Chili Oil Serba Guna – Magic Kitchen

chili oil the duck king

chili oil enak dimakan sama roast duck

Pertama kali makan chili oil adalah saat makan di The Duck King Restaurant – disajikan bersama dengan Roast Duck. Sesaat itu juga saya dan suami langsung jatuh cinta dan mencoba mencari ‘rasa yang mirip’ di supermarket. Ternyata beberapa yang kami beli, belum ada yang menyentuh hati seperti chili oil Duck King. Bahkan beberapa diantaranya, sehabis dicoba tidak kami makan lagi heheee (saat itu chili oil belum dijual di The Duck King botolan seperti ini).

Hingga kemudian tahun 2011 kami tinggal di Jepang dan kami tetap hunting chili oil. Beberapa diantaranya sama seperti di Indonesia, tidak memuaskan dan sampai akhirnya ketemulah ‘rasa yang enak’ atau bisa dikata membuat kami teringat akan chili oil The Duck King. Akhirnya seminggu sekali kami pasti membeli chili oil tersebut. Oya, chili oilnya yang enak ya seperti yang saya foto, dibagian atasnya (tutup) ada gambar kuda.

chili oil jepang

Hingga di akhir tahun 2013, saya makan di The Duck King kembali dan “Loh ada booth di depan resto yang menjual cabe botolan berisi chili oil” … BOROONNNGGG (the Duck King di Grand Indonesia) – murah meriah banget cuma 20.ooo IDR / botol (kata mbaknya lagi promo). Akhirnyaaa bisa membawa chili oil Duck King ke Rumah. Seneng bangeeettt.

Chili Oil sendiri tampaknya merupakan cabe khas Sichuan. Dibuat dari Minyak Sayur, Cabe Kering, Bawang, Cabe Besar, garam dan gula (ingredients yang tertulis di botol xixixiii). Rasanya itu dahsyat – pertama dimakan, terasa manis, lalu makin lama baru akan terasa pedas yang tipis dan tiba tiba perut sudah terasa panas karena enak dan makan kebanyakan hohohoo.

Hebatnya, chili oil ini dimakan dengan apa saja enak. Saya sendiri sering menggunakan chili oil sebagai bumbu nasi goreng. Cukup dengan mencampurkan satu sendok chili oil ke satu piring nasi putih, diberi sedikit garam dan kecap dikit saja. Siapkan minyak, tumis telur (orak arik) masukkan nasi yang sudah diulen bumbu dan jadi deh. Tinggal ditambah telur ceplok / ayam goreng atau apapun bahan yang ada di rumah. Rasanya??? Dahsyat jauh lebih enak dari bumbu jadian dan pastinya lebih sehat karena ngga pakai micin.

memasak beef katsu sendiri

ebi tempura masak sendiri di rumah

Jamur Spaghety masak di rumah

Jamur Crispy masak di rumah

Selain untuk nasi goreng, chili oil ini juga saya gunakan untuk campuran masakan saya di rumah lainnya seperti : spaghety saus jamur atau bahkan Indomie. Indomie yang dikasih chili oil rasanya langsung BEDA ENAKNYA, ENAK BANGEETTTT!!! Selain itu saya sajikan bersama gorengan gorengan seperti beef katsu, ebi tempura, jamur crispy dan lain lain. Mantaabbbb!!! Makin lahap deh makan di rumah. Inilah dahsyatnya Chili Oil The Duck King, dimakan dengan lauk basic daging, seafood, jamur bahkan sebagai bahan campuran mie dan nasi goreng, MANTAABBB ENAKNYA. Inilah mengapa saya menyebut MAGIC KITCHEN. Karena bumbu ini akan menyulap masakan anda setingkat lebih enak.

============================
Keterangan Product :
Chili Oil
Produksi : The Duck King
Harga Promo : 20.ooo IDR/ botol
Beli di : The Duck King Restaurant
============================

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com

 

  • Add Your Comment