Zenkoji – Kuil 1400 Tahun

The Japanese have long been told to visit the ancient Zenkoji Temple at least once in their lifetime. Not only is it the heart and soul of the people, it is a temple of outstanding history and architecture.

Dua kalimat pembuka yang sangat menarik hati bagi saya. Untaian kata ini saya dapatkan dari majalah di tourism information, tentang Zenkoji. Dan saya pun menuju ke sana. Sekitar 30 menit dengan jalan kaki dari Stasiun Nagano.

Perjalanan menuju Zenkoji

Saya, memilih untuk berjalan kaki menuju Zenkoji karena bisa menikmati suasana kota dengan lebih santai. Dimulai dari area patung Princess Nyoze, kita akan disambut oleh rombongan burung dara. Burung ini sangat dekat dengan manusia. Sedikit mendongakkan kepala, kita akan melihat bahwa kota ini dikelilingi gunung bukit berbukit secara 360 derajat.

hal-3-menuju-zenkoji-1

hal-3-menuju-zenkoji-2

hal-3-menuju-zenkoji-3

hal-3-menuju-zenkoji-4

Udara segar, nyaris tanpa polusi. Karena kendaraan bermotornya, tidak mengeluarkan asap yang mengganggu. Sementara, kanan kiri jalan dipenuhi oleh penjual pernak pernik khas Jepang dan internasional yang layak dimasuki satu persatu.

Semakin mendekati Zenkoji, tepatnya di Nakamise-dori street, kita akan merasakan suasana romantic nostalgia dari zaman Taisho. Sebuah jalanan yang kental betul nuansa sejarahnya. Jalanan ini dibuat dengan 7.777 blok paving, sekitar 450 meter menuju ke Gerbang Niomon, yaitu gerbang masuk ke Zenkoji.

Di Nakamize-dori street ini, tersedia beraneka macam dagangan khas Jepang, terutama yang spesial dari Nagano. Seperti Soba dan Miso. Digadang gadang, soba dan miso Nagano adalah yang paling banyak diburu turis lokal dan manca Negara. Oya, disini soba tidak hanya dijual dalam bentuk mie, melainkan juga ada Soba Crepes. Miso pun tak hanya dikemas dalam bentuk mentahan atau sup, melainkan juga dibuat sebagai Miso Ice Cream.

Nagano sebagai salah satu penghasil apel terbesar di Jepang pun, mengemas kekayaan hasil kebunnya di Nakamize-dori dalam bentuk menjual stampel yang terbuat dari batang pohon apel. Ini bisa menjadi oleh oleh yang menawan. Dimulai dari 1890 yen perbuahnya, kita akan mendapatkan stampel dengan nama kita. Atau jika ingin hasil olahan apelnya, bisa kita beli di area stasiun Nagano. Disana banyak toko oleh oleh khas Nagano. Salah satunya adalah jajanan dari olahan buah apel yang bisa bertahan 2 samai 3 bulan.

Selain oleh oleh, banyak juga jajanan khas Nagano yang bisa kita makan sambil jalan menuju ke kuil, yaitu saka manju, senpe, yakimiso musubi dan oyaki. Waahhh pokoknya menyusuri Jalan menuju Kuil Zenkoji, tak akan membosankan.

hal-3-nakamize-street-1

hal-3-nakamize-street-3

hal-3-nakamize-crepes-nagano

hal-3-nakamize-ketemu-anjing

BAGIAN DALAM ZENKOJI

hal-3-nakamize-niomon-gate

hal-3-nakamize-niomon-mae-chan

zenkoji-nagano-jepang

kuil-zenkoji-jepang

Niomon Gate

Niomon Gate merupakan gerbang pertama menuju Main Hall Zenkoji. Di kanan kiri gerbang, ada patung Nio (simbol Penjaga Kuil Zenkoji) dengan tinggi 4,8 meter. Setelah memasuki Niomon Gate, kita akan menjumpai pohon permohonan dan juga beberapa mesin peramal. Cukup masukan sejumlah uang yang tertera pada vending machine, kemudian akan keluar kertas berisikan ramalan.

Di area ini, juga ada tempat untuk membersihkan diri. Fungsinya? Oke, kita simak dulu peraturan untuk memasuki Kuil Zenkoji ya. Peraturan ini tidak tertulis, namun inilah sebaiknya yang kita lakukan sebagai pengunjung yang baik (meski kita tidak beribadah disana).

  1. Melewati Niomon Gate, berarti kita telah izin kepada penjaga gerbang, bahwa kita akan masuk ke Kuil yang Suci, Zenkoji.
  2. Setelah Niomon Gate, ada gerbang lagi bernama Sanmon. Sebelum memasuki Sanmon Gate, berhenti ke tempat membersihkan diri, cuci tangan adalah hal paling utama. Namun beberapa orang Jepang juga sekaligus membasuh wajahnya.
  3. Setelah membersihkan diri, masuk melewati sanmon gate dan murnikan diri dengan asap yang berasal dari Incense Burner yang terletak di depan Main Hall. (pengasapan ini berarti apapun masalah yang kita hadapi akan dibersihkan)
  4. Masuk ke hall utama (main hall) dan anda akan melihat patung manusia berwarna perunggu. Patung bernama Obinzuru-sama ini dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit kita. Caranya : masukkan uang di kotak yang telah disediakan, kemudian letakkan tangan anda ke tubuh Obinzuru-sama (misal anda sedang sakit ginjal, letakkan tangan anda ke bagian ginjal Obinzuru-sama. Atau jika anda cedera patah kaki, letakkan tangan anda ke kaki Obinzuru-sama, dst). Kemudian mundur dan berdoa di depan Obinzuru-sama.

Setelah melakukan ritual bersih diri, barulah masuk ke Main Hall. Maaf tidak ada foto di dalam Kuil, karena tidak boleh memotret bagian dalam Gedung Utama.

hal-3-wudhu

 hal-3-vending-machine

hal-3-nakamize-mae-chan

hal-3-nakamize-senbe-1

Saya pribadi sering sekali datang kemari, baik bersama suami, sendiri atau bersama teman. Hanya duduk diam sambil menikmati kenyamanan dan ketenangan yang ditawarkan. Kadang juga terbersit oleh saya, betapa megah dan modernnya kuil ini 1400 silam saat pertama dibangun (bangunan ini masih orisinil, sempat dipugar karena terbakar. Namun tetap dijaga keasliannya). Disaat masih banyak bangsa primitif, Nagano telah memiliki kuil yang terlampau indah untuk dilukiskan dengan kata kata.

Oya, jika anda datang kemari pada bulan april akhir sampai dengan awal mei, perjalanan menuju ke Zenkoji di dekorasi dengan bunga bunga indah yang memukau.

Informasi :

Zenkoji Temple Office 026-234-3591

 

Untuk memesan hotel secara online di Nagano Jepang, bisa pesan di link ini, untuk melihat jadwal kereta di Jepang bisa klik disini.

———————————————————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

 

  • Add Your Comment