Resep Chinese Food – Sapi Lada Hitam Enak

Seneng banget!!! Akhirnya, berkat resep dari Mas Dedy – DentistChef, saya bisa masak Sapi Lada Hitam kualitas Restaurant. Asli enak resepnya, saya sampai keruk sausnya digado. Suami yang ngga terlalu suka Sapi Lada Hitam juga bilang, “Enak” dan lebih menyenangkannya lagi, meski biasanya ga doyan sapi lada hitam, kali ini dia sampai nyari nyari masih ada daging yang bisa dimakan atau ngga hihihi.

Ada sedikit modif, tapi sedikit doang. Karena memang ngga ada bahannya di rumah dan saat dicoba ada sedikit perbedaan selera jadi ada tambah kurang takaran. Jadi begitu juga dengan anda, jika mencoba resep sebelum diangkat matang, coba dulu dan beri sentuhan sesuai selera anda. Supaya maknyus. Selamat mencoba.

RESEP SAPI LADA HITAM

Bahan yang dibutuhkan:

100 gr sapi has dalam, iris gemuk

Bahan marinasi:
1 sdt lada hitam tumbuk kasar
1/2 sdt garam
1,5 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/4 sdt kecap asin

Bahan tumisan:
1/2 paprika hijau
1/2 paprika merah
1 bawang bombay
1 buah cabe keriting
2 siung bawang putih cincang
3 cm jahe cincang

1/2 sdt maizena, larutkan dengan 1 sdt air
1 sdt minyak wijen
Air secukupnya

resep-sapi-lada-hitam resep-sapi-lada

Cara membuat:
campurkan daging sapi dengan bahan marinasi, diamkan 1 jam didalam kulkas, atau biarkan semalaman kalau ngga sempet masak ya gapapa buat besok.

Tumis bawang putih dan jahe. Masukkan cabe dan daging yang sudah dimarinasi. Masukkan paprika dan bawang bombay. Kasih air dikit aja (bener bener dikit aja). Kasih minyak wijen. Coba bumbunya kurang apa. Kalau uda yahud, masukkan air maizena, masak sampai kental dan sajikan.

Catatan :
1. Kalau ngga sempet masak setelah dimarinasi dan bakalan besoknya juga ngga sempet kemasak, masukkin ke freezer aja. Karena jika diletakkan dibawah aja kalau kelamaan dagingnya jadi kurang enak juga. Nanti kalau sudah mau dimasak baru keluarkan dari freezer, biarkan leleh dan baru diolah.
2. Lada hitamnya tumbuk kasar aja. Kalau halus nanti kurang mantab rasa lada hitamnya.
3. Semua saus, kebetulan saya pakai Lee Kum Kee. Mulai dari kecap asin, saus tiram sampai minyak wijen.
4. Beberapa orang suka daging diiris tipis, tapi saya lebih suka diiris gemuk karena lebih gurih. Untuk itu pilih dagingnya harus yang daging has bagian dalam. Supaya empuk.

————————————

Tukang Masak : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

  • Add Your Comment