Dari Jajanan Pasar sampai Menu Utama di Pesta Masakan Solo

kegiatan jakarta seru

Ini adalah artikel ke tiga, sekaligus terakhir dari rangkaian artikel mengenai GELAR PESTA MASAKAN SOLO. Pada halaman ini, saya akan menceritakan tentang aneka hidangan yang disajikan di acara ini – tentunya diluar yang telah dibahas sebelumnya. Untuk membaca artikel sebelumnya, bisa klik disini untuk artikel pertama dan klik disini untuk artikel ke dua.

Untuk melihat serunya acara pesta masakan solo ini, bisa juga lihat videonya yang tayang di NET TV yang sudah diunggah di youtube yang berjudul IMS Festival Makanan Kota Solo atau klik disini.

Untuk rasa, Taste Dapur Solo tak perlu diragukan lagi.Karena untuk semua hidangan yang ada di Dapur Solo, mulai dari jajanan sampai dengan makanan bahkan minuman, resepnya langsung dari para pedagang legendaris di Solo-nya langsung. Ya, setiap hendak mengeluarkan menu baru, Ny. Swan Kumarga (pemilik Dapur Solo), selalu pulang ke Kampung Halaman di Solo, untuk belajar langsung dengan mbok mbok penjual menu tersebut secara langsung. Jadi, soal rasa, udah pasti otentik.

Namuunn, ada namunnya nih. Masakan Dapur Solo dengan yang ada di Solo-nya sendiri tentu ada perbedaan, yaitu Dapur Solo telah menyesuaikan kadar manis-nya sesuai dengan lidah orang Jakarta. Jadi, resep yang sama namun dengan kadar gula yang berbeda. Hasilnya??? Dimulai dari Garasi Rumah, kini bisnisnya sudah merambah jadi 4 restaurant megah dan besar dengan ribuan pelanggan dalam sehari. Salah satu blogger yang datang ke acara pesta masakan solo ini pun mengatakan, “Saya makan banyak tapi ngga eneg”.

aneka jajanan pasar khas solo

Jajanan Pasar Khas Solo

Cukup banyak ragam jajanan pasar khas Solo yang di sajikan di GELAR PESTA MASAKAN SOLO ini. Mulai dari yang langka seperti semar mendem sampai yang populer seperti sosis solo, tiwul, grontol, sawut singkong, cenil, karak bratan, mendut dan masih ada beberapa lagi (saking banyaknya sampai ngga hafal). Dan seru-nya, jajanan pasar yang sering kali ngangenin ini, ternyata dijual juga loh di Dapur Solo. Meski jajanan pasar versi lengkap ini hanya bisa dijumpai untuk pesanan catering, namun beberapa diantaranya dijual langsung di Resto Dapur Solo.

aneka hidangan utama di dapur solo

Menu Utama dari Dapur Solo Restaurant

Serunya, selain masakan yang disajikan secara prasmanan, para peserta bebas memesan hidangan khas Solo yang ada di buku menu Dapur Solo, seperti Nasi Liwet, Nasi Langgi, Selat Solot, Lontong Solo dan Tengkleng Kambing. Untuk mengetahui bagaimana rasa dari masakan ini, bisa lihat di artikel saya sebelumnya, klik disini untuk membaca. Yang jelas, seperti penampilannya yang menawan, rasanya pun sangat membuai lidah.

wedang ronde

semar mendem

Wedang dan Minuman Khas Solo

Wedang uwuh menjadi salah satu minuman yang dipilih oleh Net TV untuk masuk sebagai salah satu bahasan-nya di acara ini. Uwuh yang berarti sampah ini memang memiliki penampilan yang unik. Berwarna merah bening dengan bagian dalam terlihat seperti kumpulan sampah organik. Namun soal rasa??? Wiihhh segar dan hangat di tubuh.

Wedang lainnya adalah wedang ronde. Yang terbuat dari mochi yang disiram dengan kuah jahe. Rasanya nikmat aduhai. Lalu juga ada minuman segar lainnya yaitu es beras kencur dan es kunyit asam + yang oke punya adalah es cendol-nya yang luar biasa nikmat. Waduuhhhhh — kenyang puas dan nikmat. Kira kira inilah laporan acara GELAR PESTA MASAKAN SOLO yang diselenggarakan pada 16 Februari 2014 lalu.

 

Artikel tentang PESTA MASAKAN SOLO ini terdiri dari 3 artikel – untuk melihat langsung klik saja:

3. Dari Jajanan Pasar sampai Menu Utama di Pesta Masakan Solo
———————————————————————–
Acara ini di konsep oleh tim jakartaseru.com
———————————————————————–
Lokasi Acara : Rumah Makan Dapur Solo
Alamat : Jl. Panglima Polim I no 95 Jakarta Selatan
Telp : 021. 7222 311
 
 
RESTAURANT DAPUR SOLO LAINNYA :

Pusat JAKARTA UTARA
Jl. Danau Sunter Utara R 35-37
T : 021. 640 5812

JAKARTA UTARA II
Jl. Danau Sunter Utara No. 7 Sunter II
T : 021. 296 15 353

SERPONG
Ruko Melati Mas Square Blok A1 No. 22-23
Jl. Raya Serpong – Tangerang
T : 021. 5315 0505

———————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com