Minuman Khas Jakarta yang Seru

Penggemar BIR pasti kaget denger info yang satu ini. Karena ada loh BIR yang ngga bikin mabok, justru bikin sehat. Nah loh, namanya BIR PLETOK – bir nya warga betawi. Non Alkohol dan isinya rempah rempah semua hohohoo.

Minuman ini terbuat dari Jahe Merah, Sereh, Kapulaga, Pala, Cabai Jawa dan Lada Hitam. Kemudian supaya bisa menimbulkan warna merah, diberilah secang. Weewww … kebayangkan rasanya. Panas, manis, wangi dan sekaligus pedas. Resep ini konon usianya sudah ratusan tahun, turun temurun dari mbah yut yut yut. Gunanya tentu saja untuk kesehatan.

Saya menemukan minuman unik ini ketika sedang jalan jalan di Pekan Raya Jakarta dibagian makanan khas Betawi. Penasaran juga nih … dan tralalalala … ketika diminum rasanya nano nano. Badan langsung berasa hangat – cocoklah untuk suasana PRJ yang saat itu tengah mendung berangin. Hehhee MASUK ANGIN??? Bablas angineeee.

Lalu kenapa namanya BIR Pletok??? Ada 2 versi nih. Ada yang bilang karena cara penyajiannya yang dicampur dengan es baru kemudian di kocok di wadah kaleng sehingga berbunti pletok pletok. Tapi ada juga yang bilang kalau ini berasal dari proses pembuatan. Yakni ketika di rebus, kapulaga yang mereka menimbulkan bunyi pletok pletok.

Yaaa … apa pun versinya, yang jelas sampai saat ini resep tersebut masih terus bertahan dan akan terus menjadi minuman kebanggaan warga asli Betawi. Nyookkk mari minum bir pletoook!!

—————————————————————————————

Nama Usaha : Bale Betawi Babe Arsyad
Alamat : Jl. Pramuka Jati no C17. Jakarta Pusat.
No Telp : 021 93456433 atau 085283341393
Kategori : Khas Betawi

————————————————————————————–

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/

  • Add Your Comment