Resep Bakso Sehat – cocok untuk Anak Anak

Terhitung saya sudah 3x nyoba bikin bakso. Dan yang 2 gagal total alias ngga bisa dimakan xixixixiii (ngga nyalahin resepnya, tapi nyalahin diri sendiri yang dodol abis soal perdapuran) dan kemarin ngga sengaja liat resep bakso sehat di web Mba Juliana. Komennya banyak sekali dan semua yang udah nyoba bilang enak. Asyiknya lagi, resep ini bisa pakai daging giling supermarket, ngga perlu alat khusus. Oke deh kalau begitu, besoknya saya pun langsung cus belanja bahan.

Saya pilih daging sapi giling yang rendah lemak dan daging giling ayam kampung. Buat anak, jadi ya pilih bahan yang terbaik. Toh akhirnya ngga kecewa, karena begitu mateng, zara langsung makan 10 butir. Hihihiii suka liat anak makannya banyak.

Oyaaa, bakso ini yang bikin Zara anakku yang masih balita loh. Makanya di foto saya tulis Resep by Zara. Karena yang bikin memang dia (dengan dibantu mamanya tentu, tapi dia yang mencampur campur dan bikin sebagian bulet bulet baksonya. Monggo di klik disini untuk melihat tingkah Zara saat membuat Video. Video ini juga lengkap step step membuat baksonya.

Oya, resep ini ada sedikit modifikasi ukuran, karena di supermarket ukuran dagingnya sudah dipatok, alias ngga bisa request.

resep-bakso-untuk-anak

Bahan bahannya, semua tinggal dijadikan satu, lalu dicetak dengan tangan, direbus dan selesai

Resep Bakso Sehat

-+300 gram daging giling ayam kampung
-+300 gram daging giling sapi

1 putih telur ayam
1/2 sdm garam
1/2 sdm bubuk merica
1/2 bungkus bubuk agar agar swallow
1/2 sdm kaldu ayam non msg
1/4 sdm gula pasir
1/4 sdt soda kue
4 siung bawang putih dihaluskan
1 cup tepung sagu / tapioca

Noted:
1. Garamnya ditambah ΒΌ lagi mungkin lebih enak, karena bakso saya pakai ukuran ini terasa kurang asin (buat saya)
2. Kata mba Juliana, kalau ngga pakai penyedap bisa diganti pakai 2 sdm bawang goreng yang dihancurkan. Heheee, sayang saya lagi males bikin bawang goreng, jadinya ga pake dan nyesel juga sih, karena setelah dimakan saya bisa membayangkan, ini kalau dikasih bawang goreng pasti wenaaakkkk tenan. Besok kalau bikin mau dikasih bawang goreng ah.
3. Kata teman saya lainnya, jika ditambah bawang putihnya pasti akan lebih enak. Oke deh, nanti kalau bikin lagi akan saya beri 2 siung lagi.

resep-bakso-daging-sapi

Pakai daging giling rendah lemak. Oya, kalau di supermarket lihat ada 3 macam warna daging giling : yang paling merah itu yang lemaknya paling sedikit, yang pucat rada kecoklatan putih itu yang lemaknya banyak dan yang warna ditengah tengahnya, adalah yang setengah2 kadar lemaknya (kata yang jaga dibagian daging)

resep-bakso

Daging giling ayamnya, pakai ayam kampung biar lebih syehat .. uhuuiii

Cara Membuat : Panaskan air hingga mendidih, matikan api. Campurkan semua bahan kecuali tepung sagu. Aduk sampai rata. Masukkan Tepung pelan pelan sampai semua tercampur rata. Cetak bakso bulat bulat dengan tangan (untuk melihat bagaimana cara mencetaknya bisa lihat di video, klik disini). Tiap habis mencetak langsung masukkan dalam air panas yang sudah dididihkan tadi. Setelah semua bakso selesai di cetak, rebus sampai bakso mengambang dan tralalaala sudah jadi.

Mudah banget kan. Hanya butuh waktu ngga sampai 10 menit untuk membuat bakso. Selamat Mencoba dan kasih feedback ya yang udah nyoba. Kali aja dapat masukkan misal perlu ditambah apa lagi biar enak.

Tukang Masak : Zara Nugroho (Usia 3 tahun 10 bulan)
Sumber Resep Asli : http://www.julianadewi.com/2016/02/resep-bakso-sehat-ala-iwed.html

    1. Irawati Hamid March 22, 2016

    Add Your Comment