EDITORIAL Seruuu!!! Edisi Nagano

Shinkansen asama 521 dari Ueno Tokyo menuju ke Nagano melaju pesat, secepat degub jantungku yang masih tidak percaya jika saat ini saya sedang berada di Negeri Impian masa kecilku, Jepang!!!

Pk. 11.31 adalah jadwal tiba kereta cepat bernama shinkansen di jalur nomor 20. Kereta ini dijadwalkan tiba di Nagano pukul 13.22 di jalur nomor 14. “Ayooo cepat – nanti terlambat” kata suami yang berjalan setengah berlari menuju jalur 20 stasiun Ueno. Dan wooww, kereta berangkat benar benar sesuai jadwal. Begitu jam digital di stasiun berubah menjadi 11.31, kereta pun langsung bergerak dan melesat. Kami pun tiba di Nagano, tepat sesuai jadwal, 13.22. Weeewwwww…

hal-1-anggun-nugrho

Ketepatan waktu yang terlalu mengagumkan bagi saya yang terbiasa menggunakan jasa kereta di Indonesia. “Di Jepang, jam tangan harus disamakan dengan jam di stasiun. Karena terlambat beberapa detik saja, bisa bisa kita ketinggalan kereta”, kata suami yang sudah 1,5 tahun lebih dulu tinggal di Nagano City, Nagano – Jepang.

Setelah enam bulan tinggal di Nagano, saya merasakan, ternyata tak hanya shinkansen, melainkan kereta biasa JR juga sangat ontime. Bahkan bus dan travel yang mengandalkan jalan raya yang terkadang macet terkadang lancar pun, juga sangat ontime dengan jadwal datang dan tiba-nya.

hal 1 bus di jepang

Hebat!!! Sebuah budaya Displin Waktu yang patut di acungi jempol. Dan hmmm… selama saya di Jepang, banyak sekali jempol jempol saya acungkan untuk Negara ini, terutama di kota saya tinggal Nagano. Sehebat apa kisahnya??? Semoga rangkaian artikel mengenai Pengalaman saya selama di Nagano Jepang, dapat bermanfaat …

Salam seru!!!

Catur guna yuyun ang

Untuk memesan hotel secara online di Nagano Jepang, bisa pesan di link ini, untuk melihat jadwal kereta di Jepang bisa klik disini.

 

 

 

  • Add Your Comment