Jakarta diguncang Badai Ayam Goreng Lengkuas Gula Jawa

Ayam Goreng Lengkuas merupakan masakan yang banyak di kenal orang berasal dari Minangkabau. Namun selain Minangkabau, hidangan ini juga populer di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya adalah Surabaya Jawa Timur. Meski namanya sama, namun ayam goreng lengkuas khas Minang dan Surabaya memiliki ciri khas yang cukup berbeda.

Ayam Goreng Lengkuas khas Surabaya memiliki rasa sangat gurih dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang. Aromanya pun wangi dan teknik memasak diungkep menghasilkan ayam bertekstur lembut yang empuk.

Bulan Maret 2016 kemarin saya dikagetkan oleh promo di Instagram @gulajawasweet, AYAM GORENG LENGKUAS DISKON 50%!!! Tanpa pikir panjang saya langsung pesan 6 ekor. Karena sebagai orang Jawa Timur, ini adalah menu favorit saya. Dan wuhuuuu ini Enaaakkk!!!

Saya pun jadi kalap, dari awal maret sampai akhir maret saya suami dan anak akhirnya habis 15 ekor ayam !!! Kemudian seperti biasa, saat menemukan yang enak dan murah pasti saya share di FB dan IG plus group WA. Tak disangka teman teman merespon luar biasa. Mereka pada pesan. Tak hanya sekali, tapi teman teman juga lantas kalap seperti saya. Pesanan pertama rata rata 4-6 ekor. Lalu pesan ke dua ada yang langsung 8, 10 ekor bahkan 11 ekor langsung. Padahal mereka bukan orang Jawa Timur yang terbiasa makan ayam lengkuas, tapi mereka mengaku suka banget. Yes, masakan Gula Jawa bener bener sedeep. “Ayamnya enak, Sambalnya cetaaar”, ini adalah ungkapan suami dan teman teman yang ikutan memesan.

Gula jawa testimoni

Setelah kuupload ternyata responnya banyak hehe jadi seneng pada suka sama ayamnya. Saking happynya aku sama ayam ini, sampai dibilang duta gula jawa sama temen hihihi

Gula jawa ayam goreng lengkuas

ayam goreng lengkuasnya enak banget – terutama temen temen pada suka sama sambal bawangnya

Gula jawa ayam goreng lengkuas

Stok Ayam Goreng Lengkuas dirumah hehhee ternyata habis hanya dalam beberapa hari saja

Namun, keberuntungan jatuh pada saya. Berkat banyak teman teman yang pesan dan bilang tau dari FB / insta saya, owner Gula Jawa lantas menghubungi saya dan mengundang makan dirumahnya bersama keluarga. Mana mungkin saya tolaaaak. Dan inilah yang disajikan kepada saya saat makan siang dirumahnya:

Gula jawa suami dan kenzo

Suami dan Kenzo saat di Dapur Gula Jawa menanti hidangan tiba

Gula Jawa Lempah Ikan

Zara suka banget sama Lempah Ikannya — ketagihan

Gula Jawa Lempah Ikan

Lempah Ikan Khas Bangka buatan Gula Jawa ini Enaaaakkk Segernya.

Gula Jawa Lempah Ikan

Ternyata ngga cuma masakan khas Jatimnya yang otentik. Masakan khas bangka nya juga bangka banget

Gula Jawa Lempah Ikan

Terasi khas Bangka itu khas banget. Melembutkan rasa masakan dan bikin wangi hidangan. Beda dengan terasi jawa yang tajam, terasi bangka itu manis wangi. Dan inilah rasa kuah si lempah Gula Jawa. Seger nanas campur manis wangi terasi khas Bangka

Hidangan Pertama : Lempah Ikan

Lempah Ikan adalah masakan khas Bangka. Lempah Ikan bukanlah lempah jika dimasak tanpa terasi asli Bangka yang bertekstur lembut dengan rasa manis udang yang khas. Pertempuran terasi bangka, sereh, lengkuas dan nanas dalam jumlah besar, terasa begitu memanjakan lidah saya sekeluarga. Ada rasa manis dan asam yang teramat segar. Ini enak banget!!!

Zara, anak saya yang masih balita doyaaaan banget. Sampai minta tambah nasi, begitu pula suami saya, sampai nambah 2 kali. Nasi di Piring pertama dan kedua ia makan bersama Lempah Ikan, piring ketiga ia makan dengan empal suwir. Luar biasa, tak hanya ayamnya yang khas Surabaya, bahkan dengan masakan khas Bangkanya kami juga sangat cocok.

“Menu ini ngga ada di brosur, karena menu ini adalah salah satu menu yang saya sajikan pada pelanggan yang rutin pesan nasi kotak tiap minggu untuk rapat. Buat variasi aja biar ngga bosan”, kata Bu Tri Karmila, owner Gula Jawa.

Gula jawa empal suwir

Empalnya ini cocok banget sama selera lidah saya sekeluarga. Jujur malah sedep ini sama yang sering makan di Surabaya hihi.

Hidangan ke dua Empal Suwir

Empal suwir cukup populer di tanah Sunda dan Jawa Timur. Rasanya ada manis asam dan asin dengan daging yang agak basah sehingga terasa lembut sekaligus tajam dilidah. Lembut karena daging yang disuwir ini membuat empal jadi terasa lunak. Dan akibat disuwir ini pula, bumbu terasa lebih menyerap sempurna. Jagoan deh ini. “Empal Suwir ini ada dalam menu kotak yang Nasi Pecel dan Nasi Udang Crispy”, kata Bu Mila menjelaskan.

