Ootoya – Authentic Japanese Home Cooking in Cibubur

Korokke Japanese Food

Ootoya merupakan salah satu Restaurant Franchise yang cukup populer di Jepang, hal ini terlihat dari jumlahnya yang mencapai lebih dari 400 restaurant di Jepangnya sendiri. Saya pribadi, pertama mengenal Ootoya Japanese Restaurant adalah ketika tinggal di Jepang. Beberapa kali makan disana, saya selalu terpuaskan oleh rasa, kenyamanan dan pelayanannya. Woppyyyy — makanya begitu lihat ada Ootoya di Citra Grand Cibubur, saya langsung sumringah. Cuma 15 menit dari rumah. Tapi, kira kira kepuasaan yang saya rasakan di Jepang, akan saya peroleh disini ngga ya??? Monggo di baca review saya yah.

Secara tampilan, restonya memiliki ambiance yang mirip dengan di Jepang, Tradisional Minimalis. Simpel yang membuat resto ini tampak bersih, elegan, nyaman dan tenang. Begitu masuk, duduklah saya di sofa bagian depan Resto (Smoking Area) dan langsung datang handuk hangat untuk menyegarkan wajah dan membersihkan tangan. Tak lama, hadir dua buku menu. Satu berisi aneka macam sushi dan sashimi. Sedangkan satu lagi lebih ke menu goreng dan bakar – macam macam, ada sapi, ayam dan ikan. Menu dan harganya, menurut saya relatif sama dengan di Jepang, hanya seingat saya di Jepang ada menu ‘non halal b*b* – tapi disini tidak kutemukan. Mungkin karena pihak Ootoya memberikan penghargaan kepada masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim. Yuukk tepuk tangan untuk OOtoya. Sedangkan untuk harga, siapkan minimal 100ribu rupiah perorang.

Oke sekarang kita tunggu makanan datang —

kroket jepang

catur guna jakarta seru

ootoya japanese restaurant

Pesanan datang mulai dari menu pembuka, Korokke Rp. 25.ooo ++. Korokke adalah makanan ringan yang kalau di Indonesia disebut kroket. Korokke-nya Jepang banget!!! Cihuiii, kulitnya crunchy abis. Begitu dibelah, kentangnya yang sudah halus ini sangat lembut dengan aroma khas Jepang yang menawan. Aduhaiiii – Makan satu rasanya ngga cukup —  kroket jepang memang mantab mustajab, di beberapa tempat di Jepang juga dijual kroket yang jika dibelah keluar creamy yang meleleh aiiihhhhhh.Pokoknya jika anda ke Ootoya jangan lewatkan untuk memesan kroket , sangat rekomendasi.

Oya, kroket ini datang dengan saus Furai. Rasa saus Furai ini asam manis dengan aroma menyengat khas Jepang yang menggoda. Saus ini biasanya digunakan sebagai saus pada chicken katsu. Pendamping kroket ini juga ada salad yang hanya berisi kol serut tipis. Biar cuma kol, tapi jangan dilewatkan!!! Karena ketika kol ini di celup ke saus goma (wijen) – yang berwarna coklat muda itu, wiihhh seger enak. Yang pertama kali makan, mungkin rasanya agak aneh karena asing. Tapi makan ke dua atau ke tiga, wuhuuuu — anda bakal ketagihan.

Tak lama kemudian datanglah hidangan utama, saya memesan Sumitoridon Rp. 60.ooo ++ dan suami memesan Aburi Salmon Jyu atau biasa disebut juga Sake Aburi Rp. 110.ooo ++. Wow, piring yang digunakan, mulai dari penyajian menu pembuka sampai menu utama, semua di datangkan dari Jepang. Jadi makin nikmat dan teringat sama Jepang aja nih hohooooo —

sumitoridon jakarta seru

sake aburi masakan jepang

sake aburi sushi

Sekarang kita bahas tentang rasanya ya – untuk pesananku Sumitoridon, di menu tertulis rice bowl with charcoal grilled chicken and sweet sauce. Dan wuhuuuu betullah itu, ayam panggang ini tampil sangat menawan dengan kilatan silau hasil marinate yang menggiurkan. Begitu di gigit, ayamnya empuk juicy — dengan mayoritas rasa yang manis, lidah ini seolah enggan berhenti menikmati. Saran saya, kalau pesan makanan ini, minumnya ocha. DIjamin akan menjadi kombinasi makanan dan minuman yang pas (versi lidah saya hihihiiii).

Kemudian saya juga men-toeltoel pesanan suami, si sake aburi. Datang dengan tatanan yang menggugah selera, salmon di letakkan memenuhi box berisi nasi putih pulen. Aburi sendiri adalah arti dari ‘bagian perut’. Daannn bagian perut ikan salmon adalah bagian yang paling empuk dan juicy, Jadi bisa dibayangkan rasa si salmon ini, wiihhh seolah meleleh di lidah. Saking enaknya, tak terasa 1 porsi habis dan suami masih lapar hohooooo — akhirnya dia memesan lagi hidangan bernama Sumi Tei senilai 89.ooo IDR++.

Oya, soal porsi, menurut saya porsi makanan disini agak lebih sedikit dibanding porsi di Jepang-nya. Entahlah, mungkin perasaan saya aja, atau memang demikian. Karena ketika di Jepang, setiap makan di Ootoya, saya selalu kekenyangan dan menghabiskan makanan dengan susah payah saking porsinya gede banget. Tapi disini, porsi terasa sangat pas buat saya. Dan karena pas, makan malam pun jadi terasa sangat nikmat. Sedangkan bagi suami yang saat di Jepang merasa porsinya pas, disini dia merasa porsinya sedikit, sampai dia harus memesan makanan lagi, karena merasa masih ingin makan, alias belum kenyang seutuhnya. *pembelaan diri orang rakus hahaaa

Untuk menu tambahan yang dipesan suami, yaitu Sumi Tei. Woowww — dagingnya benar benar kualitas pilihan. Dan saat saya tanya sama pelayan, katanya memang di import langsung dari Jepang. Pantassss — Teksture-nya sangat lembut, bisa dibilang tidak berserat. Jadi dijamin ketika makan, ngga akan pakai selilitan. Selain empuk, daging sapi ini juga juicy dan memiliki rasa manis alami.

anggun nugroho jakarta seru

sumitei japanese food

Oke, inilah pengalaman kuliner saya di Ootoya, salah satu resto yang terletak di Citra Grand Cibubur Jl. Alternatif Cibubur. Sama seperti di Jepang, saya terpuaskan oleh semuanya, baik rasa maupun pelayanan dan suasana. Hm … NOSTALGILAAAA!!! Mantab — saya bisa bilang kepada anda, Ootoya merupakan salah satu tempat makan yang saya rekomendasikan untuk anda yang ingin sekedar nongkrong atau pun makan berat di sekitaran cibubur. APalagi untuk pecinta budaya dan masakan Jepang, wajib kemari. Karena Ootoya merupakan resto dengan konsep menu masakan rumahan sehari hari masyarakat Jepang. Dan kelebihannya adalah, makanan baru akan dibuat sesaat setelah anda memesan. Jadi sangat fresh dan hommy .

———————————————————————
ALamat OOTOYA
Mall Ciputra (Citra Grand) Cibubur UG unit 60
Jl. Alternatif Cibubur KM 24 Cileungsi
Telp 021 293 77411
Tax & Service : 15%
———————————————————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

  • Add Your Comment