Kuburan – Tempat Foto dan Bikin Video Klip Ter-Seru di Jakarta

Kuburan ini merupakan salah satu tempat BIDIK kamera yang paling digemari para pembuat video klip dan fotografer. Kuburan??? IYA KUBURAN!!! Lokasinya tepat di pusat Jakarta, yaitu di Tanah Abang. Tapi jangan bayangkan kuburan yang bau menyan, disini kuburannya sangat artistik. Ada patung dimana mana. Dan hebohnya, patungnya itu pada tampak hidup!!!

Terus Terang, saya sendiri ketika kemari, agak sedikit merinding kalau merhatiin patung patungnya. Apalagi ketika berada tepat dibawah patung Pastor yang membawa Alkitab. Jantung saya seolah tak berhenti berdebar debar. Bahkan sampai sekarang saya ngga berani lihat foto foto ini dimalam hari hahahaa. Lebay, tapi beneran loh.

Dan jika anda memperhatikan foto peti mati Ir. Soekarno. Saat memotret juga tangan saya bergetar terus sampai sampai fotonya pada goyang hahahaa (ngga berjiwa fotografer banget). Tapi yaa itulah sekilas pengalaman saya ketika mampir kesini. Maklum saya ini tipikal rada penakut.

Oyaa … biar saya kesini sambil merinding merinding, tapi ternyata kata pak penjaga makam ini, banyak loh orang yang melakukan foto pre wedding di tempat ini. Xoxoxoooo … gimana??? apakah anda juga berminat foto prewed disini????

Yang seru dari kuburan ini, selain patung patung yang artistik buatan seniman eropa, disini ada banyak sekali cerita. Ya karena yang dikuburkan disini kebanyakan adalah pejabat dan tokoh penting mulai dari tahun 1795. Seperti Mayjen J.H.R Kohler, Dr. W.F. Stutterheim, Olivia Mariamne Raffles, Miss Riboet, hingga Soe Hok Gie. Bahkan dimuseum ini juga tersimpan Peti Jenasah Presiden dan Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno – Hatta.

Namun, area pemakaman ini baru diresmikan sebagai “TAMAN PRASASTI” PADA 9 juli 1077 oleh Gubernur DKI saat itu Ali Sadikin. Nah begitu memasuki taman ini, kita akan bertemu dengan pilar pilar setengah jadi. Konon ceritanya, saat hendak diresmikan, Belanda tidak setuju. Sehingga akhirnya ya tampak belum selesai dikerjain.

Dan kenapa namanya TAMAN??? Karena meski bangunan makam, tapi disini tidak ada jenazah. Karena semua sudah dipindahkan. Tapi entah kenapa, biar ngga ada jenazah, saya tetep aja ngeri hahahaa. Mungkin karena sebelum kesini sudah baca beberapa cerita tentang orang orang yang dimakamkan disini. Hohohooo …

Di museum ini juga terdapat Kereta. Ternyata ia adalah kereta pengangkut Jenasah. Nah, nggak jauh dari sini ada batu nisa Olivia Mariamne Raffles, istri pertama Thomas Stamford Raffless saat masih menjabat jadi Gubernur Letnan Jawa ketika pemerintahan Inggris. Olivia inilah yang mencetuskan ide sehingga kini kita bisa menikmati sebuah Taman yang indah di Bogor yaitu Kebun Raya Bogor.

Selain itu juga ada nisan Miss Riboet. Penyanyi dan penari terkenal dari kelompok seni Orion Junior yang didirikan suaminya, Tio Tek Djien, pada tahun 1925. Selain menari, Miss Riboet piawai memainkan pedang. Miss Riboet sendiri terkenal berkat lakonnya di Juanita de Vega karya Antoimette de Zema. Dan masih banyak lagi nisan nisan dengan nama orang terkenal pada zamannya.

Tiket masuk ke Taman ini hanya Rp. 2.000,00 untuk dewasa, Rp. 1.000,00 untuk mahasiswa dan Rp. 500,00 untuk anak anak. Buka pukul 9 pagi hingga 3 sore. Tutup hanya pada hari senin dan hari libur nasional.

————————————————————————————————–

Nama Tempat : Museum Taman Prasasti
Alamat : Jl. Tanah Abang I no 1 Jakarta Pusat
No Telp : 021 385 4060
Harga Tiket : 2.ooo IDR (dewasa) – 1.ooo (mahasiswa) – 5.oo IDR (anak-anak)
Libur : senin dan hari nasional tutup
Buka : 09.00 – 15.00
————————————————————————————————–
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
  • Add Your Comment