Daftar Penjual Sop Buntut Enak di Jakarta ( Review Seru tentang Sop Buntut )

review sop buntut enak di jakarta

Nah dibawah ini adalah review singkat beberapa restaurant atau warung penjual sop buntut di Jakarta yang pernah saya icip icip. Semoga bermanfaat ya untuk referensi kulinernya. Oyaaa tapi tiap lidah kan seleranya berbeda beda ya, semoga anda adalah orang yang memiliki selera lidah yang sama dengan saya hehehee. Mohon dimaklumi 🙂

 

————————————————————————————————————————————————————-
Tulisan review ini tidak ada tendensi apapun ya — ngga ada pesan ‘sponsor’ — semua murni review dari hati saya terdalam — kalau ada salah kata mohon maaf dan semoga terutama bagi pemilik resto yang saya review, tidak tersinggung. Sekali lagi maaf jika ada salah kata
————————————————————————————————————————————————————-

 

1. Sop Buntut Cut Mutia. Jl.Menteng Kecil I Jakarta Pusat. 021 3924213

Sampai sekarang, saya masih bisa menyebut, sop buntut Cut Mutia ini adalah yang paling nempeleng dari semua sop buntut di Jakarta yang pernah saya coba. Kenapa??? Karena dari sekian sop buntut yang pernah saya coba di Jakarta, sop buntut cut mutia ini adalah yang paling agak berbeda. Jadi tidak bisa dibilang paling enak juga, karena cita rasanya berbeda dengan sop buntut lainnya.

Sop buntut Cut Mutia ini dagingnya berwarna MERAH MUDA. Di toel putus. Rasa bumbunya yang gurih sederhana menyerap sampai ke daging. Kuahnya segar memuncak. Ringan tapi meninggalkan jejak yang cukup lama di lidah. Kalau dimakan sop nya saja, akan terasa sangat asin. Tapi begitu dicampur dengan nasi, PERFECTO.

Sekedar Info, Warung Sop Buntut Cut Mutia ini bentuknya benar benar warung kecil memanjang yang mepet tembok. Tapi inilah yang disebut kecil kecil cabe rawit. Biar kecil ramenya amit amit. Bahkan pelanggannya sampai ke Menteri (tentunya kalau menteri makannya dibungkus hahahaa – kaga makan disini) – saya tahu info sop ini jadi langganan para menteri, dari majalah Info Kuliner kalau ga salah inget. Hebat kan …

 

2. Dapur Buntut. Jl. KH. Abdullah Syafei No 50D. 021 8310 555

Saya meletakkan Dapur Buntut pada urutan ke dua, karena memiliki nilai unik. Yaitu ia memiliki menu SOP BUNTUT TULANG LUNAK. Weewww kebayang tulang buntut gedenya kayak apa. Eeee disini dijualnya sebagai tulang lunak hohoohoo!!! Pas saya pesan, sempet kaget juga sih, karena yang nongol buntut mungil nan imut imut yang pengen langsung ditelen hahahaa. Usut punya usut, untuk menu ini, buntutnya diambil dari buntut yang paling ujung dari sapi. Nah lalu di presto sampai lunak dan WOW bener bener bisa dimakan setulang tulangnya!!!

Lalu tak hanya tulang lunak, ia juga punya menu aneh lainnya, yaitu SOP BUNTUT KARAMEL. Pertama membayangkan, saya udah aneh duluan. Buntut manis apa enaknya??? Ternyata … treng teng teng teng … rasanya ajib enaknya!!! Karena karamelnya ngga manis, melainkan pedas wangi dari lada hitam. Jadi begitu di kunyah, rasanya seperti sedang memakan steak. Empuuuk dagingnya dan segar kuahnya.

 

3. Sop Buntut Mangga Besar. Jl. Mangga Besar I no 49 (patokan : Lindeteves belok kiri) Jakarta Barat (Kota) . Telp 021 6291384

Wow!!! Ini ungkapan saya begitu sop buntut datang di meja. Dagingnya besar gemuk dan kedip kedip minta segera di colek xoxoxoxoo. Ulik ulik, ternyata dagingnya sengaja di Import dari New Zealand. Karena di sana, sapi diternak secara massal dengan perawatan yang sama, sehingga menghasilkan kualitas daging yang memiliki standart. So, kalau dimasak dengan waktu yang sama, akan menghasilkan keempukan dan rasa yang sama pula.

Rasa dagingnya manis dari sari pati asli daging. Kuahnya segar hangat dari perpaduan jahe, cengkeh, pala, merica dan aneka rempah hangat lainnya. Sungguh mempesona. Kuahnya memang terasa lebih berat daripada kuah sop buntut lainnya yang pernah saya makan. Tapi rasa berat inilah yang membuat lidah terasa penuh rasa dan bergairah.

