Daftar Review Kuliner di Sepanjang Jl. Surya Kencana Bogor

Hari ini saya khusus hunting kuliner ke kota Hujan Bogor. Lokasi yang saya tuju adalah kawasan Pecinan di Jl. Surya Kencana. Woooww … dan begitu memasuki area ini, mata saya langsung terbelalak lebar. Sepanjang jalan isinya pedagang makanan!!! Widiihhh surga banget buat pecinta makanan seperti saya. Nah yang saya review di artikel ini adalah khusus untuk kaki lima-nya. Untuk yang restaurantnya, di artikel lain yah. Ini dia review kuliner sepanjang jalan surya kencana bogor dari saya.

——————————————
1. Soto Kuning Pak Bongkok
    085715329883
    Mulyadi (nama pedagangnya)
    Harga nasi putih : 2.ooo ID/ porsi
    Harga daging : 5.ooo IDR/ porsi
——————————————
soto pak bongkok surya kencana bogor

Nama soto kuning, menurut saya berasal dari warna soto yang bener bener kuning. Tak cuma kuahnya aja, tapi bahkan dagingnya pun berwarna kuning. Karena, demi menghilangkan aroma daging, pak pedagang membalur daging sapinya dengan kunyit. Nah untuk kuahnya sendiri memiliki rasa manis dan aroma kunyit yang cukup menohok. Dagingnya sendiri agak kenyal kenyul, karena daging yang digunakan bukanlah daging sapi biasa, melainkan bagian kepala sapi. Bahkan kalau anda mau, disini juga ada bagian bagian kepala sapi lainnya. Monggo di lirik sendiri kalau anda kesini hehehe.

Sedangkan Nama Pak Bongkok sendiri, adalah pemberian pelanggan 40 tahun silam, karena postur tubuh penjualnya. Namun sekarang jika anda kesana, yang jual udah ngga bongkok hehee karena sekarang sudah diturunkan ke anaknya, Pak Mulyadi. Kaki lima ini buka dari jam 10.oo pagi dan 15.oo biasanya sudah ludes.

———————————————————
2. Combro dan Misro
    08561710679
    Solihin (nama pedagangnya)
    Harga : 1.5oo IDR/ biji
———————————————————-
jajanan di surya kencana bogor

Abis makan soto Bongkok, menuju ke rumah bernomor 277, di sana ada gerobak misro dan combro yang lezat. Saking enaknya, biasanya jam 2 siang nih gerobak sudah ngga ada karena udah kehabisan bahan. Menurut saya yang bikin combro dan misro pak solihin ini enak, karena parutan singkong nya kasar. Sehingga terciptalah adonan yang gurih ketika digoreng. Combronya berisi kacang kedelai hitam pedas, sedangkan misro berisi gula jawa leleh. Mak Nyuuusss

———————————————————
3. Es Pala Pak Ujang
    085890406084
    Pak Ujang (Nama Pedagangnya)
    Range Harga : 3.ooo IDR – 5.ooo IDR
———————————————————
es pala pak ujang bogor

Udah makan soto ama misro, saya pun mengakhiri kuliner kaki lima surya kencana ini dengan es pala pak Ujang yang legendaris. Disebut sebut, inilah warung minuman paling mantab di Surya Kencana. Lokasinya warung SSS (sangat sederhana sekali) di pinggir jalan tepat persisi di perempatan jl surya kencana gang aut. Biar sederhana, tapi bersih dan ramenyaaa bukan main. Pelanggannya pada setia sejak dari zaman 40 tahun silam. Minuman yang paling laris adalah ES PALA.

Pala adalah buah khas Bogor. Rasanya sangat segar. Nah meski di Bogor ini banyak yang jual es pala juga, tapi tetap racikan Pak Ujang ini yang bisa dibilang paling pakem. Soalnya biar warung kecil, tapi Pak Ujang sangat mengutamakan kualitas. Ia pun sangat mengerti buah mana yang sudah cocok dijadikan minuman dan belum. Sehingga nyaris semua minuman, terutama es pala, yang ia jual, endang segarnya. Selain es pala seharga 3.ooo IDR pergelas, disini juga ada aneka jus buah seharga 3.ooo – 5.ooo IDR, termasuk ada jus kemang yang cuma ada di Bogor. Buah kemang memiliki rasa asem sepet segar.

daftar review kuliner di bogor
————————————————————————————————————–

Ini dia sekilas review saya tentang kaki lima di surya kencana Bogor. Untuk review makanan Bogor lainnya, bisa dilihat di artikel lainnya atau klik disini. Makasih udah mampir baca baca yah

buat warung atau restaurant yang ingin di review oleh saya si blogger makanan dan travel .. (CONTOH REVIEW LENGKAP BISA DILIHAT DI ARTIKEL SAYA LAINNYA – kalau ini kan review singkat saja hehehe) monggo kirim email ke saya : caturguna@wisataseru.com / caturguna.ang@gmail.com

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @caturguna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/

    1. Dody October 18, 2014
      • Administrator October 21, 2014

    Add Your Comment