Cara Naik Bus di Jepang (Photo Step by Step)

Sudah sampai Jepang, harus mencoba naik kendaraan umumnya dong. Nah bagi anda yang belum tahu bagaimana cara naik bus di Jepang, berikut step by step cara naik bus di Jepang lengkap dengan photonya :

1. Masuk Bus dari Pintu Tengah
2. Ambil tiket dari mesin yang terletak di samping kanan pintu masuk
3. Duduk dimana saja, namun sebaiknya utamakan lansia dan ibu hamil juga ibu dengan bayi
4. Tekan tombol yang ada di tiang tiang bus, jika anda ingin turun
5. Bayar biaya bus sesuai dengan tarif melalui mesin pembayaran yang terletak di samping sopir (pembayaran sebaiknya dengan koin, namun jika anda tidak memiliki koin, bisa ditukar pada mesin yang sama. Masukkan uang lembaran maksimal 1000 yen atau koin 100 yen ke mesin tersebut dan akan keluar beberapa koin dengan nilai yang sama)
6. Saat membayar, sertakan tiket yang ada ambil ketika naik
7. Keluar melalui pintu depan

hal-4-naik-bus-di-jepang-2

hal-4-naik-bus-di-jepang-3

hal-4-naik-bus-di-jepang-4

hal-4-naik-bus-di-jepang-5

Selain bus satu tarif seperti Binzuru dan Gururin Go, bus di Nagano memiliki tarif seperti taxi. Semakin jauh maka tarif yang dibayar akan semakin mahal. Supaya tidak bingung, ini cara kita tahu berapa tarif yang harus kita bayarkan. Tiket yang kita ambil dari mesin saat masuk, ada tertera nomor. Ini bukanlah nomor kursi, melainkan nomor halte tempat kita naik. Jadikan nomor tersebut sebagai patokan.

Kemudian lihatlah papan digital di atas sopir. Disana ada tertulis nomor 1 sampai dengan 12 atau 30 (tergantung banyaknya halte yang dilewati bus). Kemudian dibawahnya ada tertulis angka. Misal di tiket anda tertulis nomor 1, maka lihatlah angka dibawah nomor 1. Jika seperti pada foto tertulis 270, berarti harga yang harus anda bayar adalah senilai 270 yen dan begitu seterusnya. Mudah kan? Sekarang anda sudah bisa naik bus di Jepang.

hal-4-naik-bus-di-jepang-6

hal 4 naik-bus-di-jepang-7

hal-4-naik-bus-di-jepang-8

hal-4-naik-bus-di-jepang-9

 

Untuk memesan hotel secara online di Nagano Jepang, bisa pesan di link ini, untuk melihat jadwal kereta di Jepang bisa klik disini.

———————————————————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

 

  • Add Your Comment