Kedai Tua Baru – Yang Kuno Yang Bercerita

“Zara, Ini Setrika yang banyak digunakan orang sebelum mama lahir. Namanya setrika arang, tapi biasa disebut orang setrika ayam karena ada patung ayam di depannya. Cara pakainya, arang dipanaskan dulu, lalu dimasukkan ke dalam setrika, baru kemudian bisa mulai menyetrika seperti biasa”.tuabaru-antik

tuabaru-barang-antik

tuabaru-pompa

Inilah sepenggal kalimat yang mengawali percakapan saya dengan Zara (anak saya). Ide tentang Setrika Kuno ini sendiri muncul saat santai menunggu pesanan makanan datang, saya melihat ada setrika ayam di dekat meja. Kalimat ringan yang sarat pengetahuan tersebut lantas bergulir menjadi sebuah perbincangan seru seputar perabot perabot kuno lainnya yang ada di Kedai Tua Baru.

Kedai Berkonsep ‘Tua’ ‘Baru’

Sesuai namanya Tua Baru, Kedai ini menyuguhkan Interior Kuno dengan kenyamanan Modern. Lihatlah tampilan depan yang terkesan berkarat, tembok tembok yang hanya dari batu bata halus tanpa cat, jendela kayu yang seolah cat-nya sudah mengelupas termakan usia, hingga lantai yang tampak unik cantik. Tak hanya lantai, tapi dinding dibagian ‘maaf’ toilet juga semua tampak serasi dan sedap dipandang.

tuabaru-surabaya

tuabaru-keramik

Pemilik seolah masih ingin melengkapi kekunoan suasana, ia juga melengkapi resto dengan pernak pernik antik, mulai dari Lemari, Setrika Arang, Alat Giling Kopi, Pompa Air, hingga Alat Dapur, Alat Makan dan beberapa peralatan Rumah Tangga Jadul lainnya. Alhasil, banyak cerita dan kisah yang bisa saya dongengkan kepada Zara sambil menunggu makanan tiba tentunya.

Sementara kesan Modern bisa kita rasakan dari kebersihan dan sejuknya ruangan baik ruangan indoor maupun outdoor. Yes Ruang Outdoor disini sangat menyenangkan. Tampaknya dikunjungan selanjutnya, ruang out door ini akan menjadi tempat favorit saya. Mengapa?

1. Out Door namun tetap beratap (tembus pandang) sehingga kita bisa melihat bintang bulan saat malam tiba. Atau bisa mendapat cahaya maksimal saat foto foto pada jam 3 sore keatas.
2. Meski tertutup namun tetap sejuk karena dilengkapi dengan mesin pendingin.

tuabaru-zara-nugroho

Dan yang paling membuat saya bakalan menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit adalah adanya RUANG ANAK ANAK. Ya, begitu melihat ruangan ini, Zara langsung minta pindah meja. Alhasil, saya bisa makan sampai habis dengan tenang dan Zara bermain sendiri dengan senang.

Bagaimana dengan Rasa Masakannya?

Saat kemari, hidangan best seller berupa Nasi Lemak Rendang Bakar dan Sop Buntut Rempah (Paling Ngehits di Instagram) sedang Sold Out. Maklum saya datang jam 3 sore, saat bukan jam makan siang dan bukan pula jam makan malam. Kedua hidangan tersebut sudah laris manis di siang hari dan masih dalam proses memasak, baru siap diatas jam 5. Roti Canai yang menjadi andalan resto ini juga tengah habis dan masih dalam proses membuat adonan kembali.

tuabaru-suasana-2

Wooowww… Ya sudahlah … nasib datang ke resto yang lagi nge-hits. Ternyata ramainya instagram yang membicarakan @tuabaru kini terbukti sudah, benar benar real ngehitsnya. Dan wuhuuu ketika saya pulang sekitar jam 6 sore, resto ini sudah ramai!!!

Oke, karena yang Best Seller lagi pada habis, saya memesan hidangan ikan termurah di Kedai Tua Baru, yaitu Cakalang Penyet !!! Atau di buku menu namanya Sambal Tua Baru Cakalang. Cukup dengan 13.800 IDR dan puaslah saya!!! (kalau mau lebih murah lagi ada penyet tahu, telur dan tempe).

Ikan Cakalang adalah ikan yang masih masuk dalam keluarga Tuna. Dalam bahasa inggris biasa disebut Skipjack Tuna. Dagingnya lembut dan empuk. Ternyata ia sangat cocok dan lezat ketika dipenyet dengan sambal khas Tua Baru yang Ruar Biasa Seger.

tuabaru-makanan

Seger karena perasan jeruk nipisnya kerasa banget. Sambalnya pedas manis tomat. Dan mau cabe berapa, kita bisa request sesuai kesukaan kita. Bahkan ketika kita ngga suka pedas sama sekali, juga bisa. Request saya untuk Zara adalah ngga pedas sama sekali. Dan rasanya sungguh menggoyang lidah. Manis segar tomatnya itu asyik banget.

Penyetan Ikan Cakalang ini saya makan dengan Nasi Lemak. Nasi Lemaknya ringan dan benar benar kombinasi yang cocok dengan penyetan. Jujur saya kemari sudah makan siang dan setelah habis seporsi ini saya masih lapar hahahaa, enak sekali. Tapi karena usai kemari hendak pergi ke pesta, jadinya saya tidak nambah yang lain lain. Nanti saja, karena saya berencana akan kemari lagi.

kedai-tuabaru-penyetan

Sementara Zara memesan Soup Bowl yang berisi macam macam bakso bebas pilih. Saya memilihkan Paket 1, yaitu berisi 5 macam isian + bonus Mie dan Kuah yang Bebas Pilih, senilai 18.800 IDR. Tak pakai lama, satu mangkok bakso tersebut ludes di lahap Zara bahkan dengan tambahan kata kata, “Ma mau lagi”. Xxxaaaaa jawaban saya, “Nanti di Pesta makan lagi. Sudah ya”.

Minumannya Green Tea Latte nya juga meluluhkan hati saya. Cukup dengan harga 26.800 saya sudah mendapatkan minuman superb. Rasa manis dan harumnya seperti thai tea. Memuaskan. Total nongkrong 3 jam bersama Zara tagihan tidak sampai 80 ribu rupiah. Yeah!!!

Kedai Tua Baru, I’ll be back.

———————————————
Nama Restaurant : Kedai Tua Baru
Instagram : @tuabaru
Alamat : Jl. Tegal Sari 25 Surabaya
Telp : 031 5310584
Buka : Setiap Hari 10.30 – 21.30

 

  • Add Your Comment