Rendang Minang Culinary – Butuh Dua Hari untuk Rendang sampai di piringmu

Siapa yang tak kenal Rendang? Masakan khas Tanah Minang yang beberapa tahun belakangan ini selalu masuk dalam jajaran Top Kuliner Dunia. Selain itu, penjual rendang di tanah jawa bisa dikata banyaaaak sekale. Dan uniknya, semua rasa bisa dikata beda beda tiap restonya.

So, sebagai orang Indonesia yang belum pernah ke Padang, saya ngga tau seperti apa cita rasa rendang yang sesungguhnya. Dan saya pun sempat bertanya tanya, “Apa istimewanya rendang sampai segitunya dikenal dunia?”. Jawaban itu akhirnya saya temukan, hari ini. Saat dimana lidah saya bertemu dengan bumbu rendang racikan Uda Dian Anugrah, asli penduduk Minang dan meracik segala bumbu dari tanah Minang.

But Iam sorry dorry morry para pembaca yang setia. Karena fotonya ngga menggambarkan kualitas rasa yang luar biasa enaknya ini. Saking enaknya, Rendang Uda Dian ini dipuja puji Pak SBY loh dan masuk juga dalam siaran AFC. (Bukti foto bisa lihat di FB dan IG Uda Dian ya hehe)

Yaaa, makluuum saya memang membuka masakan ini saat di rumah sedang ramai penduduk hihi alias lagi ada mertua, ipar, kakak dan ortu. So, kebayangkan, manaaa ada waktu buat motret cantik. Bisa di sentil suami karena menyajikan masakan dingin akibat potret potrit. Dan maaf bukti foto lagi makannya juga ga ada hihi. Foto pas mereka dirumah aja ya hehehe #pamerkeluarga. Jadiii, nikmatilah ulasan saya daripada ngeliatin foto yang kurang cetar ya hehhee. Oke cerita Rendang Minang Culinary dimulai.

Mertua dan ipar saat mau balik ke purwokerto

Mertua dan ipar saat mau balik ke purwokerto

Mama dan kakak, habis mertua pulang, besoknya kakak saya pulang singapore dan lusanya mama pulang Tuban

Mama dan kakak, habis mertua pulang, besoknya kakak saya pulang singapore dan lusanya mama pulang Tuban

Ohhh tunggu, membuka makanan??? Yes, RENDANG MINANG CULINARY ini adalah Produk UKM yang didirikan oleh Dian Anugrah namanya. Usaha makanan kemasan, Fresh baru dibuat jika ada yang pesan. Bisa dikirim kemana aja yang masih terjangkau pengiriman Paket. Seperti saya yang ada di Jakarta pun bisa pesan.

Uda Dian baru berusia 33an tahun sama dengan saya, yaitu kelahiran 83. Tapi bedanya ia pandai memasak dan saya pandai makan. Dia di kenal Pak SBY saya kenal Pak SBY hihi tau kan maksudnya??? Seperti saya kenal Pak Jokowi, Om Bill Gates dan David Foster, tapi mereka semua ga ada yang kenal saya oh hohohoho nglantur deh. Back to the topic, RENDANG.

Oke, rendang adalah makanan berbumbu rempah bersantan yang diolah secara terus menerus dengan diaduk dalam panci logam panas, sehingga seluruh minyak dan aroma rempah juga santan yang digunakan, menguar jadi sebuah simphony rasa yang lekat di lidah.

Inilah mengapa banyak Ibu Rumah Tangga di Pulau Jawa pecinta rendang biasanya memilih beli saja daripada bikin #hahaha karena biasanya orang membuat rendang itu minimal butuh waktu 4 jam. Catat : MINIMAL!

Yeah, dan taukah teman teman, berapa jam yang dibutuhkan Uda Dian Anugrah untuk memasak rendangnya sampai Pak SBY ketagihan itu? 2 Hari !!! Yes 2 hari kawan, saya ngga salah nulis anda ga salah baca.

