Menu Spesial dari Celebrity Chef Walter Kei untuk Hong Kong Cafe

Senang sekali karena hari ini saya mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan Celebrity Chef dari Hong Kong, Walter Kei. Pembawaannya sangat ceria dan ramah, bahkan ia berulang kali mencoba menghibur Zara anak saya yang hari itu sedang tidak pada mood-nya. Walter Kei datang langsung dari Hong Kong dalam rangka memeriahkan acara In Style Hong Kong citywide promotions.

Dan pada kesempatan di Indonesia ini, ia memberikan kado spesial untuk Hong Kong Cafe, yaitu Set Menu spesial racikannya.

hongkong-cafe-jakarta

Menu Pembuka : Beef Roll with Vegetables
Menu Utama : Steamed Chicken with Chinese Mushroom
Menu Penutup : Banana Brulee

Dan buat anda yang ingin mencoba resep asli Chef Walter Kei, hidangan ini hanya bisa dijumpai di Hong Kong Cafe pada bulan September 2015 saja. Namun jangan kecewa, jika memang tak sempat datang atau di kota anda tak ada Hong Kong cafe, anda tetap bisa menikmati hidangan ini. Caranya???

hongkong-cafe-walter-kei

Yup, Chef Walter Kei dan Hong Kong Cafe sangat berbaik hati. Ia memberikan resep aslinya untuk kita semua yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah. Dan tak hanya memberikan catatan, ia praktek sendiri di depan kami pada FoodBlogger yang di undangan dan memang ia memasak sesuai dengan resep yang ia berikan.

Kami juga bahkan diberi kesempatan oleh pihak penyelenggara Jumpa Chef ini untuk mempraktekkan resep Sang Chef, yaitu dengan membuat sendiri menu dessert Banana Brulee. Dan hasilnya???? Mari baca ulasan saya selanjutnya ya.

Tipikal Masakan Hong Kong

Yang saya suka dari masakan Hong Kong adalah perpaduan garnis dan masakan yang selalu datang cantik dan menggoda. Inilah mengapa masakan Hong Kong menjadi salah satu hidangan yang saya suka di Indonesia. Karena setiap piringnya begitu menggoda. Namun bagi saya pribadi, masakan Hong Kong di Indonesia dengan yang di Hong Kong nya sendiri sangat jauh berbeda, 180 derajat.

Tipikal masakan di Hong Kong adalah Berminyak dan berbumbu tak setajam masakan Hong Kong di Indonesia. Berminyak yang saya maksud bukan hanya untuk masakan yang digoreng. Bahkan ketika saya membeli dim sum pun, dim sumnya tampil berminyak. Pun dengan bebek panggang, bebeknya mengkilat berlemak. Rasanya pun tak setajam bumbu masakan Hong Kong di Indonesia. Nah kira kira seperti apa rasa masakan dari Chef Walter Kei yang merupakan asli Chef dari Hong Kong? Apakah akan sesuai dengan selera ke – Indonesia – an saya?

Oya, untuk yang ingin membaca artikel saya tentang “Tipikal Masakan di Hong Kong”, bisa klik disini ya. Artikel tersebut saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saat berlibur di Hong Kong.

Beef Roll with Vegetables (Lihat resep, klik disini)

hongkong-cafe-beef-roll

Tampilannya cukup menggoda bukan? Tak disangka, menu yang sangat mudah pembuatannya ini memiliki rasa ringan yang cukup membuat rindu. Saat dikunyah, terasa betul paduan renyah sayur dan jamur, lembut daging dan juga sekaligus tajamnya rasa lada hitam.

Menurut saya, rahasia kelezatan menu pembuka ini adalah pada kesegaran bahan baku yang digunakan. Dagingnya menggunakan angus beef yang lembut dengan sari manis yang segar, kemudian timun dan wortelnya juga segar plus jamur enoki yang matang sempurna.

Kesimpulan untuk menu ini : Chef Walter Kei sangat mengerti selera orang Indonesia. Ia paham betul bahwa orang Indonesia menyukai hidangan yang tajam namun ringan di perut. Dan yes, anda harus coba menu ini. Masuk dalam kategori, memuaskan. Tak berminyak seperti masakan di Hong Kongnya sana hoho.

Steamed Chicken with Chinese Mushroom (lihat resep, klik disini)

hongkong-cafe-chicken-steam

Menu Utama persembahan Chef Walter Kei tak kalah memukau. Kuahnya yang ringan sangat mengundang selera. Ada paduan manis asin dan lembut sekaligus dalam hidangan ini. Apalagi ketika kita menyantap jamurnya yang kenyal gurih. Niksmat.

Ayamnya memang tak terlalu menyerap bumbu. Ini dikarenakan proses memasak yang sangat simple. Namun, justru bisa dibilang ini juga sebagai kekuatan. Karena jika ayamnya terlalu menyerap bumbu, tentunya hidangan ini tak akan membuat kita penasaran usai menyantapnya. Dan, hasil akhir dari uji coba masakan ini, kuah kentalnya tandas bersih. Dan sekali lagi, Chef Walter Kei sukses dalam penyajian cita rasa selera Indonesia.

Banana Brulee with Chinese Sticky Ball (Lihat resep, klik disini)

hongkong-cafe-banana

Menikmati Hidangan penutup ini seperti gelas gelas pecah. Ups … ya retakan yang dihasilkan saat kita memotong sang pisang, begitu indah, … kraaakkk… rasanya begitu memukau ketika pisang yang lembut berpadu dengan gula yang telah mengkaramel padat seperti kaca.

Hebatnya lagi, banana brulee ini kami bikin sendiri tanpa bantuan chef, hanya mengandalkan resep yang ia berikan. SO ini adalah bukti bahwa resep dari Chef Walter Kei sangat mudah dan memang resep asli. Jadi, jangan ragu ragu untuk mencoba resep resep sang Chef ya.

hongkong-cafe-foodblogger

Oya, terkait undangan untuk jumpa chef di Hong Kong Cafe ini yang merupakan rangkian acara In Style Hong Kong, berikut saya sertakan link untuk acara In Style Hong Kong tersebut

  1. In Style•Hong Kong’s Website: http://instyle-hk.com
  2. In Style•Hong Kong’s Expo & Symposium Visitor Pre-registration: http://bit.ly/ishkfbb
  3. ISHK’s Facebook: https://www.facebook.com/HKTDC.Jakarta
  4. ISHK’s Twitter: (Username: @HKTDC_Jakarta)  https://twitter.com/HKTDC_Jakarta

————————–

Hong Kong Cafe
Jl. Sunda No. 5
Jakarta Pusat
Telp: (021) 310 7868
Patokan (sebelah kanan sarinah)

——————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com