Resep Ayam Rica Rica Sambal Hijau #simplerecipe

Suami suka banget sama ayam rica yang wangi aromatik dengan pedas yang ngerawit. Maka begitu dapat resep dari omi Wiempi Mahardi (sahabat suami), langsung aja tanpa basa basi di eksekusi!!!

Si Omi ini ngasi resepnya ngga pakai takaran. Jadi saat pertama membuat, memakai ayam kampung, rasanya masih kurang maknyus. Kedua mencoba dengan ayam potong, bumbunya kurang wangi. Dan setelah beberapa kali mencoba, kira kira inilah takaran yang kayaknya ke depan bakal saya patenkan untuk masak dirumah hihihi. Wangi yang syedaappp. Saya yang ngga doyan kemangi, sampai saya gadoin kemanginya. Monggo yang mau coba, ini dia resepnya.

RESEP AYAM RICA SAMBAL IJO

1/2 ekor ayam potong 8 (kecil kecil)
25 lembar daun jeruk potong2
3 serai potong2
3 bawang putih potong2
10 cabe hijau besar potong2
7 cabe rawit di uleg (optional kalau suka pedes)
Garam merica
2 ikat kemangi

resep-ayam-rica-rica

Zara bantuin petikin kemangi

resep-ayam-rica-enak

Motongnya gede gede gini aja

Tumis semua bahan kecuali kemangi. Masukkan ayam, oseng oseng sampai ayam setengah matang, beri sedikit air dan tutup (api kecil) sampai ayam empuk. Sesaat sebelum diangkat, masukkan kemangi. Incip incip dan Siap disajikan.

Gampang banget kaannn. Oya, Wiempi sendiri menyarankan kalau masak resep ini, harus pakai ayam potong supaya bumbu lebih meresap. Karena jika pakai ayam kampung seperti percobaan pertama saya, kurang empuk dan kurang meresap ke daging sibumbunya.

Dan oyaa,,.. supaya lebih maknyuuuss… saya pernah mencoba juga. Usai matang, kemudian ayam beserta bumbunya saya bungkus daun pisang dan dikukus. Weleehhhh, wanginya double, asli. Marik dicoba dan dikasih komentar yah.

————————————

Tukang Masak : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com