Liburan Seru Membuka Mata Hati – Ke Pulau Seribu aja

Libur kantor cuma dua hari. Atau lagi pusing mikirin tugas kuliah yang seperti tiada akhir??? Don’t worry be happy … ngacir aja ke pulau seribu. Ngga semua pulau di kepulauan seribu, menguras uang loh. Coba aja berlibur ke pulau untung jawa. Sewa perahunya cuma 30.ooo IDR perorang dari Tanjung Pasir Tangerang. Tentu saja menggunakan perahu tradisional – Sewa perahu itu sudah tarif PP loh. Murah kan hehehe …  Tapi kalau budgetnya lebih dan pengen perjalanan yang nyaman tenteram sentausa, bisa juga naek speed boat dari Pantai Marina Ancol sana, perorangnya 300.ooo IDR.

Saya pernah mencoba ke duanya. Baik dengan perahu otok otok, mau pun dengan speed boat. Bedanya tentu ada hahaha. Dengan perahu masyarakat, kita akan melewati perjalanan seru. Karena selama perjalanan mungkin kapal akan mogok karena baling baling yang tersangkut sampah. Hohohoooo … sampah memang luar biasa di perairan kepulauan seribu ini. ayooo donk warga jakarta, tangerang dan sekitarnya, jangan buang sampah sembarangan. Kasian nih kepulauan seribu, sampah kalian tuh bermuaranya kesiniiiii!!! Tapi biar nyangkut nyangkut sampah, biasanya perjalanan paling lama cuma memakan waktu 1 jam. Rata rata sih 30 menit sudah sampai. Sementara kalau naek speed boat, ya lancar manis.

Begitu sampai di Pulau Untung Jawa, kita akan disambut dengan suasana yang adem ayem tenteram dan sangat terjaga kebersihannya. Ada tong sampah dimana mana. Ini mengisyaratkan kita untuk selalu menjaga kebersihan. Dan mungkin juga tamparan buat kita warga Jakarta yang demen buang sampah sembarangan, “Contoh nih pulau untung jawa, kalau bersih kan nyaman”. Di pulau untung jawa ini kita bisa bermain banana boat, snorkling dan kegiatan pantai lainnya termasuk kuliner live seafood. Dan kalau pagi dan sore, nongkrong di dermaga sambil foto foto dijamin keren hasilnya heheee … saya sampai rela ndlosor buat foto foto heheee.

Kalau bosan permainan air, kita bisa juga sewa perahu dan keliling ke pulau sekitar. Ada pulau cipir dan pulau rambut. Nahhh unik nih yang namanya pulau rambut. Pulau rambut ini adalah tempat persinggahan puluhan ribu burung yang bermingrasi dari australia. Dan juga rumah bagi puluhan ribu burung yang jika siang main main ke Jakarta. Lucu loh, tungguin aja sampai jam 5 an sore gitu, nanti kelihatan ribuan burung pada balik ke pulau rambut. Meriah banget loh kalau mereka pulang. Rombongan!!! Nah begitu pun kalau pagi, tuh burung burung pada pergi lagi keluar dari pulau rambut. Ternyata burung punya rumah hehehee

Begitu menjejakkan kaki di pulau rambut, kita akan disambut oleh sampah. wakakakkaakkk … klasik banget (lagi lagi pengen marah marah sama warga jakarta dan sekitarnya yang suka buang sampah sembarangan) – tapi begitu sudah masuk ke wilayah daratannya, waaahhh takjub deh. Pulau ini masih bisa disebut HUTAN. Karena masih rimbun dan alami banget. Disini hidup beberapa habitat langka, termasuk elang bondol yang sekarang jadi ikonnya trans jakarta. Oya selain itu juga sempet ketemu komodo loh hehee.. tapi tentunya komodo kecil, bukan komodo yang kayak di pulau komodo sana.

Terus jalan ke dalam, semakin takjub aja. Suara gesekan antar daun dan ranting begitu merdu. Panas yang terik tak mampu menerobos lebatnya pepohonan, sehingga saya tetap berasa sejuk meski jam 12 siang matahari tepat di atas kepala. Dan tralalaaa sampailah kita pada menara pantau. Wooowww dari atas menara sini kita bisa melihat nyaris sebagian pulau, indah banget. Yang seru, kita bisa melihat burung burung yang lagi nangkring di pohon pohon. Kalau beruntung bisa ketemu sama si bondol atau burung langka lainnya deh. Dan wowwwww lagi, ternyata ada habitat tanaman yang nyaris gundul … “Tanaman pada mati karena tidak bisa bernafas, tersumbat oleh sampah” kata si bapak penjaga pulau rambut. Hadeuuuhhhh sampah maning sampah maning yaaakkk …

Benar benar pulang dari pulau rambut dan untung jawa ini, mata hati saya terbuka lebar untuk lebih mencintai alam dengan paling tidak membuang sampah pada tempatnya. Karena ketika kita 1 orang membuang 1 sampah secara sembarang, akibatnya akan banyak habitat di pulau seribu yang akan mati. Dan pulau rambut bisa terancam nih, padahal pulau rambut adalah habitat penting bagi puluhan ribu burung. Inilah mengapa di judulnya, saya tambahkan membuka mata hati, karena sembari liburan, ada pelajaran yang bisa kita petik. SAMPAH.

————————————————————————————————————————

Nama Lokasi : Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut – Kepulauan Seribu (kota adm Jakarta)
Berangkat dari : Tanjung Pasir Tangerang atau Pantai Marina Ancol Jakarta Utara
Parkir dan retribusi masuk Tanjung Pasir : Mobil (25.000). Motor (10.000)
Kapal Penyeberangan : 30.ooo IDR PP (kapal masyarakat) – 300.ooo IDR PP (speed boat)
Paket wisata :
Snorkeling (guide, kapal dan peralatan) : 50.ooo IDR
Banana Boat : 25.ooo IDR
Donat Boat : 35.ooo IDR
———————————————————————————————————————–
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/

 

  • Add Your Comment