Ketonjok Lezatnya Nasi Kuning Berlauk Bumbu Habang dari Kedai Kaltim

Nasi kuning Khas Banjar Kalimantan. Baru kali ini saya mencoba dan langsung ketonjok!!!! ENak banget. Ternyata nasi kuning jawa dan kalimantan memiliki perbedaan rasa yang cukup jauh mencolok. Jika nasi kuning jawa hanya mengandalkan rasa gurih dengan sedikit aroma rempah. Maka nasi kuning banjar ini kaya akan rasa dan aroma. Semakin dikunyah, semakin lidah ini terus merekam rasa. Sehingga ketika usai makan, rasa itu masih meninggalkan jejak sampai berjam jam.

Untuk Nasih Kuning Banjar ini, selain rasanya yang penuh aroma dan nasinya begitu pulen. Juga seolah memiliki pakem lauk tersendiri. “Bukan makan nasi kuning khas Banjar, jika lauknya bukan ikan haruan masak habang”. Ini dia yang nikin saya langsung nggeblak abis ketonjok. Sesendok nasi kuning yang dimakan bersamaan dengan ikan haruan masak habang ini, rasanya klop banget!!! Jika anda melihat warnanya yang merah nyaris hitam, jangan takut pedas. Karena rasa bumbu habang ini jauh dari rasa pedas. Justru rasanya lebih condong ke manis yang khas.

Rasa khas tersebut datangnya dari aroma cabe kering, yang cuma ada di kalimantan. Jadi bagi orang Kalimantan, rasa khas ini sangat tidak bisa di bohongi. Dan rasa inilah yang membuat mereka akan langsung tau, mana hidangan dengan rasa otentik Kalimantan atau bukan. Ahhhhh … endang gurindang bambang deh pokoknya.

Ikan haruan sendiri adalah ikan gabus. Ikan ini sangat sehat loh. Terutama buat Ibu Hamil yang baru melahirkan atau orang yang baru saja operasi. Kandungan albuminnya ini dipercaya berkhasiat untuk membantu pertumbuhan sel sel baru.

Hm … usai makan, saya langsung sedikit bertanya pada pemiliknya yang asli Samarinda. Wah, ternyata nyaris sebagian bumbu dan termasuk ikan gabusnya, semua di import langsung dari Kalimantan ke Bintaro sini. Wadeuh … luar biasa. Terkejut saya. Kenapa? Karena ini hanyalah kedai kecil – tapi ia begitu idealis dengan masakannya. Ia mencurahkan begitu banyak ke-aslian dalam tiap hidangan. Dan yang bikin saya makin kaget, harga masakan disini murah banget!!!

OMG, seporsi nasi kuning porsi jumbo itu (nasi – 3 potong ikan – 1/2 telur rebus dan kering tempe + krupuk) hanya dihargai Rp. 15.ooo saja. Hah!!! Andai kedai ini lokasinya di dekat rumah, tampaknya saya akan tiap hari makan disini. Ya kan … biaya masak lebih mahal daripada beli di kedai ini hiihihiiii – udah gitu jelas ketahuan rasanya enak.

Oya, kalau makan disini, asyiknya sang suami yang asli Medan, jual es duren. Waaahhh .. klop ya. Abis makan nasi kuning, ditutup dengan es duren.Mangstaaabbbb!!!

—————————————————————————————————————————

Nama Rumah Makan : Kedai Kaltim
Kategori : Masakan Kalimantan
Alamat : Jl. Raya Jombang – Ruko Emerald Blok AA1 No 12 – Bintaro sektor 9 Tangerang Selatan
Telp : 0852 11065 444 – 021 9559 4448
Range Harga Makanan : 4.ooo IDR – 25.ooo IDR

—————————————————————————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/

  • Add Your Comment