Resep Ayam Bakar Pedas Manis – Bumbu Simple

Selama ini saya memasak ayam bakar, bumbunya ribet bener … Meski dengan keribetan itu, hasilnya enak. Tapi kalau ada yang simpel dan juga enak, kenapa tidak??? Kemarin dapat resep ayam panggang dari tetangga yang mantan tukang masak di Hotel Bintang di Jakarta … wih terkejut saya!!! Bumbunya sangat sedikit namun rasanya dahsyat!!! Tak hanya saya, tapi suami juga jadi tergila gila … ini dia resepnya … monggo yang mau mencoba

RESEP AYAM BAKAR PEDAS MANIS

Bahan :
1/2 ekor ayam negeri
6 siung bawang putih, digerus halus
14 cabe keriting, digerus halus
1 jempol asam jawa, diberi air 5 sdm
1/2 liter air
2 sdm Gula Jawa, di iris iris
1 sdm kaldu ayam bubuk

Note:
– Cabe keriting ukuran yang dijual di Hypermart/ Carefour dst ya .. kalau belinya di abang tukang sayur biasanya kecil kecil, jadi ditambah aja jadi 20 biji.
– Ini resep untuk 1/2 ayam negeri, kalau pakai ayam kampung ini bisa untuk 1 ekor dan kalau pakai 1 ekor ayam negeri, resep di kali 2. Kalau pakai ayam kampung lebih maknyuuuss, tapi memasaknya lebih lama ya, sekitar 40 menit – 1 jam perebusan dengan api kecil.

Cara Membuat :
1. Tumis bawang putih yang sudah dihaluskan, setelah agak harum, masukkan cabai keriting. Setelah tumisan matang masukkan air, gula jawa, air asam dan kaldu ayam bubuk.
2. Setelah semua bumbu masuk, coba dan jika pas rasanya, masukkan ayam dan rebus hingga empuk (untuk ayam negeri 25-30 menit, untuk ayam kampung 40 menit – 1 jam).
3. Ambil ayam, letakkan dalam panggangan (bisa menggunakan happy call/ teflon yang di tutup jika tidak punya panggangan) – panggang sambil oles oleskan bumbu sisa rebusan.
4. Setelah matang, taruh dalam piring saji dan taburi ayam panggang dengan bumbu bekas rebusan. Selesai!!! Mudah sekali kan … dan rasanya sungguh dahsyat

————————————————————————-
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

 

 

    1. Lili October 3, 2014
      • Administrator October 9, 2014

    Add Your Comment