Cara naik Kereta / MRT di Singapore

MRT-singapore

Mass Rapid Transit atau biasa disebut MRT adalah alat transportasi massal yang sangat vital di Singapore. Karena alat ini mengangkut hampir seluruh aktivitas warganya. Nyaris semua penjuru Kota Singa ini bisa digapai hanya dengan menggunakan MRT. So kabayang kan praktis dan betapa vitalnya alat transportasi berupa kereta ini.

Bagi sebagian turis, naik MRT sendirian bisa dibilang cukup menakutkan. Karena selain tak tahu bagaimana cara menggunakan, juga takut salah jalur. Hmmm jika anda juga termasuk yang berpikiran demikian, anda harus membaca artikel ini. Karena ternyata begitu mudah dan murah bepergian dengan menggunakan MRT.

Pengetahuan umum seputar MRT :

1. Hampir di tiap stasiun MRT selalu ada LIFT yang berguna bagi lansia, pengguna kursi roda, orang dengan banyak bawaan, bayi atau bahkan saat anda malas naik turun tangga, carilah LIFT. Namun tetap dahulukan lansia dan orang yang diutamakan menggunakan Lift.

MRT-lift

2. Eskalator : Bagi anda yang memanfaatkan eskalator, berdirilah disebelah kiri. Jangan bersebelahan / gandengan dengan posisi kanan kiri. Karena bagian kanan adalah bagi mereka terburu buru sehingga meski memakai eskalator masih juga berjalan.

MRT-eskalator

3. Jalur menunggu. Sebelum masuk kereta, pada tiap jalur pintu masuk ada garis. Garis ini memberi arti ‘Dahulukan yang keluar’. Maka buat anda yang hendak masuk, antrilah dipinggir jangan melewati garis (bukan tepat di depan pintu).

MRT-nunggu

4. Ada lampu di atas tiap pintu masuk kereta. Jika lampu sudah mulai berkedip sebaiknya jangan nyelonong masuk. Karena itu artinya pintu akan tertutup otomatis (resikonya adalah anda bisa terjepit sampai distasiun berikutnya). Toh tak perlu buru buru, karena MRT di Singapore jaraknya satu dengan yang lain berdekatan, pada jam sibuk paling hanya menunggu 2-5 menit untuk kereta berikutnya.

5. Peta MRT : dapatkan peta MRT gratis di tempat informasi MRT (ada disemua stasiun). Peta ini sangat berguna karena akan memudahkan kita untuk tidak salah jalur saat hendak naik kereta. Misal kereta yang akan kita naiki berada di jalur ungu, maka ikuti terus tanda yang mengarahkan kita pada jalur ungu. Peta ini juga membuat kita tahu kapan kita harus turun di stasiun tujuan kita.

Cara membaca Peta MRT

1. Cari nama tempat dari mana anda akan naik. Misal anda dari Toa Payoh. Cari tulisan Toa Payoh (berada di garis berwarna merah)

2. Cari nama tempat tujuan anda. Misal anda ingin berhenti di China Town (berada di jalur ungu).

MRT-peta MRT-peta-singapore MRT-peta-spore

Berarti anda turun di Dhoby Ghaut, kemudian di stasiun Dhoby Ghaut tersebut carilah penunjuk arah yang akan membawa anda ke jalur kereta berwarna ungu. Sampai di jalur kereta berwarna ungu, naiklah kereta dengan arah ke Harbour Front (stasiun terakhir pada jalur ungu, dimana sebelum sampai stasiun terakhir, kereta akan berhenti dibeberapa stasiun salah satunya china town)

Oya, yang dimaksud jalur ungu bukan keretanya berwarna ungu, tapi memang disebutnya jalur ungu.

Nah dari Dhoby Ghaut tersebut ke china town hanya 2 stasiun. Sampai deh. Gimana? Mudahkan?

Cara naik MRT.

Untuk dapat menggunakan fasilitas MRT, anda harus membeli kartu. Kartu tersebut bisa diisi ulang dengan minimal 10 dollar. Jika anda di Singapore lebih dari 2 hari, tak ada salahnya membeli tiket ini karena akan sangat berguna. Selain bisa untuk naik MRT juga bisa untuk naik bus.

tata-cara-naik-MRT

MRT-kursi-prioritas

1. Beli tiket
2. Letakkan tiket pada tempatnya supaya pembatas pintu terbuka
3. Pilih Jalur yang anda tuju
4. Antri pada tempatnya
5. Jangan duduk di kursi prioritas kecuali anda orang yang di prioritaskan (Ibu hamil, lansia, ibu dan anak, orang dengan kesehatan kurang baik)
6. Turun di stasiun tujuan
7. Jangan lupa meletakkan tiket pada tempatnya ketika anda keluar. Jika lupa anda akan di cash dengan harga tertinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat. Kirimkan kritik dan saran selalu untuk kami yah.

————————————————————–

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com