Menikmati Negeri Sakura Melalui Ramen Dingin di Chin Ma Ya Serpong

Tak mudah menemukan ‘rasa Jepang’ di Jakarta. Karena nyaris semua restaurant Jepang di Jakarta, sudah memodifikasi rasa untuk disesuaikan dengan lidah Indonesia. Jika pun masih idealis dengan rasa Jepang, harganya pasti sudah selangit alias restaurant Jepang dengan kelas Bintang.

Dan kini akhirnya kutemukan si ‘otentik’ ini, namun dengan harga yang masih sangat terjangkau. Yaitu sedikit melenceng dari Jakarta, tepatnya di Serpong. Yaitu resto 24 jam ChinMaYa. Sebuah resto yang terkonsentrasi pada penjualan ramen khas Tokyo dengan kepala chef yang langsung di import dari Jepang. Resto ini sebetulnya juga franchise dari Jepang, namun meski telah 1 tahun buka, ia masih tetap mempertahankan rasa Jepang-nya. Tak hanya rasa makanannya,tapi juga suasananya.

Suasana dibuat santai dengan susunan tatami dan bantal bantal duduk. Dilengkapi dengan sekat sekat personal sehingga suasana makan bisa sangat santai. Yaaa orang orang Jepang suka sehabis makan lalu ngobrol ngobrol dengan tidur tiduran minum sake. Nah dengan keberadaan ruangan bersifat privat ini, kebutuhan bersantai pun bisa dipenuhi.

Nah jika anda kemari, saya ingin menyarankan anda untuk mencoba hidangan ramen dingin disini yang bernama Hiyashi Tan Tan Men. Rasanya sensasional dan seksi. Wkwkwkwkkk … Benar benar sama dengan rasa yang disajikan di Jepang sana.

Sesuai pengalaman lidah, bahwa masakan Jepang itu haruslah mengandung unsur moist, tender, juicy and crunchy. Ramen ini juga memiliki 4 unsur tersebut. Kuahnya yang terbuat dari perpaduan kedelai, saus wijen, kaldu ayam, shoyu, chili oil, cabe bubuk juga sedikit jahe ini terasa begitu lembut, gurih dan membekas di lidah. Di lihat dari tipikal warna yang merah dan sedikit spicy, saus ini resepnya bisa ditebak, yaitu modifikasi dari masakan Sichuan – China.

Nah selain Ramen dingin, disini menyediakan 24 macam ramen Khas Tokyo lainnya yang bisa anda coba. Nah sebelum anda memesan, saya beri sedikit bocoran dulu soal Kaldunya yah :

Ini sedikit penjelasan tentang Kaldu yang ada di Chin Ma Ya :

Tonkotsu : Kaldu Tonkotsu terbuat dari Tulang Babi, di Chin-Ma-Ya dimasak selama 9-10 jam. Rasanya tidak terlalu kental, tapi milky, nutty, moist and crunchy.

Tan Tan : Kaldu yang terbuat dari olahan kedelai, saus wijen, kaldu ayam, shoyu, chili oil, cabe bubuk dan sedikit jahe. Resep Tan Tan ini adalah modifikasi dari masakan Sichuan (China).

Shio : Shio berarti “Garam”. Kaldu Shio Ramen Chin-Ma-Ya tidak berwarna (jernih). Rasa kaldunya mild and light, serta tidak terlalu oily. Terbuat dari kaldu tulang ayam, tulang babi, sayuran dan rumput laut. Namun karena tidak direbus terlalu lama, kuahnya tetap jernih

Shoyu : Shoyu berarti “Kecap” dan supnya biasanya berwarna cokelat jernih karena terbuat dari bahan dasar ayam dan sayuran (kadang-kadang diganti dengan ikan atau daging sapi/babi) serta banyak kecap (shoyu) sehingga menghasilkan sup dengan citarasa yang tajam, asin dan gurih.

Miso : Miso adalah jenis kaldu yang tergolong pendatang baru dan dikembangkan di Hokkaido. Terbuat dari miso yang dicampur dengan ayam atau ikan – dan kadang-kadang dengan tonkotsu atau lemak babi sehingga teksturnya menjadi lebih ‘creamy’. Bercitarasa sedikit nutty, sweet, and mild at the same time

Oya meski terkonsentrasi di Ramen, namun ia juga menyediakan aneka hidangan lain tentunya. Salah dua rekiomendasi saya yang kudu wajib di coba adalah Tori Karaage dan Miso Nabenya. Wuih dijamin ketagihan. Untuk melihat artikel tentang hidangan dessert apa saja yang saya coba di Chin Ma Ya, klik di sini (Dessert Otentik Jepang di Chin Ma Ya Serpong)

—————————————————————————————————————————————————

Nama Restaurant : ChinMaYa Ramen Indonesia
Alamat                   : Boulevard Gading Serpong Blok B-4 No 40 – CBD Paramount Serpong – Tangerang
                                 (Dalam Area SPBU Pertamina, di seberang Mitra 10)
Telp                       : (021) 2900-1065
Facebook Page   : facebook.com/ChinmayaID
Twitter                  : @CMYRamen
Instagram            : @cmyramen
 
Price Range :
Ramen                    : IDR 18,000 – 55,000
Nabe                       : IDR 110,000 (untuk 1-3 orang) – 260,000 (untuk 3-5 orang)
Others                    : IDR 8,000 – 48,000
Desserts                 : IDR 10,000 – 45,000
Drinks                     : Start from IDR 5,000 (karena ada Shochu & Sake yang harganya bervariasi tergantung availability)
——————————————————————————————————————————————————-
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang / instagram : @catur_guna / FB : https://www.facebook.com/caturguna.yuyunang
  • Add Your Comment