Gula Jawa Lumpia Surabaya

Kulitnya lembuuutt banget. Beneran nagih lumpia ini

Gula jawa lumpia surabaya

Lumpia Surabaya bikinan Gula Jawa ini asli enak banget. Begitu digigit kresss berasa sayuran segar yang asyik

Gula jawa lumpia surabaya

Saooossss nya lumpia ini cetar abis

Snack : Lumpia Surabaya

Terus terang, saya baru tahu jika Surabaya punya Lumpia. Sekali mencoba saya langsung kalap, 3 lumpia saya makan dalam tempo 20 menit hihihi. Enak banget. Kulit lumpianya sangat lembut, isiannya ada tauge, rebung, wortel dan udang kecil kecil. Biasanya rebung adalah ingredient paling mengganggu buat saya, tapi di lumpia basah ini sama sekali ngga ada aroma rebung yang tajam. Duh bener deh enak.

Apalagi ketika di cocol dengan sausnya yang berwarna coklat. Saus perpaduan antara tauco, bawang putih dan merah ini, mirip sekali dengan saus untuk bebek panggang kesukaan saya. Tapi saus ini lebih ringan. Jajanan yang rekomendasi banget untuk dipesan.

————–

Haiyaaahhh sungguh memalukan acara jamuan kali ini. Kami sekeluarga kalap seperti orang ga pernah makan hahahaa. Entahlaaahh,.. semua masakannya enak. Akibatnya kami sekeluarga kalap. Ini membuat saya bertanya tanya. Kenapa semua masakannya bisa sedep??? Baik yang bergenre Jatim, Jabar dan Bangka, semuanya itu terasa pas dan sedap. “Asal kita tahu dasar bumbu Dapur, memasak itu mudah”, tutur Bu Mila.

“Contohnya, ketika kita memasak dengan bumbu ngohiang, jangan dicampur dengan merica, rasanya akan hancur. Atau misal dalam masakan kita ingin menonjolkan aroma kencur, jangan beri lengkuas terlalu banyak. Karena lengkuas dapat menetralkan aroma kencur. Dan tentunya masih banyak pengetahuan lainnya yang harus kita tahu. Kalau sudah tau dasar dasar itu, memasak pun akan jadi mudah”, lanjutnya.

Selain pengetahuannya yang mendalam tentang bumbu dapur. Ternyata Bu Mila ini sebelum membuat Gula Jawa, juga bekerja sebagai Human Nutrition. Ia sangat memahami seluk beluk makanan dari segi kimia juga. Maka tak heran jika kemampuannya ini membuat aneka masakannya lezat dan sedap.

“Saya juga selalu melakukan uji stabilitas terhadap masakan yang saya jual. Hanya menu yang lolos ujilah yang saya jual. Yang lolos pun, setiap ada pesanan, selalu random saya ambil satu untuk saya simpan dirumah. Jam 9 malam baru kami coba apakah semuanya masih memiliki rasa yang enak atau tidak.”, katanya menceritakan bahwa ia sungguh serius membuat Gula Jawa ini. “Saya takut mengecewakan pelanggan dan saya ingin setiap orang memakan masakan saya dengan bahagia”.

Gula jawa sambal terong

Baru kali ini makan terong, enak ternyata. Lembut dengan aroma bakaran yang sippo. Wah masakan Bu Mila ini semuanya jos

Gula jawa zara

Selama di Dapurnya Gula Jawa, zara ngga cuma makan habis 2 piring tapi juga ngemiiill terus hehee

Banner gula jawa

Oya, Gula Jawa sendiri adalah catering rumahan yang telah ada sejak puluhan tahun silam di Pasuruan Jawa Timur. Baru pada november 2015 ini ia buka di Jakarta dan masih bergerak di wilayah delivery order Jakarta dan sekitarnya. “Kedepan cita citanya pengen buka restaurant. Tapi masih disusun konsep dan juga cari lokasi dulu”, kata Bu Mila dengan semangat.

Meski baru buka november 2015 kemarin tapi pelanggannya ngga main main loh. Saat saya kesana, mereka sedang sibuk membuat Tumpeng buat Ulang Tahun istri mantan Wapres Indonesia, Tri Sutrisno. Ngga cuma tumpeng tapi juga hidangan lainnya seperti galantine. Wooowwww mau tau seperti apa tumpeng buat keluarga Pak Tri? Tunggu artikel selanjutnya ya. Ini sudah panjang banget hehe.

Okay !!! Akhir kata Di tunggu restonya dan terima kasih jamuan makan siangnya yang luar biasa enak sekali ini. Gula Jawa benar benar catering yang menawarkan Rasa Kampung Halaman.

——
Untuk yang ingin tau apa sih Gula Jawa itu dan juga menu apa saja yang ada di Gula Jawa, plus bagaimana rasa masakan Nasi Kotaknya bisa baca diartikel saya sebelumnya. Klik link dibawah ini untuk membaca

Gula Jawa – Nasi Kotak Rasa Kampung Halaman

Baiklaaah, kira kira ini review dari saya tentang Gula Jawa semoga bermanfaat dan yuk mariii di coba. Beneran ga bakalan nyesel deh.

——————-

Lokasi Dapur Gula Jawa : Karet Pedurenan Jakarta Selatan

Pemesanan via Telpon / Whatsapp ke nomor 08159113540
INSTAGRAM @gulajawasweet
FACEBOOK @gulajawasweet

    1. Pepy Nasution April 7, 2016
      • Catur Guna April 10, 2016

    Add Your Comment