Resep Cumi Saus Padang #IndonesianFood

Resep cumi saos padang ini sebetulnya adaptasi dari resep kepiting saus padang yang sebelumnya sudah pernah saya posting. Namun saya posting ulang karena bahan lauknya berbeda, yaitu menggunakan cumi / sotong.

Oke, mariikk ikuti saja resepnya dan inilah dia resep saus padang andalan di rumahku. Oya terkadang suami juga hanya memakan saus ini dengan telur bulat sudah maknyus (ketika cumi sudah habis tapi bumbu masih banyak, suka saya simpan dan jam makan berikutnya saya jadikan lauk baru yaitu telur bulat saus padang xaxaxaaa #pengiritan). Selain suami, tetangga dan teman juga keluarga besarku, mengatakan resep ini maknyus.

resep-cumi-saus-padang

Noted : Merek saus yang saya cantumkan bukanlah iklan. Saya sudah lebih dari 10x masak dengan resep ini memakai saus merek yang berbeda beda. Dan sementara ini yang paling enak adalah kombinasi dari saus saus ini. So saya tuliskan hanya untuk sekedar mengingatkan saya jika lain kali masak lagi. Ini hanya masalah selera lidah. Dan monggo beri masukkan saya jika anda juga mencoba dan ternyata ada kombinasi merek yang lebih enak. Tolong dikabari ya di komen. Makasih.

RESEP CUMI SAUS PADANG

Bahan :
10 cumi (ukuran besar)
2 sdm saus tiram (Lee Kum Kee)
2 sdm saus tomat (Dell Monte)
3 sdm saos sambal (Belibis)
150 ml air
1 sdt merica bubuk
½ sdt garam
1 blok kaldu ayam
1 sdt gula pasir
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk sobek sobek buang batang tengahnya

5 sdm minyak goreng
2 telur kampung dikocok

Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
7 buah cabe rawit merah, tumis sampai layu
2 cm jahe
1 ruas kunyit, bakar
3 buah kemiri, sangrai
10 cabai keriting merah

Cara membuat :
1. Bersihkan cumi, hilangkan tintanya dan potong potong sesuai selera.
2. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama daun salam, dan daun jeruk hingga harum.

3. Setelah harum, berturut turut masukkan, air kaldu dan bahan bahan lainnya (saus garam dll), aduk rata lalu masukkan cumi. Setelah rasa sudah pas, masukkan kocokan telur, aduk hingga kuah mengental. angkat dan Sajikan.

resep-cumi-saus-padang-test

Mudah sekali bukan. Dan berikut sedikit tips untuk memasak :

1. Gunakan cumi fresh yang baru dibeli (belum masuk kulkas)
2. Gunakan sendok takar untuk rasa yang pas. Karena sendok biasa memiliki ukuran cekung yang berbeda beda.
3. Masukkan semua bumbu saus dalam satu wadah dengan kaldu untuk memudahkan masak. Jadi begitu tumisan harum tinggal masukkan air kaldu yang sudah berisi semua saus.
4. Untuk hasil yang lebih beraroma bisa diberi irisan daun bawang sesaat setelah matang. Namun saya jarang melakukan karena tanpa daun bawang juga sudah enak xixixiii #edisingiritbelanjaan

NOTE!!! Memasak cumi ini harus sebentar, jangan lebih dari 3 menit karena cumi bisa alot kayak sendal jepit. Tapi kalau sudah terlanjur lebih dari 3 menit ya sudah dilanjutkan sampai lebih dari 20 menit maka cumi akan empuk kembali (begitulah kata mbah google, tapi memang beneran, kalau saya masak lebih dari 3 menit hasilnya walooott)

—————————————————————————————-
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

  • Add Your Comment