Passer Baroe / Pasar Baru Jakarta (Cagar Budaya kota Jakarta)

passer baroe jakarta

Warga Jakarta yang belum pernah ke Pasar Baru, angkat tangaaannn!!! Hadeuh kalau belum pernah ayolaahhh cari waktu kemari. Sensasinya luar biasa loh … anda akan dimanjakan dengan suasana yang bukan Jakarta banget. Pertokoan di kanan kiri dan kita boleh berjalan di tengah berdekatan dengan mobil yang sesekali lewat. Ngga udah takut kehujanan juga, karena sepanjang jalan ada kanopi nya. Jadi biar ada hujan badai, kita tetep aman aman saja jalan di jalanan tanpa basah setetes pun.

Hiks sayang saya ngga sempet motret situasinya. tapi kira kira gambarannya seperti itu lah.

Gedung pertokoan di Pasar Baru ini, sudah menjadi cagar budaya kota Jakarta. Di bangun pada tahun 1821, pasar baru ini merupakan pusat perbelanjaan tertua di jakarta dengan bangunan bangunan yang masih asli dan terjaga apik. Bahkan masih berfungsi sebagai toko. Meski pun sebelum pasar baru sudah ada pasar lainnya yaitu pasar senen, tanah abang dan jatinegara, namun Pasar Baru merupakan daerah yang paling elit.

Disebut elit karena lokasinya tak jauh dari pusat pemerintahan dan dibangun oleh pemerintah Belanda untuk memenuhi kebutuhan orang orang Eropa di Batavia. Sekarang, pasar baru meski bangunannya masih bergaya arsitektur Cina dan Eropa, namun kebanyakan penjualnya justru keturunan Arab. Karena itu pulalah, disini banyak penjual Karpet, kain dan Fashion.

Suasana cukup ramai apalagi jika sedang ada sale 70%. Kemudian di jalanannya banyak kita jumpai pedagang makanan tradisional dan kalau kita mau nyempil nyempil dikit (saya lupa nama gang nya) ada penjual cakwe yang mantaaabbbb enaknya!!! Cakwe dibuat ditempat (diulen ditarik tarik dilempar lempar sampai digoreng). Biar jualannya di gang senggol, tapi lariiiss manis bahkan kadang harus antri. Di gang senggol ini juga ada penjual mie terkenal yaitu Bakmi Gang Kelinci. Biar di gang sempit, tapi mie nya ini terkenaaalll sampe ke luar luar Jakarta. Sayang lagi kesana rame banget, jadi ngga sempet coba. Cukup makan cawe dan sebagai pengganti saya makan soto mie hehehe.

Oke kira kira ini review saya tentang cagar budaya kota Jakarta, Pasar Baru. AYo kita cintai budaya bangsa kita dan sempatkan waktu untuk mengunjungi tempat tempat cagar budaya di kota kota anda.

yuk ke pasar baru

———————————————————————–
Nama cagar budaya : Passer Baroe
Alamat : Jl. Pasar Baru No.2 Kel. Pasar Baru
Wilayah : Kec. Sawah Besar – Jakarta Pusat

 

 

  • Add Your Comment