Kecelakaan yang Menambah ‘Pengetahuan’ di Singapore

harbour-front-catur-guna

Pagi ini saya dan Zara berencana menuju Vivo City di Harbour Front Singapore. Namun rencana tersebut batal karena tiba tiba saya terjatuh sekitar 10 anak tangga di MRT Toa Payoh. (Akhirnya saya baru ke Harbour Front keesokan harinya). Dan hmm bisa dibayangkan saya terjatuh sambil menggendong Zara. Syukurlah Zara tak terluka sedikit pun. Saya juga hanya terluka pada tulang kering. Namun meski hanya tulang kering, sakitnya luar biasa xaxaxxaaa. (Dibawah ini foto tangga tempat saya jatuh dan kondisi kaki usai dibersihkan)

spore-tangga-toa-payoh spore-jatuh

Lalu apa hubungannya dengan Pengetahuan??? Ini dia jawabannya :

Setelah terjerembab dan mencapai lantai bawah, puluhan orang mengitari saya, termasuk Sophia (kakak saya yang hendak berangkat kerja dan rencananya kita akan menggunakan kereta yang sama). Begitu melihat kondisi saya, sophia langsung lari pergi ke toko obat. Sembari menunggu Sophia, puluhan orang yang mengerumuni saya tiba tiba langsung memijat dan terus bertanya dengan cemas apakah saya baik baik dan hebatnya selama kurang lebih 7 menit duduk terkulai ditangga, selama itu pula puluhan orang mengerumuni saya sambil terus bertanya apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu saya.

Termasuk ada satu orang yang menawarkan memanggil ambulance. Ia tampak sangat galau. Saya katakan tidak dan ia pergi lalu datang lagi tanya lagi pergi lagi dan datang lagi meyakinkan saya bahwa saya benar benar tidak butuh bantuannya. Ia datang dan pergi sampai 5x … hmmm ia sangat mencemaskan saya orang yang tak dikenalnya. Saya sangat terharu. Sayang saya nyaris pingsan jadi tak sempat ngobrol apalagi tanya nomor telpon hehhee. Yang jelas ia termasuk salah satu orang yang membuat saya sadar bahwa orang singapore tak se cuek yang saya kira selama ini.

4x ke Singapore, kesan saya mereka sangat individual, tidak peduli orang lain dan kurang ramah. Namun kejadian ini membuat saya berpandangan lain. Ternyata mereka sangat peduli pada orang lain yang benar benar membutuhkan.

Hal lain lagi, petugas MRT datang dan mengajak saya istirahat di kantor. Ia mencatat nomor telp Sophia sebagai wali saya di spore. Dan hmmm tak disangka sore harinya petugas tersebut menelpon dan menanyakan kondisi saya apakah baik baik atau membutuhkan bantuan lebih lanjut.

Pelajaran kedua yang saya petik dari kejadian ini adalah : Rasa Tanggung Jawab pihak MRT yang masih menanyakan kembali kondisi saya setelah pulang. Mereka bahkan bersedia menangung jika saya minta ke dokter. Padahal tak ada yang salah pada tangga mereka, saya sendiri yang kurang berhati hati.

Wah kejadian seperti ini, benar benar memuaskan saya sebagai turis dan saya semakin menikmati Singapore.

——-

Dan taukah anda??? Sejak kejadian jatuh tersebut, saya mencoba berkomunikasi dengan orang Singapore di jalanan. Daann hasilnya??? Sangat diluar dugaan!!! 5 orang berbeda memiliki respon yang kurang lebih sama. Salah satunya :

Saya melihat seorang wanita kantoran dengan wajah datar sedang duduk menunggu MRT datang. “Maaf kalau mau ke China Town, dimana antrinya?” tanya saya. Tak disangka tiba tiba wanita yang sedang datar tersebut langsung tersenyum sangat lebar dan berdiri demi mensejajarkan wajahnya dengan wajah saya. Sangat sopan.

Lain kesempatan juga saya mencoba untuk tersenyum pada beberapa orang dan ternyata lebih banyak yang membalas senyuman daripada tidak. Hmmm ternyata orang Singapore tak se individual yang selama ini saya kira.

Mereka memang tak ingin mengurus orang lain tapi jika ada orang yang membutuhkan bantuan, mereka memiliki sikap sangat terbuka dan tulus. Hmmm andai saya tak terjatuh, mungkin saya tak akan mengetahui sisi keramahan orang Singapore ini. Celaka membawa Ilmu.

spore-zara-renang spore-renang spore-area-main spore-area-bermain

Hmmm .. kejadian ini meski kaki masih senat senut banget. Tapi karena senang dapat Pengetahuan Baru, maka saya pun tetap semangat. Meski tidak jadi ke Harbour Front tapi saya tetap ingin menghibur Zara dengan bermain main gratisan di kolam renang apartemen dan play ground play ground yang ada nyaris di tiap sudut daerah Toa payoh.

Oya, ada satu pengetahuan juga, di Singapore orang yang terluka atau sedang sakit, tidak boleh masuk kolam renang umum. So, mau renang dimana aja kolamnya, tampaknya bersih dan higienis heheee .. Dan, saya pun semakin menikmati Singapore!!!

Sampai Apartemen, tralalalaa … saya memasak Spaghetti Saus Cream kesukaan Zara. Resep klik disini

spore-spaghetti

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

  • Add Your Comment