Pondok Pesangrahan – Hidangan Laut Rasa Juara

kepiting saus padang enak di jakarta

Berkonsepkan dapur di depan dengan pajangan aquarium berisi udang, dan ikan siap pilih lalu dimasak sebagai sajian, plus resto yang ramai, membuat kami serta merta melipir dan masuk ke dalam. Sambutan pria bernama Pak Budi, begitu ramah dan terkesan elegan bak memasuki resto berkelas era 70an *sok tua kayak pernah ngrasain pelayanan tahun 70 an wakakkaa ini berkat pilem pak Dono Kasino Indro saya jadi sok deja vu wkwkwkw. Tapi pelayanan dari Pak Budi (kira kira berusia 55 tahun) ini benar benar mengesankan saya. Gaya-nya bener bener seperti di film film jadul yang sangat ramah dengan senyuman dan bahasa yang singkat + sedikit membungkuk.

Hm … ini adalah pengalaman saya saat liburan ke Bandung kemarin. Bandung??? Lah kok ditulis di kolom Jakarta Barat??? Wait wait … karena ternyata Pondok Pesangrahan yang di Bandung ini merupakan cabang yang ada di Jakarta. So, buat yang belum pernah nyobain Pondok Pesangrahan yang di Jakarta Barat, bisa cobain yang di Bandung. Saya sendiri juga belum pernah cobain yang di Jakarta hehehe… jauh. (beginini ya .. kadang satu kota tapi berasa jauh – malahan akhirnya makan di luar kota hehehee) – tapi asumsi saya sih, cabangnya aja mantaaabbbbb tok cer, apalagi yang Pusat di Jakarta. Woowww wajib coba harusnya.

Saya ke Bandung bersama dengan suami dan anak + sahabat saya aline Juanita Wiraatmaja dan suaminya Wiempi Mahardi. Kami memesan hidangan yang kata Pak Budi adalah andalan di resto ini, Kepiting Saus Padang dan Ikan Bakar. Selain itu kami juga memesan Cumi Tofu cabe dan Tumis Kangkung.Kira kira rasanya seperti apa??? Ini dia.

Kepiting Saus Padang di tarif 18.ooo IDR / ons. Kami memesan 2 kepiting dengan berat sekitar 1 kg. Kepiting ini lumayan lemot datangnya. Maklum resto sedang ramai dan nyaris separo menu disini adalah live seafood. Tapi begitu datang, wooowww aromanya tidak mengecewakan. Dan begitu di colek sausnya, endaaaanggg!!! Mantaabbbnya 20 jari terangkat. Kalau saya juri My Kitchen Rules, nilainya 10. Sempurna!!! Bumbu di campur dengan sangat pas. Ngga ada aroma yang berebutan ingin menonjol. Semua berkolaborasi dengan cantuik. Begitu sentuh kepitingnya, weewww kepiting diremukkan sedemikian rupa sehingga saat membuka tidak menyusahkan. Dagingnya tebal dan segar. Begitu di gigit, rasanya ‘kreeesss’. Benar benar nikmat. Sangat rekomendasi untuk dipesan.

ikan bakar paling enak di jakarta

cumi tahu crispy

tumis kangkung polos

sambal mantab ala pondok pesanggrahan

Ikan Baronang Bakar berharga 14.ooo IDR/ ons, kami memesan ikan dengan berat sekitar 4 ons. Weeewwww hau jek sen cin ping!!! Dibakar dengan kematangan yang pas, sehingga ngga merusak tekstur si ikan. Dan yang dahsyat adalah bumbunya. Entah bumbu apa yang digunakan, tapi yang jelas rasa manisnya dapet, namun ngga merusak rasa segar ikannya. Mantaaffff – pantes best seller, karena memang maknyus. Oya, kalau makan ikan bakar, disini juga disediakan kecap yang sudah di racik dengan cabe dan bawang merah. Kecapnya berasa enak pas banget!!!

Hidangan selanjutnya adalah Tahu Jepang + Cumi Goreng Pedas seharga 50.ooo IDR. Waahhhh ini biarpun bukan best seller disini, tapi saya sangat merekomendasikan anda untuk memesannya. Cumi-nya maha dahsyat. Digoreng kering seperti sedang makan kripik cumi. Kemudian bumbunya pedas asin yang menawan. Aduhaiiii … setelah kriuk yahui, kemudian makan tahu jepang gorengnya dengan bumbu yang sama, amboyyyyy. Apalagi ketika hidangan ini dicocol dengan saus sambal yang tersedia di meja, *tampaaarrrr enaknya. Sausnya ini khas sekali. Rasanya beda dari saus sambal manapun. Karena ternyata saus ini diracik sendiri dengan resep khas Pondok Pesangrahan. Kami sampai memesan 2x karena ketagihan hoohho.

Usai, keluar dari rumah makan ini, lidah saya masih pengen makan wkwkwkw dahsyat kan. Makanan kalau enak memang berasa ngga kenyang kenyang hohooo … pengen makaaannn lageee … hadeuuhhh … wis ta laa .. pokoke makan disini rekomendasi banget buat seafood lover. Mantaab.

suasana resto

Oya, maaf fotonya ngga bagus hiks … saya sedih sekali. Jauh jauh ke Bandung mau kuliner, malah kamera-nya ngga bisa dipake hoohoho kartunya ketinggalan. Alhasil saat foto foto,”Loh kok No Card” … jikakakaa kartunya masih nyangkut di komputer di Jakarta hiks hiks … jadinya ya cuma foto pakai HP. dung dung dung …

—————————————————————————————————————-
Nama : Pondok Pesangrahan (seafood bakar – restaurant hidangan laut)
Alamat : Jl. Karapitan No 42 -42a Bandung
Telp : 022 420 1947 / 0811 208988
Alamat Jakarta : Jl. Pesanggrahan Raya No.6A, Meruya Utara, Jakarta Barat
Telp : 021 5849914
—————————————————————————————————————–
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com
    1. Dwi March 11, 2015

    Add Your Comment