Kedai Pelangi – Hidangan khas Makassar Langganan Jusuf Kalla

mie titi enak di jakarta

Namanya ‘Kedai’. Tidak terlalu besar dan pembeli harus rela antri jika sedang ramai. Tapi siapa sangka, Rumah Makan yang dulunya nyaris tutup karena 3 bulan awal buka, sama sekali ngga punya pelanggan, kini merangsek memiliki ratusan pelanggan tetap, bahkan Jusuf Kalla merupakan salah satunya. Info ini saya dapat dari kawan saya yang dulu mantan wartawan RI Dua era Jusuf Kalla. Dan karena penasaran, saya pun meluncur dan tring ting tuing — ini dia pengalaman saya saat makan disana.

Rameee – parkiran selalu penuh di jam makan. Tapi pelayanan yang cepat dan mayoritas pelanggan adalah orang kantoran yang kudu balik kantor, antrian pun tidak terlalu lama. 3 kali makan disana, kondisinya sama, rame lancar, bahkan malam hari pun demikian. Lareeess Manesss. Jadi sekali waktu saking males antri, saya minta dibungkus dan terus dikantor sibuk, akhirnya kelupaan dan baru dimakan di rumah.

Hati sudah ciut nih. “Hadeuh kenapa tadi pesennya Mie Titi ya? Udah ga enak donk”. Dengan lemas ku buka bungkusannya dan woowwww – mi titi nya (mi kering khas makassar) ternyata masih kriuk kriuk alias ngga melempem. Gilingan, padahal udah 3 jam loh dan mie ini masih tetap kriuk dan saat ku buka bungkusan kuah-nya, kuahnya masih segar dan maknyooossss.

Mie titi ini adalah hidangan khas makassar. Terdiri dari Mie Kering yang disiram dengan kuah semacam capcai, tapi lebih kental dan berbumbu. Namun bukan bumbu rempah, melainkan karena isiannya banyak dan macem macem, isian inilah yang membuat kuah jadi lebih memiliki rasa. Isiannya ada ati ayam, sayur, bakso, udang dan masih banyak lagi campuran daging di dalamnya. Meriah dan jumbo, satu porsi bisa buat ber tiga (kalau pakai nasi, kalau digado mah saya dua porsi juga habis ohhohooo – dasar maruk).

review kedai pelangi makassar di jakarta

ayam asam manis saus terpisah

makanan khas makassar ayam tanpa tulang

Selain mencoba mie titi-nya. Saya juga pernah memesan Ayam Tanpa Tulang dan Ayam Asam Manis. Wuiihhhh disini semua-nya memiliki rasa yang dahsyat!!! Sebetulnya Ayam Tanpa Tulang adalah hidangan salah pesan ohhooo saya kira ayam tanpa tulang itu semacam di KFC, Mc D, yang isinya ayam filled yang ditepungi. Ternyata disini berbeda. Tak hanya sekedar dibalur tepung, tapi juga ditumis dengan aneka bumbu cina. Widiihhh salah pesen yang membuat saya justru pengen balik sana terus hahahahaaa … enak banget. Ayam asam manisnya juga istimewa, saus yang disajikan terpisah itu memiliki rasa yang segar dan nikmat. Huiihhh rekomendasi semua nih. Sayang sekarang saya tinggal jauh dari Kedai Pelangi, coba dekat, bisa seminggu 3 kali kesana nih ohohohoo. Pantes Pelanggannya membludak termasuk Pak JK ya. Mantab punya sih.

——————————————————————-
Nama : Kedai pelangi
Kategori : Makanan khas makassar.
Alamat : Jl. Wahid hasyim no 108. Menteng
Telp : 021 319 088 39
Jam buka : 10.00 – 22.00
Range Harga : 25.ooo
——————————————————————–
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com
  • Add Your Comment