Inilah Rasa Mie Gerobak Langganan Para Jawara Badminton Dunia

14 tahun berlalu dan akhirnya saya bertemu lagi dengan Mie Gerobak langganan saya dulu ketika masih tinggal di asrama Jaya Raya, Pak Eko. Gaya dan rupanya masih tetap sama, santai dan cubby. Sifatnya juga tetap ramah dan hmmm Sayang es campurnya sedang tak jual efek dari barusan bulan puasa, jadi Ragunan masih sepi. Oya dan kini lokasinya sudah pindah dari tempat yang dulu.

“Iya sekarang ngga boleh dagang didalam. Jadi terpaksa pindah kesini. Disini sepi, kan jarang yang lewat, jauh dari asrama”, katanya saat saya tanya “Pantes kapan hari saya cari kok ga ada, ternyata pindah”.

Yes Pak Eko ini adalah penjual es campur di daerah Kawasan Atlet Ragunan sejak tahun 1986 dan di tahun 2000an mulai jualan Mie Ayam juga. Dulu ia selalu memarkir gerobaknya dibawah pohon di tengah tengah antara asrama Jaya Raya, Ragunan dan Jayakarta. Lares maneess pastinya karena yang jualan disana memang hanya dia dan kalau sore ada penjual somay keliling, Mas Boy yang juga parkir sebentar di sebelah Pak Eko ini.

Oya, sebelum Pak Eko jualan mie ayam, ada pedagang lain Mang Ucup yang jualan Mie Ayam. Namun sejak Mang Ucup ngga jualan, Pak Eko pun menggantikannya dan rasanya ngga beda beda dengan Mie Mang Ucup. Modelnya pun sama, pakai krupuk pangsit goreng.

temen-badminton

Senangnya karena meski lupa nama, tapi ia masih ingat wajah saya si atlet yang gagal ini xaxaxaa dan menyambut saya dengan ramah saat pertama tiba di warungnya. ” Aahh lama ngga jumpa. Sekarang nglatih disini?”, jawab saya, “Oh ngga, hanya main” dan sambil menunggu mie pesanan, saya mencoba menimbulkan sensasi nostalgianya.

Ia pun berkisah, ” Iya ya banyak pemain dunia yang dulu menjadi langganan mie dan es campurnya saya. Susi Susanti, Mia Audina, Lius Pongoh (dan beberapa nama yang ia masih ingat tapi saya lupa siapa saja)”. Matanya seolah menerawang ke masa masa saat ia masih muda itu. Dan ketika di zaman saya pun banyak langganannya yang sukses berprestasi seperti Markis Kido, Hendra Setiawan, Greysia Polii, dan beberapa nama lainnya. Oya selain badminton, tentu Juara dari Cabang lain juga ya, karena Ragunan ini kan mencakup semua olah raga.

mie-ayam-pak-eko

Teringat dulu ketika usai berlatih kami semua duduk di depan asrama dan silih berganti ada teriakan dari asrama pria dan juga wanita, “Mang Mie 1 saosnya yang banyaakkkk”, “Paakk aku es campur ga usa pake kolang kaling”, Pak Pak dan Mang semua memanggil. Yeah, apa sih yang lebih menyenangkan daripada usai berlatih lelah, duduk santai sambil menikmati mie ayam dan es campur. Nikmaaatttsss.

Mie ayamnya menggunakan mie pabrikan biasa seperti penjual mie ayam gerobakan lainnya. Baksonya pun bakso pabrikan. Namun racikan bumbunya cukup sedap. Manis dengan sembulan rasa jahe yang tipis dan gurih minyak bawang yang wangi. Dan terutama, ayamnya jelas daging ayam hohoho. Jadi makannya juga pede ngga takut takut.

mie-ayam-pak-eko-zara

Dibanding mie ayam kaki lima lainnya yang terkenal di Jakarta, memang rasa Mie Pak Eko ini bukan istimewa. Namun kisah nostalgia yang terekam pada kami kami pelanggannya ini tak mungkin bisa dilupa. Saya pribadi setelah 14 tahun tak kemari, begitu kemari maka pertanyaan saya adalah “Pak Eko masih jualan ngga” xaxxaaaxaaa.

Jadi kalau anda sedang main di Ragunan, bolehlah cobain Mie Ayam Pak Eko, pedagang gerobakan langganan Para Legenda Juara Badminton ini. Mie Ayam dan es campur yang menjadi pelepas lelah para jawara disaat masih pada remaja. Oya sekarang Pak Eko masih jualan di area kawasan atlet Ragunan, namun sudah bukan di bawah pohon, melainkan pindah di kios kios yang berjajar dipintu masuk ke kawasan atlet ini. Ia berada tepat disamping toko olah raga.

mie-ayam-pak-eko2

Buka setiap hari pukul 10.30 sampai 7 malam. Kalau minggu buka dari jam 6 pagi. Sehat sehat terus ya Pak Eko, supaya kami bisa tetap bernostalgia rasa yang sama meski Kawasan Atlet Ragunan kini wajahnya sudah berubah total. Untuk Harga standart kaki lima, mulai dari 9.000 IDR mie ayam pangsit goreng tanpa bakso.

——————————————————————-
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

 

  • Add Your Comment