ketika sudah di goreng? Karena seringnya udang menjadi bungkuk ketika masuk dalam minyak penggorengan. Untuk tau, silahkan baca artikel saya selanjutnya yang berjudul “Tips membuat Ebi Furai supaya ketika di Goreng, udang tidak bungkuk” atau klik disini untuk membaca.

Oke semoga resep sederhana ini bermanfaat yah. Dan jangan lupa meninggalkan kritik saran dan komen untuk sebuah pertemanan yah. Terima kasih.

—————————————————————————————-
Tukang Masak : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com