Kemasan frozen, bisa dimasak kapan aja

Kemasan frozen, bisa dimasak kapan aja

Kebayangkan - bumbunya lezaaaaat banget menyerap sampe ke tulang tulang

Kebayangkan – bumbunya lezaaaaat banget menyerap sampe ke tulang tulang

Dendeng baladonya wangiiiii banget

Dendeng baladonya wangiiiii banget

Jadi kebayang betul kan betapa minyak minyak santan itu menjadi liat dan harum. Betapa aneka rempah yang awalnya merah menjadi coklat kehitaman nikmat??? Aaarrrgg dibayangin aja uda kecium aromanya. Dan euhuuuuu kalau rendang daging sapi biasa, kali ini saya mau cerita tentang RENDANG BURUNG PUYUH ala chef Dian Anugrah.

Memang awalnya agak aneh makan rendang tapi daging rasa burung yang kalau gigit kesenggol tulang. Ribet bener. Tangan jadi kotor sementara saya kan gendong baby, pengennya makan yang ga pakai ribet. Tapiiiii, setelah 2 3 suapan, OMG saya ngga bisa berhenti makan. Sungguhan. Bumbu rendangnya ini asli jagoan. Baru kali ini saya makan rendang dan merasa ga perlu dagingnya hihihi. Manis pedas dan gurihnya itu asli datang dari rempah !!! Bahkan ketika tulang burung di sesap, ada rasa menggoda yang membuat kita seperti kecanduan. After taste nya sangat kuat dan oh no, saya suka. SAYA SUKAAAA. Ini enak banget.

Maaf saya semangat banget. Tapi sungguhan ini enak. Meski saya ngga tau bagaimana rendang asli Padang, tapi katanya ini dimasak dengan resep turun temurun dengan semua bahan baku asli dari tanah Minang. Sooo, sekarang saya paham kenapa rendang selalu masuk dalam Top Kuliner Dunia.

Oya selain rendang, saya juga membuka Dendeng Sapi nya Uda Dian Anugrah. Dendeng ini salah penanganan hahahhaa. Gegara saya terlambat bangun, mertua uda main masak si dendeng. Cara memasak yang harusnya dimicrowave atau di rebus sama wadah vakumnya, malah di tumis lagi dipanci hihihi.

Tapi meskipun salah penanganan, dendengnya enakkkk banget. Itu terlihat klimis minyak, tapi ga berasa minyak, kenapa??? Karena pakai minyak kelapa, jadi jatuhnya bukan licin di lidah melainkan harum mewangi surgawi. Bapak Mertua yang ikutan makan sampai ketagihan dan minta dipesankan lagi untuk bulan depan. Kok bulan depan??? Hihi maklum orang tua harus jaga kondisi mengurangi konsumsi daging. Udaaaa, bulan depan pesen rendang dan denden yesss.

Ueaaa semangat pisan saya nulisnya. Saya memang suka sekali dengan usaha UKM. Dan belakangan ini saya memang lagi asyik dengan makanan makanan UKM. Entahlah saya serasa ketagihan. Karena UKM biasanya sangat mengutamakan kualitas. Beda dengan resto biasa, beda dengan usaha besar atau pabrik. Karena jasa UKM biasanya dimulai dari hobi, lalu dengan bangga mempersembahkan ke teman teman. Dengan tubi tubi pujian lalu makin semangat dan jadilah usaha rumahan dan supaya tetap mendapat pujian dan efek mouth to mouth, mereka akan terus memperbaiki kualitas.

Beda dengan pabrikan. Yag justru kalau uda laku keras kebanyakan malah mengurangi kualitas demi keuntungan yang lebih besar. Kebanyakan loh ya, bukan semua.

JAYALAH UKM DAN YUK BERSAMA JAKARTASERU KITA DUKUNG PENGGIAT UKM DENGAN MEMBELI DAN MEMPROMOSIKAN PRODUKNYA.

Untuk pemesanan produk masakan UDA DIAN ANUGRAH Instagram di @RendangMinang dan pemesanan pre order bisa whatsapp ke 08116610168

    1. Filaika August 12, 2016
      • Catur Guna August 12, 2016

    Add Your Comment