 

4. Sop Buntut ex Borobudur Mr. Sangid. Ragunan Pintu Barat Jl. Raya Cilandak KKO Kampung Kandang Jakarta Selatan (Bu Sri Nuraini di 021 93025015 atau 081318055800)

Saat makan disini, kebetulan yang jaga adalah sang pemilik langsung, yaitu Ibu Sri Nuraini, istri dari Mr. Sangit. Saya mencoba hampir semua menu dan semua wenaaakkk. Yang paling jos endos mak nyos adalah Sop Buntut Sambal Dabu-nya. Asam manis pedas-nya benar benar pas banget. Sampai sampai saya jadikan resep sambal dabunya sebagai resep rumah saya (suka saya modif buntut diganti dengan salmon – wenaaakkk – mau liat resepnya? klik disini). Dagingnya juga empuk dan gemuk. Kuahnya bening dengan bumbu sederhana yang terasa sangat ringan di lidah. Aku suka.

Hm …tapi karena ada banyak cabang. Saya tidak bisa menjamin warung lainnya juga sama enaknya dengan yang dimasak langsung oleh Bu Sri ya. Karena saya pernah makan di cabang yang lain, dan kecewa bukan main xoxoxooo … rasanya aneh dan dagingnya kurus kecil hitam (untung ngga hidup hehehee).

 

5. Sinou. Jl.Panglima Polim V No.26, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (+6221) 7258568 – 081999393556 (mita)

Biarpun bukan resto penjual sop buntut. Tapi sop buntut-nya layak selayak layaknya dipesan. Buntutnya yang dibalur tepung, terasa sangat crunchy dan begitu dibelah, dagingnya empuk. Kuahnya nikmat dan porsinya jumbo hehheee. Pesan 1 bisa buat 2 orang. Tinggal pesen aja nasi dua porsi.

 

6. RM Nusa Indah. Jl. KHA Dahlan 33 – Jakarta selatan. Hartati – 021 739 8883 (hartati)

Resto Nusa Indah ini menyediakan aneka hidangan dari pelosok Nusantara. Hebatnya semua enaaak!!! Termasuk Sop Buntutnya. Sop buntutnya gurih dan dagingnya kalau digigit kemrenyes gemuk gemuk aduhai. Saya kalau kesini pasti bungkus bawa pulang untuk di makan buat besok lagi hehehee. Semua yang pernah saya belikan juga bilang MANTAB. Rekomendasi untuk anda yang mau makan rame rame, selera beda beda, dijamin semua masakan disini memuaskan. Dan yang suka sop buntut jangan salahkan saya jika sekali kesini terus anda menjadi ketagihan hohoho.

 

7. Ikan Bakar Cianjur Jakarta : Jl. Cipete Raya no 35 Jakarta Selatan. 021 7697565

Biarpun judulnya berhubungan dengan laut, tapi disini juga menyediakan menu sop buntut. Rasa sop buntutnya bisa diperhitungkan untuk dipesan. Dan terus terang saya lupa rasanya hahahaa tapi seingat saya, saat itu, enak enak saja (karena tiap kesini saya pesennya selalu pesmol – nah waktu itu sekali saja kebetulan lagi pengen sop buntut dan nyobain deh – puas puas saja dengan rasanya)

 

8. RUMAH MAKAN BERKAH MPOK ATIK. Jl. Jeruk purut no 22 – Jakarta selatan. Samping gedung ratu prabu TB Simatupang ragunan. 021 781 5652

Wah, yang ini sebenernya bukan sop buntut. Tapi saya masukin aja ya hehehe karena kasian ngga punya kategori yang sama. Karena saya baru kali ini nemu sop daging sapi yang enak gila.  Biar enak gurihnya nempeleng, mpok atik memasak sama sekali enggak pake msg. Kuahnya seger mutakhir. Saya kalau makan disini pasti nyeruput kuahnya sampai tetes terakhir penghabisan.

Dagingnya sendiri JUMBO, empuk banget. Karena gede, saat  makan daging kudu digigit dan hasilnya adalah sensasi kres yang luar biasa belum saya dapatkan di tempat lain. Gurih banget!!! Warnanya pun kemerah merahan. Duuhhh seger banget kaan. Saking enaknya tempat ini rameeeee banget. Saya perhatikan, kayaknya warung ini mampu nampung 80an orang lebih. Tapi pas saya kesana siang itu, saya kudu antri dulu biar bisa semeja bareng temen temen hohohooo gila kaan ramenya.

sop buntut paling enak di jakarta

===============================================================================

sementara baru segini sop buntut yang pernah saya coba di Jakarta, nanti kalau ada lainnya lagi, saya tambahkan lagi dan semoga akan terus bertambah panjang yaahhh 🙂 doain terus banyak rejeki biar saya bisa makan kemana mana dan terus review buat pembaca jakartaseru sekalian yaaa 🙂 amiiinnn

buat warung atau restaurant yang ingin di review oleh saya si blogger makanan dan travel .. (CONTOH REVIEW LENGKAP BISA DILIHAT DI ARTIKEL SAYA LAINNYA – kalau ini kan review singkat saja hehehe) monggo kirim email ke saya : caturguna@wisataseru.com / caturguna.ang@gmail.com

===============================================================================

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com

  • Add Your Comment